Pengalaman Trekking di Sentul

Udah pernah dengar wisata trekking di Sentul? Seru lho! bisa healing seksaligus olahraga, foto-foto, dan diakhiri makan nasi liwet disamping curug. Simak pengalamanku trekking di Sentul yuk!
Share this post!

Udah pernah dengar wisata trekking di Sentul? Seru lho! bisa healing seksaligus olahraga, foto-foto, dan diakhiri makan nasi liwet disamping curug. Simak pengalamanku trekking di Sentul yuk!

Jadi, hari Sabtu tgl 25 September 2021 kemaren aku pergi liburan ke sentul untuk nyobain Trekking untuk pertama kalinya. Aku lupa nama daerah trekkingnya, tapi yang jelas kita disuruh kumpul di mepo (meeting point) di depan Jungle Land, Sentul.

Trekking kali ini aku pergi bareng keluarga dan satu tour guide dari Paradise Trekking. Sebenernya perlu atau enggaknya tour guide tergantung kita sih, tapi karena kebetulan kita belum pernah trekking sama sekali jadinya kita memutuskan untuk nyewa tour guide.

Paradise Trekking Sentul

Paradise Trekking ini semacam agen yang nyediain tour guide dan nawarin kita berbagai macam rute yang mau dilewatin pas Trekking. Rute trekking yang disediain disini tuh ada banyak, mulai dari rute khusus anak, untuk pemula, sampai yang udah profesional.

Sebenernya temen-temen nggak harus pilih agen ini sih, karena ada total ekitar 30 agen yang nyediain jasa tour guide juga untuk wisata trekking ini (di ig banyak banget juga).

Pemilihan Rute Trekking

Nah, untuk trekking kali ini aku pilih rute “Medium Track A“, yang lewat sungai, persawahan, hutan pinus, bukit ilalang, kebun sereh wangi, goa garunggang, dan finish di curug leuwi asih. Rute ini sejauh 8 km dan cocok untuk pemula. Harganya tuh Rp169.000/orang* dan kita udah disediain trekking pole, jas hujan, P3K, dan air mineral botol.

*Harga Januari, 2022

Baca Juga  Bacang: Jajanan Tradisional yang Seenak Itu? Wajib Coba!

Kami sekeluarga disuruh untuk harus sudah di mepo sekitar jam 6an pagi, karena kalau lebih siang lagi bakal macet ke arah tempat trekkingnya dan bakalan panas banget pas trekkingnya. Setelah kita ketemuan sama tour guide nya di depan Jungle Land, kita diarahin ke tempat start (dan sekaligus jadi tempat finishnya).

Disini kita pakai mobil pribadi karena di tempat startnya ada parkiran mobil yang luas, jadi gak perlu sewa pickup. Untuk beberapa rute lain, bisa nyewa pickup kok, harganya Rp400.000/hari. Setelah sampai di tempat start, kita langsung stretching, breafing, dibagiin trekking pole, dan mulai jalan deh.

Itinerary Medium Track A Trekking di Sentul
Itinerary Medium Track A
(Paradise Trekking)

Oia, sedikit reminder bagi temen-temen yang mau trekking juga, stretching nya yang bener ya karena 8 km itu jauh dan lama lho, takutnya ototnya keram😭

Pengalaman Trekking di Sentul

Di awal perjalanan, tour guide nya minta izin untuk megang salah satu HP dari kami untuk dokumentasi perjalanan, eh bener aja baru jalan bentar udah ditawarin foto-foto hahaha. Di awal rute, kita lewat persawahan.

Suasananya sueger pol, apalagi ditambah udara yang masih bersih karena kita jalan pagi-pagi. Beberapa rute juga becek, licin, dan berlumpur (ya namanya juga lewat sawah -_-) tapi ya kita harus have fun jadi semua medan harus kita terjang WKWKWK. Meskipun beberapa kali kepleset, tapi ya udah dinikmatin aja.

Nah ini sebagai catatan juga untuk kamu yang mau trekking biar gak sering kepleset, pilih sepatu yang proper ya, misalnya sepatu olahraga atau sendal gunung juga boleh.

Oia, sekalian deh ya aku kasih tau kira-kira apa aja yang harus dibawa dan gimana rutenya ya😁

Perjalanan mulai kerasa capek di jam 9an (setelah 2 jam jalan), udah mulai sering berhenti buat tarik napas dulu hahaha. Rute di tengah perjalanan udah mulai terjal banget, kadang sekali jalan harus kuat ngelewatin 2-3 tanjakan sampai ke titik istirahat lagi. Kalau sedikit-sedikit istirahat ya gak akan nyampe-nyampe hahaha. Tuh udah dikasih spoiler ya tanjakannya gimana🤭

Baca Juga  3 Alasan Susahnya jadi Blogger di Zaman Sekarang

Sekitar jam 12 siang pas banget kita udah sampai di curug leuwi asih. Gak cuma sebagai destinasi terakhir, tapi disini kita juga makan siang. Makanan yang ada disini pilihannya banyak, tapi kita pilih untuk disiapin paket nasi liwet. Beehh, enak banget menunya.


Baca Juga: Quick Escape: Basah-Basahan di River Tubing Bogor, Seru Abis!


Badan udah capek, ditambah ada pemandangan curug jadi nikmat banget makan siang waktu itu hahaha. Paket liwetnya tuh ada ayam goreng, sayur asem, ikan teri goreng, sayur dan lalaban. Enak puooll!. Setelah kenyang makan kita balik lagi ke tempat parkiran awal deh, selesaii!

Meskipun capek banget tapi liburan trekking di sentul ini worth to try banget guys! Olahraga sambil cuci mata pake pemandangan sawah dan hutan emang paling bener hahaha. WFH dan kulon bikin mata makin cepet capek kan depan monitor terus? nahh pas banget kalau liburannya ke sini.

Hehey, mungkin cukup sekian cerita hari ini, semoga masih banyak cerita liburan lainnya yang bisa aku share ke blog ini, buruan cobain trekking jugakk! jamin deh gak akan nyesel hehe.

Anyway, terima kasih sudah baca sampai akhir. Jangan lupa mampir ke ig @adelahasna yaa.

see you on my next post! Bubye!

Share this post!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *