Ini Rasanya Menjadi Freshgraduate (Pada Umumnya)

Kamu baru banget wisuda? Nikmatin dulu senang-senangnya ya, karena hal-hal ini yang akan kamu alami setelah resmi menjadi freshgraduate!
Share this post!

Kamu baru banget wisuda? Nikmatin dulu momen senang-senangnya sebelum kamu ngerasain hal-hal yang dialamin freshgraduate pada umumnya ini.

Setelah selesai sidang skripsi, aku yakin hampir semua mahasiswa memikirkan bagaimana bahagianya saat kita wisuda. Mikirin mau pake baju apa, make-up nya gimana, mau ngundang siapa aja, dan hal-hal menyenangkan lainnya.

Memang benar bahwa perayaan wisuda adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua mahasiswa. Momen ini dijadikan sebagai momen balas dendam setelah 4 tahun berkuliah dengan segala macam struggle-nya.

Tapi, sebenernya apa sih yang dirasain mahasiswa setelah wisuda dan resmi menjadi freshgraduate? 

👩🏻‍🎓 Ini Rasanya Jadi Freshgraduate

Ini Rasanya Menjadi Freshgraduate (Pada Umumnya) - Gambar 1

Akhir bulan Agustus lalu, aku merayakan momen wisuda bersama beberapa teman kelasku. Hal-hal yang kami pikirkan di hari wisuda adalah hal-hal yang super menyenangkan. Foto-foto bareng, ngobrol panjang lebar, dan lain sebagainya. 

Namun, suasana ini berubah sangat berbeda di hari esoknya. Banyak hal-hal yang mulai menghantui kami masing-masing. Mulai dari “Habis ini mau ngapain ya?”, “Udah beres nih kuliahnya?”, sampai “S2 atau kerja ya?”.

Banyak kebingungan yang mulai bermunculan di kepala kami sebagai seorang freshgraduate. Ditambah perasaan sedih mengingat bahwa teman-teman kuliah kita akan kembali ke kota-nya masing-masing. Kumpul bareng temen-temen akan kerasa susah dan gak segampang dulu pada saat kuliah. Ngerasa feeling lonely bgt deh pokoknya…😅

Proses ini menurutku memang butuh waktu. Karena di situasi ini otak kita udah mulai berpikir keras bagaimana memulai fase hidup selanjutnya. Ada yang bisa cepet banget move on-nya, dan ada juga yang butuh beberapa hari bahkan bulan untuk bisa menyesuaikan moodnya.

⏰ Take Your Time…

Ini Rasanya Menjadi Freshgraduate (Pada Umumnya) - Gambar 2

Aku udah melalui fase itu beberapa bulan lalu dan aku akui kalau memang cukup struggle pada awalnya. Tapi tenang aja, temen-temen pasti bisa melaluinya. Yang kamu perlukan hanya mulai menata kembali pikiran dan fokus pada tujuan kita kedepannya.

Baca Juga  Semester Keempat di Kelas Internasional: Ya.. begitulah

Emang gak mudah dan pasti banyak overthinking-nya dulu. Tapi, itu semua wajar kok dan gak cuman kamu sendiri yang ngerasa seperti itu. Ada banyak jutaan freshgraduate yang juga merasakan hal yang kamu rasakan. Bedanya adalah seberapa cepat kita mulai bangkit kembali dan melangkah maju meraih mimpi kita.

Di beberapa momen, mungkin kamu akan mulai merasa mempertanyakan kembali tujuan hidup dan banyak tekanan dari orang sekelilingmu, bahkan dari keluarga terdekatmu.

Gapapa kok, selamat datang di fase “Quarter Life Crisis”. Udah waktunya mentalmu dikuatkan lagi untuk bisa survive di kehidupan selanjutnya. Semangaatt!! 💪🏻


Anyway, terima kasih sudah membaca sampai akhir. Sebenarnya artikel ini bukan ajang bagiku untuk memotivasimu. Tapi, semoga dengan adanya artikel ini bisa menemani harimu dan gak ngerasa sendiri lagi.

Ayo, ada banyak mimpi yang udah tak sabar untuk menemuimu di depan. Jangan kelamaan sedihnya ya!

Temen-temen boleh banget kontak aku melalui DM @adelahasna untuk bertanya apapun atau mengajak kerjasama. Dengan senang hati akan aku balas secepatnya~

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *