5 Alasan Foto Studio di Momen Wisuda udah Gak Jaman! Ini Solusinya!

Masih pilih foto studio untuk mengabadikan momen wisuda-mu? Gak ada salahnya sih.. Simak artikel ini untuk tau opsi alternatif yang anti ribet yuk!
Share this post!

Kamu masih milih foto studio untuk mengabadikan momen wisuda-mu? Gak ada salahnya sih.. tapi sekarang ada opsi yang lebih baik yang bisa kamu pilih untuk tetap bisa mengabadikan momen wisudamu, lho. Simak artikelnya sampai selesai yuk! 😉

Semua orang mungkin setuju kalau momen wisuda merupakan salah satu momen yang wajib banget untuk diabadikan. Momen ini merupakan pencapaian terbesar seorang anak dari perjalanan kuliahnya yang sudah bertahun-tahun lamanya. Rasa bangga orang tua dalam menantikan momen wisuda juga merupakan alasan pendukung mengapa momen ini perlu diabadikan.

Sejak bertahun-tahun yang lalu, momen wisuda sudah identik dengan foto studio, lho. Kita terbiasa untuk memikirkan mau foto studio dimana, jam berapa, dan dengan siapa saja setelah wisuda. Namun, ternyata udah ada opsi lain yang lebih efektif selain foto studio, yaitu menggunakan jasa fotografer atau istilah lainnya nyewa fotografer pribadi.

Saat ini sudah banyak bisnis yang menawarkan jasa fotografer, lho. Jadi, sistemnya adalah kita bayar DP terlebih dahulu, menentukan jadwal foto, lalu fotografer “pribadi”-mu akan datang di momen wisudamu. Kamu tidak perlu repot ke studio foto, tapi kamu bisa menggunakan kampusmu sebagai latar belakang foto-foto wisudamu.

Lalu, kenapa sih foto studio udah dianggap gak jaman lagi? kita bahas 5 alasannya yuk! 📸

Biaya Foto Studio Relatif Mahal

Hingga saat ini, biaya foto Studio masih tergolong mahal jika dibandingkan dengan menyewa fotografer. Terutama jika kamu berfoto di tempat yang sudah terkenal, seperti Jonas, Papyrus, dan lain-lain. Tempat foto studio biasanya juga punya aturan dalam jumlah orang dalam sekali foto dan mereka akan membebani biaya tambahan jika ada tambahan orang diluar paket foto.

Baca Juga  Membuat Featured Image Blog? Ini 5 Elemen yang Perlu Ada!

Jika kamu berfoto dengan banyak anggota keluarga, maka opsi menyewa fotografer saya rasa adalah opsi yang terbaik. Karena mereka tidak akan membebankan biaya lebih jika kamu berfoto dengan banyak orang. Lebih hemat gaiiss.. 🤭

Harus Antri Panjang

Kalau studio foto-mu gak mempunyai sistem booking, maka kamu harus mengantri panjang untuk bisa melakukan foto studio. Karena bisa saja banyak dari teman-teman kampusmu yang menargetkan tempat foto studio yang sama denganmu.

Belum lagi kalau di hari itu ada kampus lain yang juga sedang mengadakan wisuda. Waaahh… bakal rame dan ngantri banget ituu🙈

Nah, opsi sewa fotografer lagi-lagi memberikan solusi untuk alasan ini. Mereka punya sistem booking dengan durasi foto yang sudah ditentukan. Jadi, misalnya kamu booking fotografer di jam 9-10 pagi, ya di jam segitu hanya kamu dan keluargamu yang akan difoto oleh fotografer tersebut. Gak perlu ngantri panjang lagi deh🤭

Tempatnya Jauh

Kamu pasti setuju kalau gak semua kampus atau tempat wisuda posisinya berdekatan dengan studio foto. Bahkan, bagi beberapa orang daerah, mereka harus pergi ke kota terlebih dahulu untuk bisa melakukan foto studio.

Posisi studio foto yang jauh bikin kamu dan keluargamu harus bergegas untuk meninggalkan tempat wisuda. Karena kalau kesiangan, ada kemungkinan dapat antrian panjang, make up udah luntur, dan bisa saja keluargamu udah cape dan moodnya udah gak bagus lagi. Repot kan? nah, mending sewa fotografer ya kaan😏

Kaku dan Gak fleksibel

Memang sih foto studio terkesan lebih formal karena latar belakang foto mereka yang polos dan bersifat formal. Belum lagi kalau kamu hanya bisa pilih satu background untuk foto-foto wisudamu. Dan biasanya berfoto di studio foto akan diarahkan oleh fotografer untuk bergaya formal. Jadinya, kamu gak bisa berekspresi lebih, deh..🥲

Baca Juga  Tips Finansial Bagi Pasangan Muda yang Baru Menikah

Kalau sewa fotografer, mau foto formal, mau foto alay pun kamu bisa request sesuai mau-mu. Bahkan fotografer-nya juga bisa mengarahkan gaya-gaya yang pastinya gak monoton untuk foto wisudamu.

Foto / Gaya Terbatas

Selain mahal, berfoto di studio foto juga punya batasan maksimal gaya. Dengan harga sekian ratus ribu atau bahkan jutaan, biasanya kamu hanya terbatas dengan 2-5 foto saja. Coba bayangkan, udah antri panjang, mahal, cuman foto bentar pula! 😭

Dengan menyewa fotografer, kamu punya stok foto yang gak terbatas, lho. Mereka biasanya sudah mem-paketkan sesuai durasi. Misalnya 30 menit, 60 menit, 90 menit, dan paket-paket lainnya. Nah, selama kamu masih berada dalam durasi foto-mu, maka kamu bebas mau foto seberapa banyak pun.

Saya pribadi nyewa fotografer dengan durasi 90 menit dan hasilnya ada 400an foto lebih, lho. Worth it kan!🙈


Nah, itu dia 5 alasan kenapa foto studio udah gak jaman lagi. Gimana? udah tertarik untuk beralih menggunakan jasa sewa fotografer, belum? Ini momen sekali seumur hidup, lhoo! Jadi, kamu perlu mood yang bagus untuk berfoto tanpa harus ribet ke studio foto.

Atau mungkin kamu juga sudah coba sewa fotografer? boleh banget dong ceritain pengalamannya di komentar yaa

Anyway, terima kasih sudah baca sampai akhir. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang masih bingung bagaimana mengabadikan momen wisudamu tanpa ribet. Kalau ada pertanyaan, boleh banget DM ke ig @adelahasna yaa!😉

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *