4 Langkah Belajar SEO bagi Pemula, Gampang Kok!

Kamu blogger, penulis atau pemilik bisnis dan pengen belajar SEO, tapi bingung mulai darimana? Simak artikel ini untuk tau langkah-langkahnya!
Share this post!

Kamu blogger, penulis, pemilik bisnis, atau mahasiswa yang pengen belajar SEO atau Search Engine Optimization, tapi bingung mulai darimana? Yuk simak artikelnya!

Sebelum membahas mengenai langkah belajar SEO, temen-temen perlu tau apa sih SEO itu?!

Jadi, SEO (Search Engine Optimization) merupakan tools atau strategi yang dilakukan para penulis atau pemilik bisnis dalam mengoptimasi artikel, laman, atau website mereka agar tampil di peringkat teratas mesin pencari, terutama Google.

Sesuai dengan pepatah “ada banyak jalan menuju roma”, hal ini juga berlaku di pembelajaran SEO, lho. Karena sebetulnya ada banyak cara yang bisa temen-temen terapkan untuk mulai mempelajari SEO.

Namun, bagi para pemula (termasuk saya) awalnya memang bingung harus mulai darimana. Kalau search di google satu persatu mengenai SEO, rasanya terlalu banyak dan bingung urutan topik belajarnya. Atau kalau di jenjang sekolah, biasa kita kenal dengan istilah “kurikulum”. Kita bingung belajarnya karena gak punya kurikulumnya.😖

Maka dari itu, solusi yang tepat dari permasalahan di atas adalah membaca artikel ini hinga tuntas🤭. Insyaa Allah akan saya jabarkan bagaimana agar temen-temen bisa mulai belajar SEO dengan langkah yang efektif dan efisien. Markimul! (re: mari kita mulai🤣)

4 Langkah Belajar SEO untuk Pemula

Gabung dengan Komunitas

Bergabung pada komunitas SEO di Indonesia merupakan langkah yang tepat untuk mulai mempelajarinya. Dengan begitu, nantinya temen-temen akan mulai terbiasa dengan topik yang dibicarakan oleh anggota komunitas dari berbagai level penggiat SEO. Mulai dari yang pemula hingga yang puh.. sepuh..🙈

Hingga saat ini, saya pribadi baru bergabung dengan 2 komunitas SEO di Indonesia, yaitu dari Daily SEO dan Komunitas SEO Indonesia. Dan dari dua komunitas itu, ada banyak obrolan “daging” yang saya temukan disana. Bahkan di salah satu komunitas, temen-temen bisa menemukan kumpulan urutan artikel yang ditujukan untuk pemula dalam mempelajari SEO, lho! Lumayan kan dapat kurikulum gratis🤭

Baca Juga  Blogger Pemula? Practice Makes Perfect Itu Benar Adanya

Karena berbasis di Telegram, mereka juga menyediakan berbagai “channel” yang disesuaikan dengan kategori pembahasan SEO. Misalnya “SEO untuk bisnis” atau “SEO untuk kerja” dan lain sebagainya.

Kalau temen-temen mau bergabung juga dengan 2 komunitas ini, link Telegramnya bisa temen-temen jumpai di bio instagram @dailyseo.id dan @ksiofficials yaa!

Belajar Mandiri

Setelah bergabung dengan kedua komunitas di atas, temen-temen bisa mulai mempelajari topik SEO secara mandiri. Seperti yang sudah saya singgung di poin sebelumnya, temen-temen bisa mulai belajar dari list artikel yang ditujukan untuk pemula di salah satu komunitas SEO tersebut.

Temen-temen bisa mulai belajar dari SEO on-page (level mudah), lalu berlanjut ke SEO off-page (level intermediate), dan diakhiri dengan belajar Technical SEO (level yang susah bgtt bagi orang awam). Mungkin memang terkesan terlalu banyak yang harus dipelajari, tapi dibawa enjoy aja yaa!

Pelan-pelan aja belajarnya. Kalau memang belum terlalu paham, temen-temen boleh banget kok nanya bagian mana saya yang belum paham di kolom chat komunitas tersebut. Jangan malu yaa😖

Belajar dengan Ikut Kelas

Sembari belajar secara mandiri, temen-temen juga bisa mulai mengikuti kelas SEO, lho. Namun, pada langkah ini temen-temen harus mulai rela menyisihkan sepeser rupiah untuk mengikuti kelasnya karena (sejauh yang saya tau) gak ada kelas yang gratis.

Kisaran harga kelas atau coursenya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan ribu rupiah, lho. Tips agar gak ngerasa zonk dalam mengikuti kelas, temen-temen bisa tanya dari alumni kelas tersebut dari batch-batch sebelumnya dan tanyakan apa testimoni mereka mengikuti kelas tersebut. Kan lumayan juga, udah bayar mahal-mahal, eh kelasnya gak sesuai ekspektasi kita 🙄

Baca Juga  3 Alasan Susahnya jadi Blogger di Zaman Sekarang

Mulai Praktek

Dari Ilmu yang temen-temen pelajari secara mandiri maupun melalui kelas, kini sudah saatnya temen-temen mulai mempraktekkan ilmu SEOnya. Bisa mulai dari membuat website dengan TLD (berbayar), membuat artikel yang SEO friendly, hingga optimasi teknis lainnya.

Gak perlu harus paham keseluruhan ilmunya terlebih dahulu untuk mulai mempraktekkannya, tapi dari SEO on-page pun temen-temen udah bisa langsung praktekkan kok. Nantinya temen-temen bisa lihat secara langsung apa dampak dari SEO pada artikel biasa versus artikel yang memang dibuat berdasarkan ilmu yang temen-temen pelajari.

Selain belajar di website sendiri, temen-temen juga bisa mengikuti magang (internship) atau bahkan memulai karir freelance di posisi SEO content writer untuk menambah jam terbang dan portofolio.


Nah itu dia, 4 langkah belajar SEO bagi para pemula. Anyway, terima kasih sudah baca sampai akhir. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu temen-temen pemula yang tertarik untuk mempelajari SEO yaa.. Semangat belajarnya!💪🏻🤧

Kalau temen-temen mau tau tips-tips SEO untuk pemula lainnya, bisa banget mampir ke kategori Blogging Tips di website ini yaa dan feel free to contact me through DM @adelahasna kalau temen-temen ada pertanyaan atau ajakan kerjasama😊

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *