Berkunjung ke Babakan Siliwangi, Hutan Kota yang harus dikunjungi!

Butuh tempat healing di tengah pusat Kota Bandung? Simak perjalanan saya berkunjung ke Hutan Kota Babakan Siliwangi di Kota Bandung, yuk!
Share this post!

Butuh tempat healing gratis di tengah pusat Kota Bandung? Yuk, simak perjalanan saya berkunjung ke Babakan Siliwangi, hutan kota di Kota Bandung

Kalau kamu sedang mencari tempat asik untuk nongkrong sambil menikmati udara sejuk dan pemandangan alam yang memanjakan mata, tempat ini patut masuk dalam daftar kunjunganmu.

Jadi, siap-siap untuk mengeksplorasi keindahan dan keasyikan yang ditawarkan Babakan Siliwangi?

Babakan Siliwangi Kota Bandung

Pertama-tama, mari kita bahas dulu apa sih sebenarnya Babakan Siliwangi itu?

Babakan Siliwangi atau sering disingkat Baksil adalah sebuah hutan kota yang terletak di kawasan Bandung Utara. Tepatnya di Jl. Tamansari No.90, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Untuk temen-temen yang mau kesini, bisa arahkan Google Maps-nya ke Sasana Olahraga Ganesha (Saraga) ITB ya. Akses pintu masuknya sama, kok. Tidak perlu khawatir, disini tersedia banyak parkiran mobil dan juga motor.

Tempat ini menyajikan nuansa alam yang hijau, dengan pepohonan yang rindang dan jalur-jalur jogging yang mengundang untuk dijelajahi.

Jadi, buat kamu yang bosan dengan keramaian kota, Babakan Siliwangi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk refreshing sejenak.

Harga Tiket Masuk

Salah satu hal yang membuat Babakan Siliwangi menarik adalah kesederhanaannya. Temen-temen gak perlu membayar tiket mahal atau merogoh saku dalam-dalam untuk masuk ke sini.

Kalau akhir bulan dompet udah tipis, healing kesini adalah solusinya hihihi🤭

Tempat ini terbuka untuk umum dan siapapun bisa datang dan menikmati keindahannya secara gratis. Temen-temen hanya perlu membayar parkir sesuai jenis kendaraan yang dibawa. Bayangkan, saat saya berkunjung, saya hanya perlu membayar Rp5.000 untuk parkir mobil saja, worth it kan?

Baca Juga  Google Local Guide, Cocok untuk Si Hobi Foto atau Traveling!

Oia, tempat ini buka dari jam 09.00- 16.00 untuk Weekday, dan 08.30-17.00 untuk Weekend yaa..

Keseruan Healing di Baksil

Di Babakan Siliwangi, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas yang seru. Mulai dari sekadar jalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan alam, hingga jogging untuk menjaga kebugaran.

Beberapa pekan lalu, saat saya berkunjung kesini, suasana baksil lagi bagus banget. Ditambah saat itu saya berkunjung di pagi hari, jadi suasananya teduh dan sejuk banget.

Sinar matahari juga tembus dari sela-sela dedaunan yang rindang. Coba bayangkan secantik apa susasana disana..😍

Sekilas info, Hutan Kota Baksil ini merupakan forestwalk terpanjang di ASEAN dengan panjang kurang lebih 2 km, lho! Jadi, tempat ini pas banget untuk kamu yang mau olahraga sambil menikmati keindahan alam dan udara segar.

Selain itu, temen-temen juga bisa menemukan berbagai spot foto menarik di sepanjang tracknya. Swafoto dengan latar pepohonan rindang gak boleh kamu lewatkan jika berkunjung kesini.

So, jangan lupa bawa kamera atau smartphone-mu dan abadikan momenmu disana ya!

Oh iya, jangan lupa juga untuk mencoba kuliner khas yang ada di sekitar Babakan Siliwangi. Di daerah ini, terdapat banyak warung makan dan jajanan yang menyajikan makanan lezat.

Karena setelah capek olahraga di baksil, jajan makanan di area parkiran adalah solusi agar tenagamu pulih kembali🤭.

Selain untuk berolahraga, temen-temen juga bisa nongkrong dan bersantai disini, lho. Sebelum memulai jalan di tracknya, temen-temen akan menemukan banyak tempat duduk kayu yang bisa dipakai untuk nongkrong.

Maaf ya, sayangnya saya gak motret bagaimana bentuk kursinya. Yang jelas, kursi ini bisa dipakai untuk duduk bersandar santai sambil menghadap langit dan pepohonan yang rindang.

Baca Juga  KuroKoffee: Cocok untuk Work From Cafe di Bandung!

Pada kunjungan terakhir saya kesana, ada banyak mahasiswa, pasangan, atau bahkan keluarga yang berduduk santai disana, kok. Selain ada yang memang kesini untuk healing, ada juga mereka-mereka yang kesini untuk buka laptop dan bekerja, lho🫣.

Oia, untuk info lebih lanjut megenai fasilitas yang ada disana, temen-temen bisa mengunjugi instagram @hutanbaksil.bdg yaa..😉

Kesimpulan

Jadi, jika kamu mencari tempat yang nyaman dan santai untuk melepas penat, Babakan Siliwangi Bandung adalah pilihan yang tepat.

Udara segar, pemandangan alam yang memukau, dan aktivitas seru yang bisa kamu lakukan membuat tempat ini menjadi tempat yang sayang untuk dilewatkan.

Jangan lupa untuk mengajak teman-temanmu atau keluargamu saat berkunjung ke sini, agar momen seru di Babakan Siliwangi semakin berkesan yaa..

Nah, itu dia sedikit informasi tentang kunjungan saya ke Babakan Siliwangi Bandung. Anyway, terima kasih temen-temen yang sudah membaca artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi kamu untuk mencoba pengalaman baru di tempat yang menarik ini ya.

Ada yang udah pernah kesini juga, kah? diskusi di kolom komentar, yuk! atau kunjungi instagram saya di @adelahasna 🤭

Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan kunjunganmu ke Babakan Siliwangi dan nikmati suasananya!

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *