3 Jenis Plugin WordPress yang Wajib ada di Blog-Mu!

Kamu pengguna baru blog wordpress dan masih bingung tentang plugin wordpress? Simak 3 plugin yang wajib ada di blog wordpress-mu, yuk!
Share this post!

Kamu pengguna baru blog WordPress dan masih bingung mengenai plugin WordPress yang dibutuhkan untuk blog mu? Simak artikel berikut untuk tahu 5 plugin penting untuk WordPress, yuk!

Plugin WordPress

Secara singkat, plugin merupakan ekstensi yang tersedia di WordPress yang fungsinya untuk meningkatkan kemampuan dan fitur yang ada di website kita. Plugin WordPress memudahkan para penggunanya untuk menambahkan fitur tertentu tanpa harus paham mengenai pemograman. Jadi, temen-temen tidak harus paham coding atau bahasa pemrograman untuk menjadi seorang blogger yaa xixixi.

Oia, sedikit yang saya tahu, Blogger (Blogger.com) tidak memiliki fitur sejenis ini, hanya saja Blogger memiliki Widget yang bisa temen-temen pakai untuk melakukan kustomisasi di website. Cmiiw yaa😊

Plugin WordPress itu sendiri fungsinya bermacam-macam, ada yang dirancang untuk mengoptimalkan SEO, meningkatkan kecepatan situs, membuat toko online, menyediakan formulir, dan lain sebagainya.

Untuk mengefektifan penggunaan plugin di WordPress, saya mau ngasih 3 rekomendasi jenis plugin yang bisa kamu install di blog WordPress-mu, simak sampai selesai ya😁

Sedikit reminder, temen-temen perlu memilih plugin yang terpercaya, aktif diperbarui, dan memiliki review positif untuk memastikan keamanan dan kinerja yang optimal pada situs WordPress kamu yaa. Biasakan riset di Youtube atau artikel lainnya untuk memastikan bahwa temen-temen akan menginstall plugin yang benar😉

3 Jenis Plugin WordPress yang Wajib Kamu Install

plugin wordpress yang wajib diinstall

Plugin SEO (Search Engine Optimization)

Plugin SEO membantu meningkatkan visibilitas blog temen-temen di mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan lainnya serta membantu meningkatkan peringkat pencarian. Plugin ini sangat membantu temen-temen yang masih awam tentang dunia per-SEO-an blog karena akan ada banyak arahan mengenai cara penulisan setiap artikel yang akan di post. Ada banyak fitur juga yang bisa kita gunakan untuk membantu artikel kita bisa terindeks di Google.

Baca Juga  5 Cara Meningkatkan Gaya Menulis (Blogger Wajib Tau)

Ada banyak jenis plugin SEO yang berkualitas, diantaranya Rank Math, Yoast SEO, All in One SEO Pack, dll. Namun, fitur dari plugin SEO biasanya terbatas karena kebanyakan dari mereka menghadirkan dua versi plugin (ada yang gratisan dan ada yang pro/berbayar).

Saya pribadi menggunakan Rank Math sebagai plugin SEO di blog ini. Saya saranin temen-temen kalau masih pemula, bisa pakai plugin SEO ini dengan versi yang gratis. Tetap worth it kok😍.

Namun, bagi temen-temen yang memang sudah mengerti tentang SEO, sepertinya akan lebih afdhol kalau punya plugin ini dengan versi yang pro atau berbayar. Karena ada banyak fitur yang bisa temen-temen otak-atik untuk lebih mengoptimalkan SEO di situs kita.

Plugin Keamanan (Security Plugin)

Plugin keamanan ini temen-temen perlukan untuk mendeteksi dan melindungi blog WordPress dari serangan dan ancaman keamanan. Misalnya dari pemblokiran IP berbahaya, komentar spam, serangan malware, dan serangan-serangan lainnya.

Sejauh ini, saya pribadi hanya menggunakan plugin Jetpack sebagai plugin yang dapat meningkatkan keamanan dan CleanTalk untuk mengurangi komentar spam di blog.

Di blog ini ada banyak banget spam komentar yang berasal dari luar negeri dan mereka hampir komentar di seluruh artikel di blog ini. Risih kan? Alhamdulillahnya plugin CleanTalk bisa mengatasinya. (curhat dikit maaf ya hehe)


Baca Juga: Quick Escape: Basah-Basahan di River Tubing Bogor, Seru Abis!


Plugin Cache

Plugin ini membantu mempercepat user atau pembaca dalam memuat blog kita dengan menyimpan versi yang di-cache dari halaman web. Untuk lebih paham mengenai apa itu cache, mungkin temen-temen bisa search di Google dulu ya.

Karena penjelasannya cukup rumit dan akan sangat membingungkan kalau dijelasinnya secara singkat disini (ini alasan aja karena sebenernya belum paham-paham banget kok gais hihi😆)

Pada intinya, plugin ini mempercepat durasi saat memuat atau membuka website kita. Di website ini, saya menggunakan plugin WP Rocket untuk mengelola cache yang ada di website. Selain WP Rocket, temen-temen bisa pakai Litespeed Plugin yang versi gratis (sebelumnya saya pakai litespeed juga kok). Penggunaan plugin jenis ini ngebantu banget untuk mempertahankan pembaca berada di website kita, lho.

Baca Juga  3 Teknik SEO On Page, Wajib Dipelajari Blogger Pemula!

Karena kalau website kita loadingnya lama, pengunjung juga gak akan betah berlama-lama di website kita, yakan??😩

Mengukur Kecepatan Website

Mengukur kecepatan website hasil dari plugin wordpress

Oia, kalau temen-temen belum tahu gimana caranya mengukur kecepatan website, temen-temen bisa cek di PageSpeed Insights yaa..

Penggunaan plugin ini sangat memberikan efek yang sangat signifikan ke kecepatan pemuatan website saya. Di awal sebelum saya install plugin ini, hasil PageSpeed Insights saya masih banyak yang berwarna merah, baik dari segi performa dan aksesibilitas. Setelah install plugin ini, Alhamdulillah semua nya jadi hijau lagi dehh hihi.

Nah itu dia jenis-jenis plugin yang perlu kamu punya di blog wordprees-mu. Selain ketiga jenis plugin di atas, sebenarnya masih banyak lagi jenis plugin yang bisa temen-temen install di WordPress tergantung pada kebutuhan spesifik blog-mu. Namun, menurut saya tiga plugin di atas adalah plugin yang wajib banget diinstall saat pertama kali punya blog di WordPress.

Anyway, terimakasih banyak sudah baca sampai akhir. Kalau ada pertanyaan mengenai plugin WordPress, temen-temen bisa bertanya melalui DM di ig @adelahasna yaa atau boleh juga komentar di artikel ini hehe.

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

4 Comments

  1. Halo kak salam kenal sebagai pengguna baru wordpress saya sangat terbantu dengan artikel kakak ini. Saya mulai download plugin2 yang kakak rekomendasikan terimakasih yaa

    • Hai kak Lila! salam kenal juga yaa. Waah terima kasih banyak sudah mampir kesini, kak. Seneng banget bisa ngebantu kakak, semoga lancar terus ngeblognya ya kak

  2. Eh, aku baru tahu ada plugin SEO lain selain Yoast. Maklum yak, aku tim blogspot soalnya anw, sama bgt komentar spam itu nyebelin bgt. Dulu aku nggak pake moderasi, tapi gegara makin bnyk spam jd aku moderasi dulu. Masih blm sempet utak2 html buat auto block komentar spam. WP enk ya bisa pake plugin bnyk pilihan. Hm, apakah aku harus migrasi

    • Hihi bisa dipertimbangkan lho mbak. Di wordpress Alhamdulillah semuanya bisa serba di setting lewat plugin mbak, jadi gak perlu ngedit-ngedit HTML sendiri (yang aku pun shock pas nyoba pake blogspot wkwkwk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *