Menjadi Freshgraduate yang Produktif dengan 5 Hal Ini!

Pengen jadi freshgraduate yang produktif? Daripada sibuk bandingin diri dengan orang lain, coba deh lakuin 5 hal ini agar hidupmu lebih bermakna.
Share this post!

Pengen banget jadi freshgraduate yang produktif? Daripada sibuk banding-bandingin diri dengan pencapaian orang lain, coba deh lakuin 5 hal ini agar hidupmu lebih produktif.

Setelah resmi menjadi freshgraduate, kamu mungkin akan cenderung untuk memilih bersantai terlebih dahulu untuk menikmati masa tenangmu, sebelum mendapatkan pekerjaan. Atau mungkin ada juga orang-orang yang langsung ambisisus mencari pekerjaan dan lamar sana sini. 

Jika kamu adalah freshgraduate dengan tipe pertama, kamu gak sepenuhnya salah kok.

Kamu boleh banget quality time bareng keluarga, hangout bareng temen, marathon serial Netflix favoritmu, atau melakukan hal-hal yang kamu suka. Hitung-hitung sebagai bentuk balas dendam setelah 4 tahun kuliah. Aku yakin rasanya lega banget untuk akhirnya lepas dari rutinitas kuliah yang gak jauh dari nugas, nugas, dan nugas.

Nikmati dulu, sampai pada akhirnya..

Menjadi Freshgraduate yang Produktif dengan 5 Hal ini - Nikmati dulu, sampai pada akhirnya..

Ada sebuah momen disaat kamu mulai menyadari dan merasakan bahwa nyaman adalah sebuah jebakan. Waktumu dalam satu hari mulai dipenuhi dengan scrolling media sosial yang gak ada hentinya.

Mulai membanding-bandingkan diri dengan pencapaian orang lain, dan worst case nya, yaitu saat kamu mulai merasa tertinggal dibandingkan orang-orang terdekatmu.

Lagi-lagi, selamat datang di fase “Quarter Life Crisis” teman-teman~

Ini bukan bermaksud nakut-nakutin lho, ya. Karena beberapa bulan terakhir ini aku juga ngerasain hal yang sama. Overthinking, mood gak stabil, dan masih banyak kekacauan lainnya. Kalau kamu ngerasain kayak gitu juga, tenang aja.. kamu gak sendiri kok.

Maka dari itu, di artikel ini aku mau ngasih beberapa aktivitas yang bisa kamu coba lakukan untuk mengisi hari-harimu agar menjadi lebih produktif.

Iya, menjadi freshgraduate yang produktif. Hal-hal ini bisa kamu lakukan sembari terus berusaha mencari pekerjaan, merencanakan S2, atau impian-impian lain yang sedang kamu kejar. Yuk, marii…

👩🏻‍💻 Ikut bootcamp atau kelas gratis

Ada banyak bootcamp atau kelas gratis yang bisa kamu ikuti di internet. Saat ini, udah ada banyak platform belajar online yang menyediakan bootcamp berbayar maupun gratis. Durasi kelasnya pun bermacam-macam, ada yang berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan.

Baca Juga  Semester Keempat di Kelas Internasional: Ya.. begitulah

Mungkin kamu tidak asing mendengar MySk*ll, R*voU, D*bimbing.id, dan masih banyak lagi. Mereka menyediakan beraneka ragam kelas, mulai dari kelas copywriting, digital marketing, UI/UX, data analyst, dan masih banyak lagi. Kamu bisa banget explore berbagai kelas yang sesuai dengan minatmu.

Dengan mengikuti kelas, kamu gak hanya menambah wawasan dan skill, tapi juga bisa mendapatkan portofolio dan koneksi baru. Mumpung gratis, gak ada salahnya untuk coba kan?

🪄 Update LinkedIn

Aktivitas yang ke-2 ini mungkin lumayan berhubungan dengan yang sebelumnya. Kalau kamu ikut kelas, kamu otomatis bisa mengupdate LinkedIn-mu. Tapi, sekalipun kamu gak ikut kelas, kamu bisa mulai untuk mempelajari bagaimana “memoles” LinkedIn untuk freshgraduate.

Mulai dari ganti profil dengan foto profesional, berkoneksi dengan orang-orang inspiratif, membuat portofolio sendiri, dan masih banyak lagi. Aku pribadi juga baru mulai paham dengan LinkedIn baru-baru ini, jadi gak ada kata terlambat untuk belajar kok.

📚 Banyak Membaca Buku

Menjadi Freshgraduate yang Produktif dengan 5 Hal ini - Banyak Membaca Buku

Kalau dulu semasa kuliah kamu selalu beralasan sibuk sehingga gak sempet untuk baca buku, maka inilah saatnya untukmu memulai membaca buku.

Membangun habit membaca buku gak harus selalu dimulai dari buku-buku yang berat (misalnya Atomic Habit dan sejenisnya), kok. Kamu bisa mulai dari genre buku yang kamu sukai dulu, misalnya novel, cerpen, dan buku ringan lainnya.

🏃🏻 Perbaiki Pola Hidup

Dalam 1 tahun terakhir di kuliah, aku yakin hampir kebanyakan mahasiswa punya jadwal tidur yang berantakan. Gimana enggak, pasti ada aja hari yang mengharuskanmu untuk begadang buat ngerjain skripsi atau revisiannya, kan? Hayoo ngaku!😜

Nah, sebagai freshgraduate yang produktif kamu bisa mulai untuk memperbaiki pola hidupmu dengan memperbaiki jam tidur dan memperbanyak olahraga. Jangan biarkan kejompoan ini merajai tubuh kita, gais..

Baca Juga  Semester 5 di Kelas Internasional: Seru Banget Uy!

Coba mulai dari rutin olahraga yang mudah dan gratis aja dulu, misalnya yoga di rumah atau jogging keliling komplek. Lalu, kamu juga bisa atur jam tidur agar bisa menikmati tidur 7-8 jam setiap harinya. InsyaAllah gak ada ruginya kok, malah tubuhmu akan merasakan banyak manfaat untuk kedepannya.

💪🏻 Freshgraduate yang produktif? Level up di segala hal!

Menjadi Freshgraduate yang Produktif dengan 5 Hal ini - Freshgraduate yang produktif? Level up di segala hal!

Punya hobi yang menghasilkan? Perdalam dan lebih totalitas lagi!

Kalau kamu udah bunya kebiasaan bagus yang kamu nikmati, mumpung hari-harimu belum sesibuk saat nanti bekerja, kamu bisa perdalam lagi kontribusimu.

Perdalam, ambil peran lebih banyak, lebih konsisten lagi, dan masih banyak take action lainnya yang bisa kamu lakukan. 

Kalau kamu seorang muslim, aku saranin untuk juga memperbanyak melakukan ibadah-ibadah sunnah. Yang sebelumnya jarang puasa, kamu bisa mulai rutin berpuasa sunnah. Yang jarang ke kajian, kamu bisa mulai sering menghadiri kajian-kajian. Selain duniawinya yang level up, akhiratnya juga jangan lupa yaa hehehe..


Nah, itu dia 5 aktivitas yang bisa kamu lakukan sebagai freshgraduate yang produktif.

Dengan lima aktivitas ini, setidaknya kamu bisa lebih menyibukkan diri dengan hal-hal yang positif dibandingkan merenungi pencapaian-pencapaian yang sudah diraih oleh teman-teman dekatmu.

Anyway, terima kasih sudah membaca sampai akhir. Semoga artikel ini bisa menemani hari-hari produktifmu dan bisa berdampak baik bagi keseharianmu.

Temen-temen boleh banget kontak aku melalui DM @adelahasna untuk bertanya apapun atau mengajak kerjasama. Dengan senang hati akan aku balas secepatnya~

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *