Ini Alasan Kenapa Jurusan Manajemen Overrated

Dianggap jurusan kuliah yang ideal dan punya banyak peluang karir? ini alasan kenapa jurusan manajemen dianggap overrated. Simak disini yuk!
Share this post!

Dianggap jurusan kuliah yang ideal dan punya banyak peluang karir? ini alasan kenapa jurusan manajemen dianggap overrated. Simak disini yuk!

Banyak dari orangtua atau calon mahasiswa yang berpikir kalau jurusan manajemen adalah jurusan yang paling ideal untuk anak mereka atau diri mereka sendiri. Gak sedikit juga dari mereka yang secara gak langsung sudah melebih-lebihkan “spesial”-nya peluang karir dari lulusan manajemen ini.

Memang betul sih bahwa jurusan manajemen punya segudang kelebihan yang tidak dimiliki oleh jurusan-jurusan kuliah lainnya. Peluang karir dari jurusan manajemen udah tidak diragukan lagi luas lingkupnya dan sepertinya semua orang akan setuju dengan hal ini. Dari startup, BUMN, swasta, sampai UMKM sekalipun bisa mereka kuasai.

Tapi, pernah gak sih kamu tahu bahwa lulusan jurusan manajemen punya hal-hal gak enak yang gak pernah mereka publish di internet bahkan di media sosial mereka sendiri? simak artikel ini untuk tau lebih lanjut yuk!🤭

Lapangan kerja jurusan manajemen luas, masa iya?

Bagi para recruiter atau HRD, jurusan manajemen sebenernya terlalu umum bagi suatu posisi pekerjaan. Banyak dari mereka yang lebih memilih untuk merekrut mahasiswa atau pelamar dengan jurusan yang lebih spesifik dan sesuai dengan posisi yang dibuka.

Karena seperti yang kita semua tahu bahwa dalam jurusan manajemen, mahasiswa akan belajar banyak hal. Dari lingkup utama manajemen (keuangan, pemasaran, sdm, dan operasional) sampai dunia digital pun juga bisa saja mereka pelajari. Dari banyaknya jenis mata kuliah yang dipelajari, terkadang lulusan manajemen malah tidak merasa punya jati diri. Banyak dari mereka yang bingung bahwa sebenernya tuh mereka ahli di bidang apa sih.

Punya Banyak Saingan saat Melamar Kerja

Saat lulusan manajemen ingin melamar kerja, mereka akan disuguhkan dengan berbagai posisi yang tersedia di suatu perusaahaan. Namun, nyatanya banyak dari posisi yang bisa mereka lamar tidak hanya terbuka oleh jurusan mereka saja. Bahkan di posisi kerja dengan label “manajemen” sekalipun.

Baca Juga  Semester Pertama di Kelas Internasional: Tantangan Mata Kuliah

Mereka akan bersaing dengan mahasiswa lulusan jurusan yang lebih spesifik, misalnya:

  • Posisi akuntan atau lingkup keuangan : bersaing dengan lulusan akuntansi
  • Posisi marketing atau lingkup penjualan : bersaing dengan lulusan ilmu komunikasi
  • Posisi SDM : bersaing dengan jurusan psikologi
  • Posisi Marketplace : bersaing dengan lulusan DKV, Komunikasi, dan Multimedia
  • Posisi Partnership: bersaing dengan lulusan Humas (Public Relation)
  • Posisi Procurement atau lingkup industri : bersaing dengan lulusan teknik industri

dan masih banyak posisi lainnya..

Nah lho, dari posisi di atas aja kita bisa tau seberapa banyak saingan anak manajemen saat mereka melamar kerja. Maka dari itu, setiap lulusan manajemen harus punya keunggulan atau skill yang menonjol sehingga bisa bersaing dengan para pelamar lainnya yang tidak hanya dari mahasiswa satu jurusan, tapi juga di luar jurusan mereka.

Nah, itu dia dua alasan kenapa sih jurusan manajemen itu dianggap overrated. Apakah ada alumni manajemen yang ngerasa relate juga? kalau ada komen di bawah aja ya🤭.. Semoga artikel ini bisa menjadi pertimbangan temen-temen calon maba atau para orang tua ketika memilihkan jurusan kuliah anaknya.

Kalau mau lebih dalam tentang jurusan manajemen kelas internasional di Telkom university bisa banget buka artikel Kenal Lebih Dekat dengan Prodi ICT Business yaa, atau DM ig @adelahasna juga boleh😉

Anyway, terima kasih sudah baca sampai akhir. See you on my next post, Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *