Membuat Featured Image Blog? Ini 5 Elemen yang Perlu Ada!

Kamu blogger dan bingung mengenai elemen apa saja yang diperlukan pada pembuatan featured image di blog? simak artikel lengkapnya disini, yuk!
Share this post!

Kira-kira apa saja elemen-elemen yang dimasukkan para blogger di featured image artikel mereka?

Kalau penasaran, yuk simak artikel ini untuk tahu bagaimana saya sebagai blogger membuat featured image pada setiap artikel di blog ini. Cekidot!!

Featured Image

Sebelum membahas tentang elemennya, temen-temen perlu tahu apa itu Featured image pada blog. Featured image pada blog adalah gambar yang dipilih dan ditampilkan di bagian atas atau depan suatu artikel/postingan di blog.

Gambar ini memiliki peran penting dalam menarik perhatian pembaca dan memberikan representasi visual yang relevan dengan konten yang dibahas dalam artikel tersebut.

Kalau di YouTube, gambar ini disebut thumbnail. Sebetulnya fungsi dan kegunaannya sama saja, hanya beda penyebutan😁

Elemen-Elemen pada Featured Image Blog

Dalam blog Ahasna ini, semua thumbnail dari postingan blog memiliki kemiripan dan ciri khas yang sama. Ada beberapa elemen yang bisa temen-temen masukkan ke dalam featured image pada blog, diantaranya… Eits bentar dulu😆

Disclaimer: Tentu saja semua elemen-elemen ini bersifat custom dan opsional. Artinya, tidak ada aturan baku yang mengharuskan temen-temen memasukkan setiap elemen yang saya bahas di artikel ini.

Namun, temen-temen bisa menjadikan artikel ini sebagai referensi yaa..

Judul Artikel yang Sesuai

Membuat Featured Image Blog? Ini 5 Elemen yang Perlu Ada! - Judul Artikel yang Sesuai

Di blog ini, saya memasukkan judul artikel pada featured image agar menarik perhatian para pembaca. Sama halnya dengan buku, pasti temen-temen akan menyukai cover dengan judul dan gambar yang menarik.

Anggap saja gambar tersebut adalah cover dari artikel blog. Maka, gambar itu lah yang akan mereka lihat pertama kali saat mengunjungi blog-mu.

Baca Juga  4 Langkah Belajar SEO bagi Pemula, Gampang Kok!

Logo atau Watermark Blog sebagai Identitas

Membuat Featured Image Blog? Ini 5 Elemen yang Perlu Ada! - Logo atau Watermark Blog sebagai Identitas

Memasukkan logo atau watermark pada featured image berfungsi sebagai identitas gambar tersebut. Watermark yang dimasukkan bisa berupa domain (misalnya bertuliskan adelahasna.com) atau identitas lainnya.

Pada blog ini, saya memasukkan logo blog pada featured image di setiap artikel yang diterbitkan. Dengan begitu, semua gambar yang saya publikasikan memiliki identitas dan ciri khas yang blogger lain tidak punya.

Font yang Jelas Terbaca

Membuat Featured Image Blog? Ini 5 Elemen yang Perlu Ada! - Font yang Jelas Terbaca

Semua text yang ada pada featured image harus ditulis dengan huruf atau jenis font yang dapat terbaca oleh para pengunjung blog. Temen-temen perlu memprioritaskan jenis huruf yang jelas dan lugas dibandingkan dengan jenis huruf yang punya nilai estetika saja.

Memilih huruf yang “lucu-lucu” memang tidak ada salahnya. Namun, kalau kamu saja pusing membaca hurufnya, maka pengunjung blog mu akan merasakan hal yang serupa hehehe.🤭

Menggunakan Foto dari Dokumentasi Pribadi

Membuat Featured Image Blog? Ini 5 Elemen yang Perlu Ada! - Menggunakan Foto dari Dokumentasi Pribadi

Penggunaan dokumentasi pribadi pada featured image memberikan kesan spesial dan eksklusif, lho. Karena pembaca akan melihat gambar-gambar yang ditujukan khusus dari para penulis di artikel blognya.

Namun, jika tidak memiliki gambar pendukung dari dokumentasi pribadi, temen-temen bisa menggunakan gambar yang bebas dari hak cipta, yaa.

Ada banyak platform yang menyediakan berbagai gambar gratis bebas hak cipta, lho. Diantaranya ada Pexels, Pixabay, Unsplash, Canva, dan lain sebagainya.

Di blog ini, sekitar 80% featured image yang dibuat adalah hasil dari jepretan hp saya sendiri. Maka dari itu, temen-temen mungkin tidak akan menemukan gambar yang sama di blog lain😆

Oia, menggunakan foto atau dokumentasi pribadi sebagai latar belakang nantinya akan menghindari temen-temen dari masalah hak cipta.

Tambahkan Ilustrasi Pendukung

Membuat Featured Image Blog? Ini 5 Elemen yang Perlu Ada! - Tambahkan Ilustrasi Pendukung

Disclaimer, Elemen ini lucu-lucuan dan opsional banget🙊. Di blog ini, saya sering menambahkan minimal satu ilustrasi pada featured image. Ilustrasi ini saya gunakan sebagai simbol pada topik yang sedang saya bahas di artikel.

Baca Juga  Ini 5 Cara Mencari Travel Umroh yang Trusted! Udah Tau, Belum?

Misalnya, pada post Babakan Siliwangi, saya menambahkan ilustrasi hutan dengan adanya 3 pohon cemara. Selain itu, di post Fuku Akiba, saya juga menambahkan ilustrasi ramen.


Nah, itu dia 5 elemen yang menurut saya perlu temen-temen pertimbangkan dalam membuat featured image blog. Elemen-elemen tersebut nantinya akan membuat thumbnail blog menjadi lebih menarik dan eye-catching. Yang secara tidak langsung juga akan menaikkan traffic blog-mu.

Anyway, terima kasih karena sudah baca sampai akhir. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk temen-temen semua ya, Aamiin.

Kalau ada pertanyaan, boleh banget komentar di bawah atau tanya di DM @adelahasna yaa!

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *