Memulai 30 Days Writing Challenge: Alasan dan Manfaatnya!

Penasaran dengan #30DaysWritingChallenge dan pengen coba mulai? Yuk, kita mulai bareng-bareng sekalian cari tahu manfaatnya di artikel ini!
Share this post!

Penasaran dengan #30DaysWritingChallenge dan pengen coba mulai? Yuk, kita mulai bareng-bareng sekalian cari tahu alasan saya memulai dan beberapa manfaatnya di artikel ini!

Apa itu 30 Days Writing Challenge?

Secara singkat, 30 Days Writing Challenge ini merupakan kumpulan tantangan yang ditujukan kepada para penulis untuk menulis selama 30 hari berturut-turut tanpa jeda.

Topik penulisannya bisa disesuaikan dengan kemauan penulis ataupun mengikuti dari template-template yang sudah disajikan.

Ada banyak template challenge yang tersebar di Google, Lho. Dari banyaknya template yang tersedia, kamu bisa sesuaikan dengan topik atau niche artikel yang kamu suka.

Kalaupun mau jiplak sesuai template juga gak akan masalah kok. Topik yang disediakan biasanya bersifat umum dan personal sehingga mudah diikuti bagi para penulis pemula.

Alasan Memulai 30 Days Writing Challenge

Beberapa minggu yang lalu, tepatnya pada tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Tepat pada hari itu, saya sebagai penulis (amatiran), mencoba mengevaluasi progress dan kilas balik perjalanan saya selama menulis di blog ini.

Rasanya stuck, gak tau arah, dan gak mulai kehilangan tujuan. Salah satu penyebabnya adalah saya mulai jarang menulis pada satu tahun terakhir masa kuliah. Ada skripsi, tugas, dan berbagai presentasi yang harus dikerjakan membuat fokus menulis saya teralihkan.

Mungkin sudah terlambat jika saya mengatakan ingin memperingati hari blogger nasional yang sudah lalu. Namun, sepertinya akan lebih baik daripada tidak merayakannya sama sekali. Peringatan hari blogger nasional ini sekaligus menjadi reminder saya untuk kembali mencari arah dalam mempertahankan serta mengembangkan website ini.

Baca Juga  Sekilas Membahas Chronotype: Morning Person atau Night Owl?

Sesuai dari apa yang tertulis di judul artikel ini, saya ingin menantang diri untuk memulai 30 Days Writing Challenge. 😉

Rencananya, saya akan berfokus pada topik yang tersedia terlebih dahulu. Namun, jika tiba-tiba terpikirkan topik random yang menarik untuk ditulis, maka akan saya prioritaskan. Tulisan yang dibuat insyaa Allah akan saya usahan untuk tetap bermanfaat ataupun menghibur bagi para pembaca. Bukan asal menulis demi menyelesaikan tantangan ini.

Gambar Memulai 30 Days Writing Challenge: Alasan dan Manfaatnya!

Manfaat Mengikuti 30 Days Writing Challenge

Bukan hanya sekedar challenge biasa, lho. Challenge ini punya segudang manfaat yang nantinya juga akan bisa temen-temen rasakan jika berhasil menyelesaikannya. Beberapa dari manfaatnya adalah:

Mengasah Kreativitasmu

Kalau teman-teman adalah tipe orang yang menulis sesuai dengan mood, maka kamu tidak sendiri wkwkwk. Sebelum challenge ini dimulai, saya terbiasa menulis jika kondisi mood saya bagus dan ketika saya sudah mendapatkan ide “brilian” yang akan saya tulis di blog.

Sebagai dampaknya, blog saya banyak sarang laba-labanya. Pernah hampir satu bulan lebih gak kesentuh saking belum dapet mood buat nulis. Kacau banget deh pokonya. 😖

Nah, dengan mengikuti tantangan ini, temen-temen (dan juga saya) akan terbiasa untuk mencari ide baru setiap harinya. Pokoknya Mau gamau harus nulis. Se-buntu apapun idenya, harus dipaksakan untuk menulis.

Setelah terbiasa, kita tidak perlu lagi berpikir terlalu keras untuk mendapat ide-ide brilian untuk ditulis.

Meningkatkan Kemampuan Menulismu

Practice Makes Perfect itu benar adanya, sesuai dengan artikel yang pernah saya tulis di blog ini. Dalam tantangan #30DaysWritingChallenge, temen-temen akan menulis setiap hari selama 30 hari. Dengan rutin menulis selama satu bulan, perlahan kualitas artikel yang dihasilkan juga akan semakin baik. Coba nanti bandingkan tulisan Day 1 dan Day 30-mu ya!

Baca Juga  Wajib Dibawa Kemana-mana? Ini dia 3 Barangnya!

Menerapkan Kedisiplinan dan Konsistensi

Challenge ini akan membantumu untuk membangun kedisiplinan dan kebiasaan menulis yang konsisten. Dengan adanya artikel baru yang berkualitas setiap harinya, maka juga akan berdampak baik untuk performa websitemu, lho.

Disiplin dan konsisten adalah sebuah pilihan di challenge ini. Jika kamu berhasil untuk menulis tanpa berhenti satu hari pun, maka temen-temen sudah berhasil untuk konsisten dan disiplin dengan tanggung jawab yang kamu ambil.

Namun, jika kamu memilih untuk berleha-leha dan mengabaikan jadwal, maka manfaat ini tidak akan dirasakan olehmu.

Meningkatkan Kepemahamanmu tentang Diri Sendiri

Umumnya, beberapa dari topik yang ada pada #30DaysWritingChallenge berisikan hal-hal yang bersifat personal. Misalnya mengenai hal-hal yang membuatmu bahagia, tempat yang ingin kamu kunjungi, film favorit, dan lain sebagainya.

Dengan menulis sesuai tema-tema personal ini, maka temen-temen juga akan lebih mengenal lebih jauh seperti apa dan bagaimana kepribadianmu.


Disamping manfaat-manfaat di atas, saya juga punya harapan tersendiri dalam mengikuti challenge ini. Yaitu, selesainya tantangan ini akan saya jadikan sebagai pembuktian pada diri sendiri bahwa saya masih ingin berkembang dan menjelajahi hal baru yang belum pernah saya tulis sebelumnya.

Atau dengan kata lain, mulai mencoba melangkah dari zona nyaman yang saya huni selama bertahun-tahun lamanya.

Mungkin segitu dulu intronya, ya? Yuk, kita mulai challengenya!

Anyway, terimakasih sudah membaca intro #30DaysWritingChallenge ini. Kalau temen-temen blogger lainnya mau ikutan, boleh banget komentar di bawah yaa.

Kita bisa saling blogwalking dalam 30 hari ke depan 🤭. Dan jugaa.. feel free to contact me through DM @adelahasna kalau temen-temen ada pertanyaan atau ajakan kerjasama yaa😊

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *