Stone Garden Citatah: Tempat Healing Seru dan Ekstrim!

Butuh healing di dekat kota Bandung? Sudah pernah ke Stone Garden Citatah di Padalarang, belum? Simak cerita keseruannya di artikel ini ya!
Share this post!

Butuh tempat healing anti mainstream yang tidak jauh dari Kota Bandung? Sudah pernah ke Stone Garden Citatah di Padalarang, belum? Simak cerita keseruannya di artikel ini ya!

Stone Garden Padalarang

Stone Garden merupakan taman batu yang terletak di Gunung Masigit, Kabupaten Bandung Barat. Taman batu ini menawarkan pemandangan alam yang sangat menarik dan memukau dengan banyaknya formasi batu yang berbeda dan unik.

Selain karena pemandangannya, pengalaman mendaki dan memanjat batu demi berfoto disini juga menjadi pengalaman yang tidak kalah seru bagi para pengunjung.

Akses Menuju Stone Garden

Akses menuju lokasi ini terbilang mudah. Tempatnya tidak begitu jauh dari jalan besar (Jl. Raya Cianjur Bandung), hanya sekitar 900 meter dari jalan utama.

Bagi orang Bandung, temen-temen bisa menggunakan tol dan keluar di gerbang Tol Padalarang agar lebih cepat sampai dan menghindari macetnya kota Cimahi. Namun, jalan menuju ke TKP sangat berbatu dan menanjak. Bahkan sebagian jalannya hanya cukup untuk satu mobil saja.

Jadi, kalau temen-temen kesini naik motor, harus ekstra hati-hati ya. Kalau naik mobil, pastikan temen-temen cek agar tidak berpapasan dengan mobil yang berlawanan arah.

Oia, supaya tidak terlalu ramai, saya saranin temen-temen datang kesini di pagi hari ya. Karena kata guide-nya, di siang hari bakalan rame banget dan antri kalau mau foto di spot-spot tertentu.

Harga Tiket dan Jam Buka

Harga tiket masuk: Rp14.000/orang (untuk wisatawan lokal) dan Tiket parkir mobil: Rp7.000.

Wisata Stone Garden ini buka dari jam 8 pagi hingga 6 sore, ya.

Baca Juga  Rest Area KM 456, Rest Area yang Wajib Dikunjungi!

Fasilitas di Stone Garden

Bagi temen-temen yang belum punya pengalaman mendaki, stone garden ini aman kok. Karena trek yang ditempuh tidak terlalu jauh dari tempat parkir. Di atas, temen-temen juga akan menemukan tangga dengan pinggiran bambu sebagai pegangan agar tidak jatuh.

Namun, ada satu hal yang perlu temen-temen perhatikan. Yaitu, pemilihan sepatu. Sepengalaman saya, kalau pake sneakers yang sol bawahnya rata, bakalan licin banget dan berpotensi besar untuk kepleset saat mendaki.

Apalagi kalau lagi musim hujan. Karena jenis tanah disana adalah tanah lempung, jadi bakal bahaya banget kalau sepatunya gak mendukung.

Disini, mereka punya lahan parkir yang luas, yang bisa menampung puluhan mobil dan motor. Mereka juga punya toilet dan beberapa warung. Warung disini menjual berbagai makanan dan minuman, bahkan indomie dan es kelapa pun ada.

Jadi gak perlu khawatir kalau perut mendadak lapar setelah mendaki hehehe.


Baca Juga: Google Local Guide, Cocok untuk Si Hobi Foto atau Traveling!


Keseruan di Stone Garden

Menurut saya, Stone Garden cocok banget sebagai tempat short escape atau healing temen-temen dari kesibukan kantor, kuliah, atau banyaknya tugas di sekolah. Letaknya yang tidak jauh dari Kota Bandung, menjadikan tempat ini spesial karena bisa dikunjungi kapanpun kita mau.

Udara nya yang dingin dan segar bikin tempat ini nyaman untuk terus dikunjungi. Letak bebatuannya yang tidak beraturan juga menambah ke-estetik-an Stone Garden ini.

Temen-temen juga gak perlu khawatir kecapean, karena disana juga banyak saung yang bisa temen-temen pakai untuk istirahat. Namun, harus hati-hati karena masih ada beberapa monyet liar yang suka berkeliaran di area ini.

Terus, kalau gak jago foto gimana?

Baca Juga  Gor Arcamanik, Rekomendasi Gor di Bandung Timur

Tenang aja, disana ada guide yang bisa bantu temen-temen buat ambilin fotonya. Mereka sudah terbiasa motret para pengunjung dari segala angle. Bahkan bisa membantu temen-temen buat nyari gaya foto yang pas.

Beberapa foto yang saya tampilkan disini, kebanyakan adalah hasil foto dari guide di Stone Garden. Meskipun jasa mereka gratis, alangkah lebih baiknya temen-temen bisa menghargai upaya mereka dengan ngasih mereka seikhlasnya yaa.

Para guide juga punya segudang informasi mengenai Stone Garden, lho. Jadi, jangan segan-segan tanya mereka kalau kamu penasaran tentang sejarah disana ya. Mereka juga akan inisiatif memberi tahu spot foto mana yang bisa temen-temen kunjungi.

Sebagai orang yang suka jalan-jalan ke alam, mengunjungi Stone Garden adalah hal yang saya nikmati dari awal pendakian, foto-foto, hingga perjalanan pulang. Meskipun kondisi tanahnya lagi basah karena hujan semalam dan membuat sepatu saya super duper kotor, tapi bikin pengalaman dari kunjungan kesini jadi seru banget.

Kesimpulan

Dengan harga tiket masuk sebesar Rp14.000/orang, temen-temen udah bisa healing dengan pemandangan Kabupaten Bandung yang indah serta udaranya yang segar. Disini, temen-temen bisa menemukan spot foto yang bervariasi dan anti mainstream. Letak batuannya yang tidak beraturan, bikin pengalaman mendaki disini jadi menantang dan juga seru.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera kunjungi Stone Garden Padalarang dan nikmati keindahan alam serta kegiatan petualangan yang tak terlupakan disini!

Anyway, terima kasih sudah membaca sampai akhir, ya. Jangan lupa mampir ke ig @adelahasna juga ya!

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: