Mengunjungi Taman Wisata Alam Mangrove di Jakarta

Butuh tempat healing alam di Jakarta? Pernah denger Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk, belum? simak perjalanan saya kesana yuk!
Share this post!

Butuh tempat healing yang hijau-hijau di Jakarta? Pernah denger Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk di Jakarta, belum? Kalau belum, simak perjalanan saya kesana yuk!

Hayo, siapa yang suka sama wisata alam? Pernah kepikiran nggak kalau ternyata kamu bisa healing di wisata alam mangrove yang ada di Jakarta? Tempat ini cocok banget buat temen-temen yang pengen “kabur” sejenak dari kesibukan dan hiruk-pikuk kota, lho.

Lokasi dan Jam Operasional

Dikutip dari website resmi, surga hijau seluas 99,82 hektar ini terletak di kelurahan Kamal Muara yang bersebelahan dengan kawasan elit Pantai Indah Kapuk di Jakarta Utara.

Lokasi taman wisata mangrove ini juga mudah diakses baik melalui tol dalam kota maupun tol JORR atau bisa juga dengan transportasi umum seperti TransJakarta.

Loket tiket masuk untuk taman wisata mangrove ini dibuka mulai dari jam: 07.00-17.30 (untuk weekend atau hari libur) dan 08.00-17.30 (untuk weekday).

Meskipun loket hanya buka sampai 17.30, temen-temen masih bisa masuk kok sampai 18.00 dan tidak akan dikenakan biaya tiket alias gratiiss.

Harga Tiket Masuk dan Wisata Air

Harga tiket masuk untuk Taman wisata alam mangrove ini bermacam-macam. Supaya gak bingung, saya kasih list harga tiket masuk dan harga wisata air di gambar ini ya:

Pengalaman Seru di Taman Wisata Alam Mangrove Jakarta

Beberapa hari yang lalu, saya berkesempatan untuk mengunjungi taman wisata alam Mangrove ini. Mumpung libur, jadi gass tanpa babibu hehehe 🚗 🚗

Perjalanan saya dari Bandung sekitar jam 7 pagi dan sampai di TKP sekitar jam 9an. Menurut saya jam 9an ini waktu yang terlalu siang untuk main kano, sih. Karena matahari udah mulai panas dan terik.

Sesampainya disana, setelah parkir, kita perlu membeli tiket di loket. Setelah itu langsung cus ke bagian entrance dengan menunjukkan tiket yang sudah dibeli tadi.

Baca Juga  Edutrip: Liburan Singkat ala Anak Kelas Internasional Telkom University

Saat masuk, tas temen-temen akan di cek terlebih dahulu karena pengunjung tidak diperbolehkan untuk membawa makanan atau minuman dari luar.

Lokasi pintu masuk dan wisata air tidak begitu jauh, namun temen-temen harus jalan kaki terlebih dahulu sekitar 3 menit untuk sampai di spot wisata air. Wisata air yang tersedia disini ada kano, speedboat, dan sampan. Kano nya ada dua macam, single seat dan double seat.

Boat Tour Mengitari Taman Wisata Alam Mangrove

Sejujurnya, tujuan saya kesini pengen banget nyoba naik kano dan muterin taman mangrovenya. Tapi sayangnya di hari itu matahari kerasa puanasss dan teriik banget. Ntah memang Jakarta segitu panasnya atau terhitung lebay karna saya orang Bandung wkwkwk😭

Saya saranin temen-temen kalau mau naik kano mending sekalian pagi banget atau sore aja. Supaya bisa lebih menikmati suasana saat main kano-nya. Biar kulit gak belang juga xixixi🤭

Pada akhirnya, saya dan keluarga memutuskan untuk naik speedboat aja. Karena kami berempat, alhasil harga speedboat nya Rp60.000/orang dengan durasi 30 menit.

Menurut saya, perjalanan menggunakan speedboat ini worth it karena temen-temen gak perlu panas-panasan dan cape mendayung untuk mengelilingi taman mangrove yang luas ini. Boat tour ini menjangkau semua sisi taman mangrove, lho.

Selain itu, karena lokasinya yang berdekatan dengan bandara International Soekarno Hatta, temen-temen juga bisa menemukan banyak pesawat yang lalu-lalang di langit selama perjalanan di speedboat.

Bagi avgeek atau pecinta dunia aviasi, taman wisata alam mangrove ini juga bisa jadi tempat spotting pesawat lho, seru bangeet!! cobain deh wkwkwk.

Selama perjalanan di speedboat, temen-temen bisa menikmati udara yang segar, pepohonan mangrove yang rimbun, dan hamparan air yang tenang. Yang pastinya akan bikin hati tenang dan tentram😍. Selain itu, temen-temen juga bisa melihat berbagai jenis burung yang tinggal di sini, dari yang warna-warni sampe yang elegan banget.

Tenang aja, kata guidenya, disini gak ada buaya kok🫣. Kalau ular katanya ada sih, tapi jarang banget muncul. Yang paling sering muncul cuman biawak kecil dan berbagai burung aja.

Berjalan Menyusuri Tanaman Mangrove

Selain main di wahana airnya, temen-temen juga bisa untuk sekedar jalan-jalan mengitari taman mangrove-nya, kok.

Baca Juga  5 Tips ke Trans Studio Bandung di Tahun 2022

Temen-temen bisa melalui track bambu yang sudah disediakan disana. Dan melewati berbagai jembatan kayu yang menghubungkan antara pohon mangrove satu dengan lainnya.

Temen-temen gak perlu khawatir, jalanannya aman kok. Namun harus tetap berhati-hati saat melangkah agar tidak jatuh yaa (karena ada beberapa bambu yang sudah rusak).

Disini juga terdapat kandang rusa dan berbagai spot foto yang bagus untuk mengabadikan momen healing-mu di taman mangrove ini, lho.


Baca Juga: Stone Garden Citatah: Tempat Healing Seru dan Ekstrim!


Di kawasan taman wisata ini tersedia cafe dan beberapa jajanan (ayam geprek, bakso, batagor, dll).

Sayangnya, makanan dan minuman disini tergolong overprice. Bayangkan.. es jeruk peras yang biasanya 10-15 ribu, mereka jual dengan harga 25 ribu. Padahal rasanya sama aja😭

Kalau temen-temen mau kesini, jangan lupa bawa alat tempur selfie-mu yaa. Karena sayang banget kalau kesini gak foto-foto. Soalnya susah banget nemuin yang hijau-hijau gini di Jakarta🤭.

Oia, jangan lupa pakai sunscreen dan topi juga yaa. Soalnya gak semua area tertutup dengan pohon, jadi ada bagian yang panasnya juga hehe.

Berbagai tour dan fasilitas lainnya

Selain berjalan-jalan mengitari mangrove, temen-temen juga bisa ikut melakukan pembibitan disini. Namun harus reservasi dulu ke pihak mereka yaa.

Ada beberapa tour yang mereka sajikan, diantaranya tour mangrove peduli, tour mangrove pembibitan, dan fotografi satwa liar. Harganya saya cantumin dibawah ini ya:

Selain tour, mereka juga punya penginapan yang bisa temen-temen cek ketersediaannya di instagram mereka @twa_mangrove yaa

Kesimpulan

Taman Wisata Alam Mangrove ini cocok banget buat temen-temen yang butuh tempat healing tidak jauh dari pusat kota. Suasananya yang adem dan pemandangan yang indah pasti bikin mata kamu seger lagi 🍃.

Untuk menikmati taman mangrove ini, temen-temen bisa berkeliling dengan berjalan kaki ataupun dengan boat tour (tersedia sampan, kano, atau speedboat).

Jadi tunggu apalagi? siapkan sunscreen dan kamera-mu, lalu bergegaslah ke taman wisata alam mangrove kapuk ini😁

Anyway, terima kasih banyak sudah baca sampai akhir yaa. Kalau ada pertanyaan lebih lanjut tentang tempat wisata ini, boleh banget tanya di DM instagram @adelahasna atau komentar di bawah yaa.

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: