Blogger Pemula? Practice Makes Perfect Itu Benar Adanya

Pernah kepikiran mau mulai ngeblog tapi bingung karena belum punya skill sama sekali dalam menulis? “Practice Makes Perfect” benar adanya lho!
Share this post!

Pernah mendengar kalimat “Practice Makes Perfect”? Lalu apa kira-kira hubungannya dengan blogger pemula?

Pernah gak temen-temen kepikiran untuk mau mulai ngeblog tapi bingung karena belum punya skill sama sekali dalam menulis?

Rasa yang sama pernah juga saya alami saat menduduki bangku sekolah, tepatnya pada saat duduk di bangku SMP.

Saat itu, aplikasi Tumblr sedang ada di dalam masa jaya-nya. Banyak banget artikel, quotes, bahkan puisi yang dibuat oleh penulis-penulis populer. Dan disaat itu pula, hati saya mulai tergerak untuk “mau tau lebih dalam” tentang menulis.

Di artikel ini saya membahas mengenai bagaimana kalimat “Practice Makes Perfect” bisa menjadi motivasi dan batu loncatan yang bagus agar kamu bisa nyemplung lebih dalam di dunia blogger.

Penasaran dan ingin tahu lebih lanjut? simak artikelnya sampai selesai ya😁

Blogger Pemula: Practice Makes Perfect Itu Benar Adanya

Practice Makes Perfect untuk Blogger Pemula

Wajar Punya Tulisan Alay

Sebelum punya domain ini, saya sering menulis di blog lama saya. Kalau temen-temen mampir kesana, sudah bisa dipastikan akan melihat tulisan saya yang super duper berantakan dan “alay”.

Jika dibandingkan dengan artikel-artikel di blog ini, anggepannya kayak bumi dan langit deh, jauhhhh bangeet. Meskipun artikel-artikel disini juga gak bisa dibilang sempurna lho ya😉

Lalu, apakah saya malu punya artikel-artikel itu?

Tentunya tidak, karena blog itulah yang membuat saya bisa menulis seperti sekarang ini.

Tapi, temen-temen tahu nggak? ternyata dari puluhan tulisan alay itu, ada 1 artikel yang bisa membuat blog saya mendapatkan peningkatan traffic yang berkali-kali lipat sampai ribuan views.

Ya.. meskipun saya juga kurang tau apakah pengunjung nyaman membacanya atau tidak🤣

Intinya, menulis dengan artikel yang menurut diri sendiri alay adalah starting point yang bagus untuk menjadi seorang blogger. Yang penting mulai aja dulu, dan sesuai judul artikel ini “Practice Makes Perfect itu Benar Adanya”.

Baca Juga  Tips Menjaga Kebersihan Dapur

Wajar Gaptek dengan Tools di Blog

Seorang blogger pemula gak melulu harus tau tools (alat) yang ada di platform tulisannya. Misalnya Tools di WordPress atau Blogger.

Memang sih, manfaat tools-tools ini powerful banget untuk artikel yang dibuat. Tapi, bukan berarti temen-temen harus paham dan mahir di semua tools ini. Misalnya, di WordPress ada banyak plugin yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan traffic di website mu.

Lalu, apakah kamu harus mahir dalam plugin-plugin ini sebelum ngeblog?

Jawabannya tidak sama sekali. Dari kurang lebih dua tahunan saya menyelam di dunia blog WordPress, saya baru mulai paham fungsi dari plugin WordPress di setengah tahun terakhir ini.

Jadi intinya, buat temen-temen yang mau jadi blogger, fokus dulu saja pada konten di dalam blogmu. Mempelajari tools pendukung-nya bisa belakangan, sembari kamu terus mengembangkan websitemu.

Lagi-lagi, “Practice Makes Perfect itu Benar Adanya”🤭

Wajar Tulisan Pertama Gak Ada yang Baca

Ini hal yang wajar banget di dunia blog lho temen-temen. Semua bloggers ternama baik lokal maupun internasional, mereka pasti memulai karirnya dari nol juga.

Sejauh yang saya tau, Google ataupun search engine lainnya perlu waktu untuk mengindex (mengidentifikasi) artikel di blogmu.

Untuk mempercepat proses ini, saya punya sedikit tips yang bisa temen-temen lakukan. Yaitu dengan melakukan request peng-index-an di Google Search Console.

Dengan memasukkan link artikel-mu di kolom search dan klik request pengindexan, nantinya cepat atau lambat Google akan mengidentifikasi artikel mu dan memasukkannya ke kueri Google.

Degan begitu, ada peluang lebih besar untuk temen-temen mendapatkan pengunjung yang lebih banyak di websitemu.

Tapi, perlu diinget lagi kalau semua hal ini adalah proses yang temen-temen harus jalani dan nikmati.

Baca Juga  5 Cara Meningkatkan Gaya Menulis (Blogger Wajib Tau)

Saya yakin temen-temen juga percaya kalau tidak ada yang instan untuk menjadi mahir di suatu bidang. Trust the process ya! Lagi-lagi perlu kita ingat bahwa “Practice Makes Perfect itu Benar Adanya”🤭


Itu dia beberapa hal yang perlu temen-temen maklumi saat memulai perjalanan menjadi blogger. Apapun bidangnya, percayalah Practice Makes Perfect itu nyata, lho.

Untuk kamu para blogger pemula, semangat ya berkarya nya! kita bareng-bareng terus belajar untuk bisa buat tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.🥳

Anyway, terima kasih sudah baca sampai akhir. Kalau mau diskusi ringan tentang topik ini, bisa banget DM ke ig @adelahasna atau komentar di artikel ini yaa.

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *