Lika-Liku Menjadi Mahasiswa Farmasi: Penuh Tantangan?

Menjadi mahasiswa farmasi merupakan sebuah perjalanan yang penuh dengan lika-liku, Penasaran gimana tantangannya? simak di artikel ini yuk!
Share this post!

Menjadi mahasiswa farmasi merupakan sebuah perjalanan yang penuh dengan lika-liku, mulai dari tantangan yang banyak, kesulitan dalam setiap prakteknya, dan masih banyak lagi. Tapi, aku yakin semua itu nantinya akan dilewati dengan rasa bangga yang luarbiasa.

Menurutku, apapun jurusan kuliahmu, dari awal masuk hingga lulus kuliah, pasti ada saja tantangan dan cerita seru di dalamnya. Nah, dalam artikel ini, aku akan sedikit membahas perjalanan perkuliahan di jurusan farmasi dari POV teman farmasi-ku yaa 🤭

Lika-liku Kehidupan Perkuliahan Jurusan Farmasi

Memilih Jurusan Farmasi: Awal dari Perjalanan

Memilih jurusan farmasi tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak yang beranggapan bahwa menjadi mahasiswa farmasi hanya tentang menghafal nama dan kandungan berbagai obat, tapi kenyataannya jauh lebih kompleks daripada itu. Sejak awal, mahasiswa jurusan farmasi harus siap dengan materi kuliah yang padat dan seringkali rumit.

Tidak jarang, mahasiswa jurusan farmasi ini harus menghadapi mata kuliah seperti kimia organik, farmakologi, dan biofarmasetika yang memerlukan pemahaman mendalam. Meski demikian, di sinilah letak keindahan dari jurusan ini. Setiap mata kuliah menawarkan tantangan baru yang menarik dan berharga untuk karier di masa depan-mu.

Tantangan di Laboratorium

Salah satu aspek yang paling menantang dari menjadi mahasiswa farmasi adalah waktu yang dihabiskan di laboratorium (lab). Bayangkan, kamu harus menghabiskan berjam-jam untuk mempersiapkan larutan, mengukur bahan kimia dengan presisi, dan mengamati reaksi yang terjadi. Selain itu, laporan praktikum yang “biasanya jumlahnya tidak sedikit”, harus disusun dan memerlukan ketelitian yang tinggi.

Namun, di balik semua tantangan ini, terdapat kepuasan tersendiri. Terutama saat teman-teman berhasil menyelesaikan eksperimen yang rumit atau ketika hasil penelitian kita diakui baik dari dosen maupun asisten lab. Rasanya kayak semua jerih payah terasa terbayar lunas, percaya deh!😭

Baca Juga  Study Life Balance sebagai Mahasiswa

Ujian dan Tugas Akhir Farmasi

Ujian dan tugas akhir adalah dua momen yang selalu menghantui mahasiswa farmasi, atau mungkin semua mahasiswa kali ya? hihi🙈. Ujian yang sering kali menguji pemahaman mendalam tentang materi membuat banyak mahasiswa harus belajar ekstra keras. Begitu juga dengan tugas akhir yang memerlukan penelitian intensif dan analisis data yang mendetail.

Namun, melalui proses ini, mahasiswa farmasi akan belajar untuk menjadi lebih disiplin dan terorganisir. Nah, keterampilan ini tentunya akan sangat berharga di dunia kerja nanti, lho.

Magang dan Pengalaman Kerja

Salah satu aspek penting dalam pendidikan farmasi adalah pengalaman kerja melalui program magang. Di sinilah mahasiswa bisa menerapkan teori yang telah dipelajari di kelas ke dalam praktik nyata. Magang di apotek, rumah sakit, atau industri farmasi nantinya akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang teman-teman akan dihadapi setelah lulus.

Melalui program magang ini, mahasiswa farmasi dapat memahami lebih baik tentang peran mereka dalam masyarakat. Mereka belajar untuk berkomunikasi dengan pasien, bekerja sama dengan tim medis lainnya, dan memahami proses produksi obat. Pengalaman ini akan seru sekaligus jadi challenge terberat lho, karena teman-teman akan super duper sibuk (tergantung) sesuai jadwal dari tempat magang masing-masing 😆

Peran Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI)

Di tengah segala kesibukan dan tantangan tersebut, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) (https://pafimamasa.org/) hadir sebagai pendukung utama bagi para mahasiswa farmasi. PAFI menyediakan berbagai program dan kegiatan yang membantu mahasiswa mengembangkan diri, seperti seminar, workshop, dan pelatihan di tiap daerahnya.

Sebagai contoh, PAFI sering mengadakan seminar yang membahas perkembangan terbaru di dunia farmasi. Seminar ini tidak hanya memperkaya pengetahuan mahasiswa, tetapi juga membuka peluang untuk berjejaring dengan para profesional di bidang farmasi.

Baca Juga  5 Tips Kuliah Online untuk Maba - #MabaHarusTau

Komunitas dan Dukungan Sesama Mahasiswa Farmasi

Menjadi mahasiswa farmasi juga berarti menjadi bagian dari komunitas yang solid. Saling mendukung dan berbagi pengalaman dengan sesama mahasiswa sangat penting untuk melewati masa-masa sulitmu. Diskusi kelompok belajar, berbagi tips untuk praktikum, hingga curhat tentang tekanan ujian, semuanya membantu membangun ikatan yang kuat di antara mahasiswa.

Jadi, selain belajar di kelas, pastikan teman-teman juga bisa aktif dalam organisasi ataupun himpunan mahasiswa-mahasiswa farmasi agar bisa menambah koneksi maupun ilmu untuk menambah pengalaman kuliahmu yaa😉

Menyongsong Masa Depan

Setelah melewati berbagai tantangan selama kuliah, tiba saatnya untuk menghadapi dunia kerja. Lulusan farmasi memiliki banyak pilihan karier, mulai dari bekerja di apotek, rumah sakit, industri farmasi, hingga penelitian dan pengembangan obat. Setiap pilihan karier ini menawarkan tantangan dan peluang yang berbeda.

Jika teman-teman memilih untuk fokus menjadi apoteker, maka saran terbaik untukmu adalah melanjutkan kuliah spesialis apoteker, agar peluang diterimanya teman-teman dalam sebuah lapangan pekerjaan juga semakin besar. Semangat semuanya!✨

Kesimpulan

Perjalanan menjadi mahasiswa farmasi memang penuh dengan lika-liku, tetapi setiap tantangan yang dihadapi pastinya akan membantu membentuk mahasiswa menjadi profesional yang tangguh dan kompeten. Dukungan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) (https://pafimamasa.org/) sangat penting dalam perjalanan ini, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terus belajar dan berkembang.

Pada akhirnya, semua usaha dan kerja keras akan terbayar dengan sebuah gelar yang tidak hanya membanggakan, tetapi juga membuka pintu menuju berbagai peluang karier yang menantimu. Bagi teman-teman yang sedang atau akan menjalani kuliah di jurusan farmasi, ingatlah bahwa setiap tantangan adalah bagian dari proses menuju kesuksesan. Tetap semangat dan jangan pernah berhenti belajar ya gais!🤩

Anyway, terima kasih sudah baca sampai akhir artikel ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang akan atau sedang berjuang sebagai mahasiswa farmasi. Kalau teman-teman mau tau kehidupan perkuliahan dan tips kuliah lainnya, boleh banget mampir di categories KULIAH yaa!🤭

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *