3 Cara Mencatat Menggunakan IPad Versiku

Dalam tiga tahun kebelakang, aku selalu belajar dan mencatat menggunakan iPad. Ada 3 cara yang aku lakukan agar mencatat menjadi lebih efektif
Share this post!

Dalam 3 tahun kebelakang, aku selalu belajar dan mencatat menggunakan iPad. Sebagai mahasiswa, aku udah cukup banyak melakukan trial and error dalam menentukan bagaimana sistem pencatatan yang mudah dan efektif.

Pada saat sekolah, aku yakin kita semua terbiasa untuk mencatat keseluruhan materi pada saat jam pelajaran berlangsung. Karena pada sistem pembelajarannya, guru akan mencatat di papan tulis, dan kita menuliskan ulang di buku catatan masing-masing. 

Namun, hal ini sangat berbeda saat temen-temen mulai menginjak bangku kuliah. Sistem pembelajarannya tidak lagi sama dengan apa yang ada di SMA.

Mencatat keseluruhan materi pada saat perkuliahan berlangsung bukan lagi hal yang efektif untuk dilakukan. Hal ini berlaku tidak hanya pada perkuliahan, tetapi juga pada pencatatan di online class atau webinar yang sedang kamu hadiri.

Dalam artikel Membeli IPad Untuk Kuliah, Apakah Worth It?, aku sudah membahas bagaimana iPad bisa mengefektifkan caraku dalam belajar sebagai mahasiswa. Di artikel ini, sudah saatnya bagiku membahas bagaimana caraku mencatat menggunakan iPad versiku. Yuk, disimak!🤭

✍🏻 Caraku Mencatat Menggunakan IPad

3 Cara Mencatat Menggunakan IPad Versiku - Caraku Mencatat Menggunakan IPad

Caraku dalam mencatat di iPad adalah dengan menuliskan hal-hal extra dan meng-highligt hal-hal penting dari topik yang sedang dibicarakan. 

Kamu tidak perlu mencatat keseluruhan materi karena hanya akan membuatmu fokus untuk menyalin apa yang sudah tertulis di power point.

Mungkin akan hebat jika kamu bisa secara multitasking menulis dan mengingat apa yang sedang dijelaskan dosen secara bersamaan. Namun pada kenyataannya, multitasking hanya akan membuat fokusmu teralihkan dan terbagi ke dalam dua kegiatan tersebut.

Baca Juga  Tips Finansial Bagi Pasangan Muda yang Baru Menikah

Sedangkan apa yang ditulis dosen dalam power point mereka adalah poin-poin singkat dari topik yang akan dipelajari. Biasanya detail dari materinya akan mereka jelaskan hanya melalui lisan.

Nah, detail-detail dari materi inilah yang perlu kamu catat di iPad agar kamu lebih paham dengan apa yang disampaikan.

🛠️ Teknis Mencatat di IPad

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mencatat menggunakan iPad dengan lebih efektif dan efisien. Beberapa diantaranya adalah..

📝 Mencatat di File PPTnya

3 Cara Mencatat Menggunakan IPad Versiku - Mencatat langsung di file PPTnya

Kalau kamu punya aplikasi note-taking seperti Good Notes, Notability, atau semacamnya, saranku kamu bisa langsung mencatat atau mengedit di file PPT yang diberikan oleh dosenmu.

Dengan begini, kamu akan lebih mudah untuk mempelajari materinya tanpa harus membuka dua file yang berbeda (PPT dan catatan).

📚 Membaca Materi dan Mencatat Extra-nya

3 Cara Mencatat Menggunakan IPad Versiku - Membaca seluruh materi dan Mencatat Extra-nya

Teknis ini bisa kamu lakukan jika kamu sudah diberikan materi PPT dari dosen jauh-jauh hari sebelum kelas berlangsung.

Triknya adalah dengan membaca keseluruhan materi terlebih dahulu untuk setidaknya tahu tentang garis besar dari materi yang akan disampaikan. Dan pada hari-H kelas, kamu bisa mencatat apa yang sekiranya penting dan tidak tertulis di PPT.

📸 Screenshot, Tempel, dan Catat

3 Cara Mencatat Menggunakan IPad Versiku - Screenshot, tempel, dan catat

Cara ini sering aku lakukan saat menghadiri kelas atau webinar secara online. Yang mana pada saat aku hadir, aku belum mendapatkan file dari materi yang akan disampaikan. 

Solusinya adalah dengan melakukan split view pada layar iPad. Yang satu menampilkan zoom kelas, dan satu lagi aplikasi note-taking.

Pada saat dosen atau narasumber melakukan share screen, kamu bisa langsung screenshot layarnya, lalu drag dan drop ke aplikasi notetaking di sebelahnya. Kalau screenshotnya terlalu besar, kamu bisa langsung crop gambar di aplikasinya.

Baca Juga  5 Manfaat Hidup Tanpa TikTok: Happy Tanpa Scroll!

Mungkin bagi yang belum terbiasa cara ini akan terkesan ribet, tapi  menurutku hal ini cukup efektif karena biasanya kita tidak akan mendapatkan materi dari panitia atau dosennya dalam waktu dekat.

Bahkan di beberapa momen mereka sengaja untuk tidak membagikan filenya. Kalau begitu kan repot dan gak bisa baca ulang~


Nah, itu dia 3 cara mencatat menggunakan iPad versiku. Cara-cara yang menurutku efektif belum tentu efektif juga di sistem belajar temen-temen.

Tapi, setidaknya kamu bisa mendapat gambaran bagaimana aku mencatat menggunakan iPad, sehingga bisa kamu sesuaikan lagi dengan kenyamanan masing-masing.

Kalau temen-temen punya versi sendiri, boleh banget kok sharing pengalanan mencatat nya di kolom komentar di bawah. Kita diskusi bareng yuk! 😉

Anyway, terima kasih sudah baca sampai akhir. Temen-temen boleh banget kontak aku melalui DM @adelahasna untuk bertanya apapun atau mengajak kerjasama. Dengan senang hati akan aku balas secepatnya~

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *