Semester 5 di Kelas Internasional: Seru Banget Uy!

Selama saya kuliah di prodi ICT Business (kelas internasional di Telkom University), sejauh ini, semester 5 adalah semester yang paling menyenangkan. Banyak banget mata kuliah yang seru-seru, dari mulai belajar bikin prototype aplikasi, belajar tentang blockchain, belajar bikin paper berlembar-lembar, dan masih banyak lagi!. Banyak banget hal baru yang dipelajari di semester ini.

Mata kuliah yang saya ambil di semester 5 kelas internasional
Mata kuliah yang saya ambil di semester ini

Di semester 5 ini, saya ambil total 23 sks (7 matkul), dengan 1 mata kuliah atas yaitu matkul digital economy. Meskipun terkesan sibuk, tapi Alhamdulillah kuliahnya berjalan dengan smooth hehe. Di minggu kedua perkuliahan, kita (anak ICT Business) juga ada sertifikasi internasional LSS (Lean Six Sigma) part 1 totalnya ada 5 hari. Di satu minggu itu kita dikasih dispensasi kuliah, tapi tugas tetap lancar dikasih terus boz :’).

Mungkin itu minggu ter-hectic selama kuliah di semester ini sih, sampai gadang 3 hari berturut-turut, baru bisa tidur jam 12-1, pokoknya cape banget deh dan project-annya juga terbilang berat karena agak diluar ranah bisnis yang biasa kita kenal. Sertifikasi ini berlanjut di semester 6, jadi nanti cerita pengalamannya akan saya rekap setelah semua rangkaian sertifikasinya selesai ya.

Oke, lanjut, di semester ini saya memfavoritkan 2 matkul, yaitu design thinking dan supply chain management. Di matkul design thinking, kita dibikin kelompok dan disuruh bikin project yang temanya milih dari salah satu topik SDGs (https://www.sdg2030indonesia.org/). Kelompok saya kemarin pilih topik ke-4 (pendidikan bermutu) dan memutuskan untuk bikin aplikasi “Teach.Me” yang bentukannya mirip ruangguru tapi berfokus untuk pembelajaran mahasiswa. Nah di matkul ini, saya belajar banyak tentang cara prototyping aplikasi pakai figma, brainstorm sama tim, wawancara potential user, dan masih banyak lagi. 

Nih, saya kasih spoiler project yang dikerjain ya, biar teman-teman gak penasaran 🙂

Oia, kalau teman-teman mau liat hasil prototypenya di Figma, bisa mampir ke bit.ly/linkfigmateachme yaa

Matkul kedua favorit saya adalah supply chain management atau manajemen rantai pasok. Sebenernya gak ada alasan mutlak yang bikin saya suka sama matkul ini, tapi mungkin karena saya lebih tertarik dengan matkul ini dibandingkan dengan ranah lain kayak marketing, finance, economic, atau ranah bisnis lainnya.

Di matkul ini kita belajar seberapa penting manajemen dari semua komponen industri dari suatu perusahaan, misalnya tentang hubungan ke supplier, pendistribusian barang, integrasi rantai pasok, dan topik-topik lainnya. Ya.. meskipun di matkul ini ada beberapa drama sih (sstt gak akan spill disini ahh hahaha 🤫). Oia, di akhir kuliah, kita dikasih UAS dalam bentuk paper gitu, udah kayak latihan bikin skripsi deh pokoknya. Tapi bedanya ini dikerjain secara kelompok hehe. Mungkin karena udah banyak tugas yang mirip-mirip, jadi tugas ini berasa gak begitu susah. 

Di paper ini, kelompok saya analisis tentang Walmart dan aktivitas rantai pasoknya. Penilaiannya paper ini pun juga mirip-mirip sama skripsi, kayak plagiarismenya, kesesuaian isi dan format, dan lainnya. Tugas ini menguras tenaga banget karena harus dicicil disela-sela UAS yang lain. Tapi.. Alhamdulillah, semuanya bisa dijalani dan dapat hasil yang maksimal juga. Kemarin kelompok kami juga dinotice sama dosennya karena hasil plagiarisme nya dapet skor terkecil, yaitu 12%. Bangga sama diri sendiri deh intinya di semester ini, banyak banget hal yang harus saya syukuri selama semester 5 ini. 

Daftar isi dari file UAS Supply Chain Management Adela
Nih, ada 38 lembar dengan daftar isi yang buanyaak banget

Iya kurang lebih begitu deh semester ini, sebenernya masih ada 5 matkul lagi yang nggak saya mention disini. Bukan karena gak tertarik, tapi kayaknya bakal panjang banget kalau diceritain semuanya disini HAHAHA XD. Anyway, Telyu baru banget libur nih disaat orang lain baru pada masuk 😈. Jadi, akan ada banyak post an kedepannya, ditunggu ya gais :D. 

Bubye, see you on my next post!

Share your love

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *