Membeli IPad Untuk Kuliah, Apakah Worth It?

Jika kamu bertanya, seberapa worth it beli iPad untuk kuliah? Disini aku akan berikan gambaran bagaimana iPad bisa sangat berguna bagi kuliahku
Share this post!

Mungkin teman-teman yang sedang menginjak dunia perkuliahan bertanya-tanya seberapa worth it membeli iPad untuk kuliah?

Di artikel ini aku akan berikan sedikit gambaran bagaimana iPad bisa mengubah hidupku cukup signifikan di dalam dunia perkuliahan.

IPad yang aku gunakan adalah iPad gen 8 yang aku beli di tahun 2020, berarti umurnya sudah hampir 4 tahun. Kenapa memilih iPad tipe ini? Sesimpel karena yang aku butuhkan adalah fungsi dari iPad itu sendiri. Bukan untuk gengsi atau status semata.

Balik lagi ke pertanyaan, “Beli iPad untuk Kuliah, Apakah Worth It?”. Jawabannnya tergantung dari apa tujuanmu untuk membelinya. Ada mereka yang membeli dengan alasan untuk note taking (mencatat), untuk belajar, sebagai pengganti laptop, atau sekedar untuk lebih nyaman menonton serial netflix favorit mereka.

Gambar Membeli IPad Untuk Kuliah, Apakah Worth It?

Bagiku, pembelian iPad ini sangatlah worth it. Ada beberapa alasan mengapa aku bisa menyimpulkan bahwa penggunaan iPad untuk kuliah adalah hal yang worth it, diantaranya:

✍🏻 Mencatat Menjadi lebih Mudah

Menurutku, apapun jurusan kuliahmu, jika kamu adalah seorang yang hobi mencatat, maka iPad akan memudahkanmu untuk bisa mencatat dengan lebih efektif.

Ini kita berbicara jika iPad digunakan dengan memanfaatkan apple pencil juga, ya. Karena kalau tidak dengan apple pencil, menurutku fungsinya akan sama saja ketika temen-temen mencatat dengan laptop.

Selain menghemat tinta dan kertas, catatan kuliahmu juga akan lebih terorganisir dengan iPad. Kamu juga gak perlu khawatir catatanmu tercecer lalu hilang, ketumpahan kopi, atau dirobek kucing kesayanganmu. Semuanya akan tersimpan rapi di iCloud.

Baca Juga  Pengalaman Seleksi LO PKKMB Telkom University 2021

Di artikel selanjutnya, insyaAllah aku akan menceritakan bagaimana cara aku mencatat secara lebih efektif dengan iPad. Semoga nantinya temen-temen juga bisa merasakan seberapa worth it menggunakan iPad untuk kuliah.

🛠️ iPad adalah Ultimate Tools

Menurutku ada beberapa jurusan kuliah yang akan worth it banget jika didukung dengan keberadaan iPad. Misalnya, jurusan yang berhubungan dengan desain dan hitung-hitungan.

Di jurusan desain, kamu bisa pakai iPad ini untuk membuat sketsa tugas atau tugas menggambar digital. IPad akan membantumu untuk menghemat kertas dan mempermudah kamu untuk merevisi atau menghapus bagian-bagian desain yang salah. 

Sama halnya di jurusan yang mengharuskan kamu banyak menghitung, misalnya untuk mata kuliah matematika, fisika, dan sejenisnya. Kamu akan lebih mudah untuk menghitung dan menulis penjabaran rumus-rumus dengan iPad. Catatan ataupun tugasmu nantinya juga akan tertulis lebih rapi.

Membeli Ipad Untuk kuliah worth it

📲 iPad untuk kuliah? Mudah Dibawa Kemana-mana!

Poin ini sebenarnya tergantung kamu membeli iPad dengan tipe dan ukuran layar yang seperti apa. Bagiku, iPad dengan tipe air, mini, atau gen sudah sangat worth it kalau kamu mau menggunakannya untuk sekedar kuliah.

Dengan bentuk layar yang cukup besar dan bobotnya yang ringan, menjadikan iPad Gen ini mudah dibawa kemana-mana. Bahkan di beberapa momen, kamu bisa menjadikan iPad sebagai pengganti laptopmu.

Namun, beda halnya jika kamu seorang content creator atau pekerjaan lain yang mengharuskan punya iPad dengan spesifikasi tinggi. Wajar saja jika mereka memilih iPad pro atau sejenisnya. Tentu saja ukuran dan beratnya akan berbeda dari iPad air, mini, ataupun gen.

🍎 Lebih worth it dengan Ekosistem Apple

Gak bisa dipungkiri kalau ekosistem Apple akan memudahkan semua perangkatnya tersinkronisasi dengan mudah. Begitu juga dengan penggunaan iPad. iPad akan lebih worth it jika dipadukan dengan device Apple lainnya.

Baca Juga  Persiapan Sidang Skripsi: Apa saja yang perlu disiapkan?

Gak melulu harus punya semuanya, tapi minimal satu device saja, maka kamu akan merasakan kelebihannya. Misalnya, kamu punya iPad dan Macbook.

Beberapa dari kelebihannya yang bisa aku rasakan sebagai mahasiswa adalah kamu bisa menjadikan iPad sebagai layar tambahan Macbook, catatan bisa dibuka di device manapun, copy-paste materi kuliah antar device jadi gampang banget, dan masih banyak lagi.

Tapi, kelebihan ini gak bisa kamu jadikan sebagai alasan untuk meminta orang tuamu untuk membelikan Device Apple lainnya, ya. Kalau kamu punya iPad dan Apple Pencil-pun itu udah lebih dari cukup dan kamu perlu bersyukur akan hal itu.

Nah, itu dia sedikit gambaran mengenai seberapa worth it iPad sebagai device pendukung perkuliahanmu. Kalau kamu punya alasan lainnya yang belum aku mention di atas, boleh banget ceritain pengalamanmu di kolom komentar ya!

Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Temen-temen boleh banget kontak aku melalui DM @adelahasna untuk bertanya apapun atau mengajak kerjasama. Dengan senang hati akan aku balas secepatnya~

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *