Google Local Guide, Cocok untuk Si Hobi Foto atau Traveling!

Sudah pernah mendengar Google Local Guide? atau sudah bergabung jadi Local Guide? Simak artikel ini yuk untuk tahu lebih lengkap mengenai programnya!
Share this post!

Sudah pernah mendengar Google Local Guide? atau sudah bergabung jadi Local Guide? Kalau belum, simak artikel ini yuk untuk tahu lebih lengkap mengenai program Google Local Guide dan cerita keseruannya menjadi Local Guide!

Google Local Guide

Secara singkat, Google Local Guide adalah program kerjasama yang disediakan oleh Google yang memungkinkan kita sebagai penggunanya untuk berkontribusi di Google Maps. Sebagai Local Guide, kontribusi yang bisa kita lakukan adalah dengan memberikan review (ulasan), foto, dan informasi lainnya mengenai tempat-tempat di sekitar kita.

Semua informasi yang kita tambahkan di Google Maps nantinya dapat membantu orang lain dalam menemukan tempat yang mereka cari atau ingin kunjungi.

Hobi Fotografi dan Travelling?

Program Google Local Guide ini cocok banget buat temen-temen yang hobi fotografi ataupun traveling. Dengan hobi fotografimu, temen-temen bisa menambahkan berbagai informasi dan foto destinasi ataupun makanan di resto yang pernah dikunjungi.

Foto-foto yang ditambahkan tidak harus menggunakan kamera ataupun hp dengan fitur yang sangat canggih kok. Tapi, dengan foto yang bagus dan enak dilihat, temen-temen punya peluang besar agar foto-foto nya dapat lebih banyak dilihat oleh pengguna lain. Bahkan bisa dijadikan “thumbnail” dari suatu destinasi.

Sejauh ini, dari 119 foto yang sudah saya unggah, hanya 1 foto yang berhasil jadi thumbnail dari suatu destinasi dan cukup bertahan lama dalam beberapa bulan wkwkw. Tapi itu saya anggep sebagai jackpot, sih. Kita gak pernah tau foto seperti apa yang dipilih oleh Algoritma Google dan layak jadi thumbnail suatu destinasi.

Bagi traveler, temen-temen bisa dengan mudah menambahkan foto dan ulasan akan suatu tempat wisata yang pernah dikunjungi. Ulasan yang diberikan juga bisa mengandung tips, do&don’ts, atau rekomendasi hal-hal yang harus dicoba di destinasi wisata tertentu agar dapat lebih bermanfaat untuk orang lain.

Baca Juga  Ngebaso di Warung Lela, Enak dan Adem!

Keseruan menjadi Local Guide

Bagi orang-orang yang ingin bermanfaat untuk orang lain, menjadi Local Guide dan ikut berkontribusi adalah hal yang menyenangkan. Saya pribadi baru bergabung menjadi Local Guide di pertengahan tahun 2023 ini dan masih berlanjut sampai sekarang.

Kalau ditanya seru? saya bakal jawab seru banget!. Letak keseruannya dimana? ya.. dari lihat berapa banyak orang yang lihat foto kita, berapa banyak orang yang mengapresiasi ulasan-ulasan kita, lihat statistik kontribusi yang semakin hari semakin tinggi, dan lihat berapa banyak followers yang kita punya.

Google Local Guide ini konsepnya mirip Game. Para Local Guide ini punya level masing-masing, dari Level 0 sampai Level 10. Untuk menaikkan level, temen-temen perlu mengumpulkan poin dengan memberikan kontribusi di Google Maps. Ketentuan level dan pemberian poin oleh Google bisa temen-temen buka di website Google Local Guide yaa..

Jadi, kalau bisa dibilang dunia Local Guide itu kompetitif, ya… bener banget! wkwkwkwk

Oia, temen-temen juga bisa banget “unggul” di kategori tertentu aja. Misalnya, temen-temen spesialis review restoran mie atau spesialis reviewer di suatu kota. Dengan spesialis tertentu, otomatis nantinya akan berpengaruh ke profil Google Local Guide kalian. Di bawah profilnya akan muncul kategori apa yang sering temen-temen review atau kunjungi.

Saya pribadi masih newbie sih, sampai saat ini masih di Level 6 dan masih terus kontribusi. Selain karena saya sering fotoin makanan dan jalan-jalan, gabung menjadi Local Guide juga bisa ngilangin bosen hehehe. Oia, bagi temen-temen yang mau mutualan, boleh banget kok!

Ini link profile Google Local Guide saya: https://maps.app.goo.gl/dhJpPS2D6GSrmg4G6

Kalau sudah follow, jangan lupa komentar di blog ini ya, biar bisa langsung saya follback😉

Baca Juga  Review Sate Klathak Pak Abu : Sate Klathak Enak di Bandung

Manfaat Gabung Google Local Guide

Sebagai Local Guide, temen-temen punya peluang untuk mendapat penghargaan atau reward dari Google atas kontribusi yang diberikan. Berdasarkan website Local Guide, terdapat beberapa reward yang diberikan oleh Google kepada para Local Guide. Beberapa diantaranya adalah akses ke fitur eksklusif di Google Maps, badge dan sertifikat, akses ke acara atau kegiatan yang diadakan oleh Google, dan kesempatan menjadi beta tester untuk fitur-fitur baru di Google Maps.

Reward yang diberikan oleh Google ini situasional ya temen-temen, bukan secara berkala (misalnya tiap bulan atau tiap tahun) gitu dan hanya local guide terpilih yang bisa mendapatkan reward-reward tertentu.

Saran saya sih temen-temen tidak perlu fokus sama rewardnya. Kita seru-seruan aja, anggep aja reward itu bonus yang kita gak tau kapan dikasihnya. Kalau dikasih ya Alhamdulillah, kalau nggak ya its okay hehehe.

Baca Juga: Rest Area KM 456, Rest Area yang Wajib Dikunjungi!

Cara Gabung Local Guide

Untuk temen-temen yang mau gabung jadi Local Guide bisa langsung install aplikasi Google Maps di smartphone, buka menu “Kontribusi”, dan pilih “Jadi Local Guide”. Setelah itu, temen-temen terdaftar menjadi Local Guide dan bisa mulai melakukan kontribusinya yaa.

Nah, itu dia detail mengenai Google local Guide dan keseruannya menjadi Local Guide. Gimana? tertarik join jadi Local Guide? Yuk, tunggu apalagi!

Anyway, terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, feel free untuk tanya-tanya di komentar yaa. Jangan lupa mutualannya, hehe. See you on my next post, Bubye!

Share this post!

2 Comments

    • Halo kak! Salam kenal juga yaa. Setuju banget kak, sebenernya bisa jadi penyimpan memori juga sih, jadi kita inget pernah kemana aja hihi..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *