6 Tips Trekking untuk Pemula, Berani Coba?

Berminat mencoba trekking untuk pertama kalinya? simak 6 tips trekking untuk pemula ini agar kamu bisa mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan!
Share this post!

Halo, temen-temen pecinta alam! Sudah pernah mendengar tentang trekking? Bagi kamu yang baru ingin mencoba aktivitas seru ini, jangan khawatir!

Saya punya beberapa tips trekking untuk pemula, terutama untuk kamu yang pengen healing dengan trekking di libur panjang ini.

Setelah saya menceritakan pengalaman trekking di Sentul, sepertinya gak afdol kalau saya gak ngasih beberapa tips trekking untuk pemula atau temen-temen yang mampir kesini.

Tunggu apalagi? disimak sampai akhir ya!

Apa itu Trekking?

Trekking adalah sebuah kegiatan petualangan di alam bebas yang melibatkan perjalanan jarak jauh dengan berjalan kaki melintasi medan yang beragam. Trekking biasanya dilakukan di daerah pegunungan, hutan, atau jalur alam lainnya yang menawarkan pemandangan yang indah dan tantangan yang menarik.

Saat melakukan trekking, temen-temen akan berhadapan dengan rute yang berbeda-beda, seperti tanjakan curam, turunan terjal, ataupun sungai. Selain menikmati keindahan alam, trekking juga dapat memberikan pengalaman yang mendalam, memacu adrenalin, serta menguji ketahanan fisik dan mentalmu.

Maka dari itu, penting banget untuk temen-temen tahu mengenai beberapa hal yang harus disiapkan saat memulai trekking pertama kalinya.

Ini dia beberapa tips trekking untuk pemula, disimak yuk!

Tips Trekking untuk Pemula

Siapkan Fisikmu

Tips Trekking untuk Pemula : Siapkan fisikmu

Sebelum memulai petualangan trekkingmu, pastikan temen-temen dalam kondisi fisik yang baik (tidak dalam kondisi cedera atau gak fit ya).

Trekking ini bisa menjadi aktivitas yang sangat menantang bagi para pemula, jadi penting untuk menjaga stamina dan kebugaran tubuhmu.

Temen-temen bisa mulai dengan latihan kebugaran ringan seperti jogging atau bersepeda di beberapa hari sebelumnya untuk mempersiapkan tubuhmu menghadapi tantangan di medan yang beragam.

Baca Juga  Edutrip: Liburan Singkat ala Anak Kelas Internasional Telkom University

Atau dengan sesimpel istirahat yang cukup pada saat H-1 Trekking dan menyantap sarapan sebelum melakukan trekking. Biar ada energinya🤭

Jangan lupa untuk stretching sebelum trekking ya, agar otot-otot mu gak keram di akhir perjalanan.

Pilih Rute dan Guide yang Tepat

Tips Trekking untuk Pemula : Pilih Rute dan Guide

Sebagai pemula, pilihlah jalur trekking yang sesuai dengan tingkat keahlianmu.

Hindari rute yang terlalu sulit atau berbahaya. Mulailah dengan jalur dengan durasi dan jarak yang lebih pendek dan memiliki tingkat kesulitan yang rendah. Dengan demikian, kamu bisa merasakan pengalaman trekking yang seru tanpa terlalu capek ataupun terbebani

Di beberapa area trekking, biasanya mereka menyediakan beberapa pilihan rute, mulai dari rute trekking untuk pemula sampai rute yang advanced. Dari durasi yang hanya beberapa jam, bahkan ada yang sampai seharian juga. Di beberapa tempat ada juga yang menyediakan rute yang family friendly, kok.

Bagi para pemula, terutama yang belum hafal rute trekking yang dituju, alangkah baiknya jika temen-temen menggunakan jasa tour guide. Kan gak lucu niatnya mau healing tapi malah kesasar😭

Untuk mencari informasi terkait ketersediaan tour guide di suatu wisata, temen-temen bisa langsung cek ke Instagram tempat wisatanya ya!


Baca Juga: Pengalaman Trekking di Sentul


Persiapkan Perlengkapan yang Tepat

Tips Trekking untuk Pemula : Siapkan perlengkapan yang tepat

Trekking sangat membutuhkan perlengkapan yang tepat untuk melindungi diri dan menjaga keselamatanmu.

Pastikan temen-temen memakai sepatu hiking yang nyaman dan tahan air, pakaian yang sesuai dengan cuaca, topi atau kacamata hitam untuk melindungi diri dari sinar matahari, serta perlengkapan seperti tas ransel, jas hujan, dll.

Kalau temen-temen punya trekking pole milik pribadi, jangan lupa dibawa ya. Kalau gak punya, temen-temen bisa tanyakan ke guide apakah mereka punya penyewaan trekking pole atau tidak.

Saya sangat menyarankan untuk temen-temen memakai sepatu ya, karena dapat meminimalisir luka-luka baret selama trekking. Selain itu, pilihlah sepatu dengan outsole yang bergerigi atau tidak rata agar tidak licin saat mendaki.

Jangan Lupa Perbekalan Air dan Camilan

Tips Trekking untuk Pemula : Siapkan air dan camilan

Saat trekking, penting untuk tetap terhidrasi. Temen-temen perlu membawa air yang cukup untuk menghindari dehidrasi.

Baca Juga  Jenis Bahan Bakar yang Digunakan Kendaraan Bermotor

Kalau rute dan durasinya tidak terlalu lama, saya saranin untuk gak membawa air mineral lebih dari 600ml agar gak bikin cepet cape dan pegal pundaknya.

Jangan lupa juga membawa camilan yang bikin energi bisa balik lagi, seperti kacang-kacangan, buah-buahan kering, atau coklat bar untuk menjaga energimu selama perjalanan.

Patuhi Etika Lingkungan

Tips Trekking untuk Pemula : Patuhi etika lingkungan

Ketika temen-temen sedang menikmati keindahan alam, jangan lupa untuk menjaga kelestariannya ya!

Selalu bawa pulang sampahmu dan jangan merusak flora atau fauna yang temen-temen temui di sepanjang trekking.

Oia, jangan lupa untuk tetap di jalur yang telah ditentukan untuk menghindari kerusakan pada ekosistem alaminya yaa!

Nikmati Setiap Detik

Tips Trekking untuk Pemula : Nikmati setiap detik

Ini dia yang terpenting! Selama trekking, temen-temen perlu menikmati setiap detik perjalananmu ya! Gak perlu terlalu terburu-buru untuk mencapai tujuan akhir.

Gak perlu terlalu terburu-buru untuk mencapai tujuan akhir.

Ambil waktu untuk menikmati pemandangan, bernafas dalam-dalam, berinteraksi dengan alam sekitarmu, atau sekedar berfoto-foto juga boleh. Trekking adalah tentang menikmati momen dan merasakan kebebasan alam.

Nah, itu dia 6 tips trekking untuk pemula yang bikin kamu gak perlu takut untuk mencoba trekking pertama jalinya. Nikmatin aja setiap langkahnya, seru kok!.

Meskipun sedang healing, temen-temen perlu ingat untuk selalu memprioritaskan keselamatan dan menjaga kelestarian alam ya!

Anyway, terima kasih sudah baca sampai akhir!. Kalau ada pertayaan tentang trekking, temen-temen bisa dm ke ig @adelahasna atau di kolom komentar artikel ini ya!

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *