5 Alasan Pentingnya Menguasai Canva untuk Blogger

Apakah kamu blogger dan belum menguasai Canva? Simak artikel nya untuk tau 5 alasan mengapa skill ini penting untuk keperluan di blog-mu yuk!
Share this post!

Apakah kamu blogger dan belum menguasai Canva? Simak artikel nya untuk tahu alasan mengapa skill ini penting untuk mendukung keperluan konten di blog-mu!

Canva merupakan sebuah platform desain grafis online yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membuat desain visual yang menarik dan profesional.

Dengan berbagai fitur dan template yang tersedia, Canva memungkinkan temen-temen sebagai pengguna untuk mengedit gambar, menambahkan teks, elemen dekoratif, dan menghasilkan desain kreatif dalam waktu yang terbilang singkat.

Dengan Canva, siapa pun, termasuk para blogger, dapat menguasai keterampilan desain grafis tanpa harus memiliki latar belakang atau keahlian khusus dalam desain. Sehingga memungkinkan temen-temen untuk menghasilkan konten visual yang menarik dan memikat untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik konten-mu.

Apasih yang Membuat Blogger Perlu Menguasai Canva?

5 Alasan Pentingnya Menguasai Canva untuk Blogger
Ilustrasi ini juga saya desain menggunakan canva, lho.

Desain Keren dalam Hitungan Menit

Pertama-tama, Canva adalah alat yang sangat user-friendly. Gak perlu jadi ahli desain grafis buat bisa bikin konten visual yang kece, lho.

Dengan menguasai Canva, temen-temen bisa menghasilkan desain-desain keren dalam hitungan menit. Ada berbagai macam template yang bisa dipilih, mulai dari poster, banner, sampai desain untuk media sosial.

Terkhusus para blogger, Canva bisa banget dipakai untuk membuat konten penunjang artikel di blog-mu, lho.

Misalnya, membuat featured image (thumbnail artikel), ilustrasi di blog, desain logo website, dan juga mempercantik homepage. Ada banyak template dan ilustrasi yang bisa banget kamu pilih sesuai selera.

Tinggal edit-edit dikit, sesuaikan dengan selera, voila! bisa dipakai deh!

Baca Juga  Tips Menjaga Kebersihan Dapur

Hemat Waktu dan Tenaga

Dulu, buat bikin desain grafis, temen-temen harus punya kemampuan menggunakan software desain rumit (misalnya Photoshop, Corel Draw, dll) yang butuh waktu dan tenaga ekstra.

Tapi dengan Canva, segalanya bisa jadi lebih mudah.

Temen-temen gak perlu install software ribet atau belajar desain dari awal. Semua bisa dilakukan secara online, langsung dari browser atau bahkan melalui aplikasi di HP.

Jadi, temen-temen juga bisa hemat waktu dan tenaga untuk menyiapkan desain pendukung untuk artikel-mu.

Banyak Fitur Seru dan Bermanfaat

Canva juga dilengkapi dengan berbagai fitur seru dan bermanfaat yang bikin hidup temen-temen sebagai blogger makin berwarna.

Temen-temen bisa menambahkan teks keren dengan berbagai macam font, menambahkan elemen dekoratif seperti ikon, stiker, atau ilustrasi.

Selain itu, Canva juga punya koleksi gambar dan video yang gak kalah keren. Gak perlu lagi pusing nyari konten visual, semuanya udah ada di Canva!

Branding yang Konsisten

5 Alasan Pentingnya Menguasai Canva untuk Blogger - Membuat Featured Image dengan Canva

Sebegai seorang blogger, tentu saja temen-temen setuju bahwa branding itu sangat penting. Butuh identitas yang kuat dan konsisten dalam setiap konten yang dibuat untuk lebih dikenal para pembaca.

Nah, Canva nantinya akan membantu banget untuk temen-temen dalam membangun branding yang konsisten. Temen-temen nantinya bisa bikin template desain sendiri dengan memilih warna, font, dan elemen yang sesuai dengan identitas blog.

Misalnya, di dalam semua artikel yang saya buat, saya selalu menyisipkan logo di bagian kanan bawah sebagai identitas. Selain itu, semua desain featured image yang saya buat juga punya template nya sendiri supaya pembaca tahu bahwa featured image dengan desain seperti ini punya website ini 🤭

Setiap kali lo mau bikin konten baru, tinggal pakai template yang udah lo buat. Jadi, branding lo tetap konsisten dan terlihat profesional.

Baca Juga  5 Alasan Foto Studio di Momen Wisuda udah Gak Jaman! Ini Solusinya!

Meningkatkan Engagement dan Traffic

Sebagai blogger, temen-temen pasti pengen punya konten yang menarik dan bisa meningkatkan engagement dengan pembaca.

Nah, desain yang keren dan eye-catching itu salah satu kunci suksesnya.

Dengan Canva, temen-temen bisa bikin konten visual yang menarik dan memikat pembaca. Lebih banyak pembaca yang tertarik dengan konten-mu, artinya juga lebih banyak traffic yang bisa temen-temen dapatkan. Seru kan?

Selain itu, temen-temen juga bisa mendapatkan traffic dari ilustrasi blog yang dibuat dengan menambahkan Alt Text pada gambar yang diupload, lho.


Nah, itu dia beberapa alasan kenapa Canva itu penting banget buat temen-temen sebagai seorang blogger.

Mulai sekarang, gak ada alasan lagi untuk gak menguasai Canva yaa!

Ayo, bikin konten yang keren dan profesional dengan Canva, dan jadi blogger yang makin ngehits! Happy blogging!

Anyway, terima kasih sudah membaca sampai akhir. Semoga artikel ini memotivasi temen-temen untuk mempelajari Canva lebih dalam untuk keperluan ngeblog yaa..

Boleh banget kok tanya-tanya lebih lanjut di DM ig @adelahasna atau di komentar artikel ini. Insya Allah akan saya jawab.

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *