Rest Area KM 456, Rest Area yang Wajib Dikunjungi!

Sudah pernah mengunjungi Rest Area KM 456 yang ada di Tol Trans Jawa? Kalau belum, baca artikel ini untuk tahu alasan kenapa temen-temen harus ke rest area ini, yuk!
Share this post!

Sudah pernah mengunjungi Rest Area KM 456 yang ada di Tol Trans Jawa? Kalau belum, baca artikel ini untuk tahu alasan kenapa temen-temen harus ke rest area ini, yuk! Ada berbagai fasilitas yang mereka punya, lho!

Rest area atau tempat peristirahatan merupakan aspek penting yang tidak boleh disepelekan selama kita berkendara di jalan tol. Selain untuk memenuhi keperluan mobil, seperti bengkel darurat, pom bensin, dan lain sebagainya, rest area juga diperlukan sebagai tempat peristirahatan saat kita lelah, lapar, atau sekedar refreshing dari kepenatan jalan tol.

Rest Area KM 456

Di tol trans jawa, terdapat banyak rest area yang kini sudah tersedia, namun ada satu yang cukup menyita perhatian saya saat pulang mudik beberapa hari lalu. Rest area KM 456 atau Resta Pendopo KM 456 adalah salah satu rest area yang sudah cukup terkenal akan keunikannya yaitu tersedianya “sky bridge” yang menghubungkan Resta Site A (tol trans jawa arah ke timur) dan Resta Site B (tol trans jawab arah ke barat).

Rest area ini berlokasi di ruas jalan Tol Trans Jawa arah Semarang – Solo. Selain dikenal karena membentang di dua sisi tol, rest area ini juga terkenal akan kelengkapan fasilitas dan kemewahan desain rest area-nya.

Di rest area ini, terdapat banyak fasilitas dan keunggulan yang saya temui, yang mungkin temen-temen perlu tahu keberadaannya. Saya coba review satu-satu di bawah ini yaa:

Fasilitas di Rest Area KM 456

Masjid Resta Pendopo

Di lantai paling atas rest area ini terdapat mesjid resta pendopo yang ukurannya cukup luas untuk sejenis rest area. Terdapat banyak keran untuk wudhu dan area solat yang bersih. Di setiap sisi masjid ada ventilasi yang bikin adem, jadi temen-temen gak perlu khawatir kegerahan disini.

Baca Juga  Mengunjungi Taman Wisata Alam Mangrove di Jakarta

Untuk masjid di Resta A punya kapasitas masjid hingga 100 jamaah dan Resta B punya kapasitas masjid hingga 300 jamaah. Meskipun bisa dijadikan sebagai tempat istirahat atau tidur-tiduran, jangan sampai mengganggu orang-orang yang mau solat ya gais😉

Toilet

Saat sampai di Rest Area KM 456, saya cukup kagum karena toilet disini wangi dan bersih buangeeett. Toiletnya juga banyak dan tersebar di berbagai sudut rest area (Total ada 8 toilet di setiap Resta). Cermin dan wastafelnya banyak, lantainya bersih, kering, dan gak ada bau pesing sama sekali. Air nya bersih, flush wc nya juga berfungsi dengan baik.

Setiap saya masuk toilet, saya selalu ketemu sama mbak-mbak yang bersihinnya, gercep banget deh kalau ada kotor sedikitpun, padahal pas mudik kemaren kondisi toiletnya selalu penuh. Pokoknya nyaman banget deh toilet disini, senyaman pundak doi *ehh..

Tenant Rest Area KM 456

Tenant yang tersedia di Rest Area ini buaanyak dan lengkap banget. Mulai dari resto-resto populer, berbagai coffeshop, keperluan fashion, pusat oleh-oleh, minimarket, dan masih banyak lagi. Di lantai atas juga ada foodcourt yang diisi dari berbagai UMKM yang menunya gak kalah enak sama resto-resto besar, lho. Beberapa tenant f&b yang ada disana, antara lain:

  • Starbucks
  • Tong Tji Tea House
  • Solaria
  • Istana Mie & Es
  • Kopi Kenangan
  • Golden Lamian
  • Indominang
  • Bakpia Kukus Tugu Jogja
  • Thee Kultur
  • Indomaret
  • Janji Jiwa
  • Pringsewu

Selain list tenant yang saya cantumkan di atas, masih banyak tenant lainnya kok. Untuk list tenant secara lengkap, temen-temen bisa cek instagramnya @restapendopokm456 yaa hehehe.

Baca Juga: Ngebaso di Warung Lela, Enak dan Adem!

Cek Kesehatan Gratis

Di lantai paling atas, ke arah masjid, saya sempat melihat ketersediaan klinik kesehatan di rest area ini. Kalau tidak salah lihat, mereka punya meja khusus untuk pengecekan kesehatan gratis untuk para pengunjungnya. Kemarin sih saya lihat ada pengunjung yang sedang cek tensi serta ada beberapa tumpukan obat dan vitamin di mejanya.

*notes: maaf ya temen-temen, untuk fasilitas ini saya kurang tahu secara pasti ada layanan apa aja yang mereka sediakan di kliniknya. Tapi kalau temen-temen perlu pengecekan kesehatan, jangan ragu untuk langsung cus ke klinik mereka dan cek kesehatan disana yaa!

Ramah Difabel

Di rest area ini, temen-temen difabel gak perlu khawatir karena mereka punya lift dan ramp di setiap lantai agar temen-temen pengguna kursi roda bisa dengan mudah akses setiap lantai di Rest Area.

Baca Juga  Pengalaman Trekking di Sentul

SPBU di Rest Area KM 456

SPBU atau pom bensin adalah salah satu fasilitas yang paling krusial dan sangat dibutuhkan di rest area. Namun sayangnya, di rest area ini tidak tersedia pom bensin besar, seperti Pertamina, shell, dan lainnya.

Mereka hanya memiliki pertashop atau booth bensin yang disediakan oleh Pertamina dan hanya menjual jenis bensin tertentu saja.

Parkiran Luas

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari highlight instagram mereka, rest area ini memiliki parkir mobil dengan jumlah 77 lot di Resta A dan 130 lot di Resta B dan total 40 lot parkir untuk bus dan truk.

Meskipun parkirannya terbilang banyak, tapi kalau lagi momen-momen liburan ya temen-temen tetep perlu sabar ya nyari parkir disini karena pasti penuh buangeet hehehe.

Nah, itu dia beberapa fasilitas dan keunggulan yang ada di rest area KM 456. Apakah temen-temen udah pernah mengunjungi rest area ini? Coba dong boleh sharing gimana pengalamannya selama mampir di rest area ini di kolom komentar yaa..

Anyway, terimakasih sudah baca sampai akhir ya, semoga artikel ini bisa membantu temen-temen yang lagi sedang dalam perjalanan dan butuh rekomendasi rest area di tol trans jawa.

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *