Kenal Lebih Dekat dengan Prodi ICT Business

Halo!

Kamu udah tau tentang prodi ICT Business, belum? Kalau masih bingung dan bertanya-bertanya, stay di blog ini yaa! dengan senang hati saya bantu kenalin..

International ICT Business merupakan satu dari sepuluh program studi kelas internasional di Telkom University. Oia, sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai ICT Business, teman-teman bisa akses website resmi Telkom University (https://telkomuniversity.ac.id/) untuk mendapatkan info lebih lanjut mengenai kampus yaa.

Lalu, apasih prodi International ICT Business?

Prodi ini termasuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Telkom University dan sudah terakreditasi A. Secara singkat, ICT Business merupakan prodi yang mempelajari manajemen dan bisnis yang berbasis digital. Dalam perkuliahannya, prodi ICT Business menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar. Di ICT Business, mahasiswa dituntut harus mengikuti perkembangan industri, tentunya terkhusus di bidang Telekomunikasi dan Informatika. Prospek kerja dari lulusan ICT Business luas banget lho, mulai dari bidang industri, pertelekomunikasian, fintech, perbankan, entrepreneur, dan bidang-bidang lain yang membutuhkan spesialisasi ICT. 

Terus apa dong bedanya sama prodi lain? Mari kita bahas beberapa keunggulannya ya

Belajar 3 Kelompok Keahlian

Pada prodi ICT Business, nantinya teman-teman akan mendapatkan mata kuliah dari 3 kelompok keahlian sekaligus, yang terdiri dari:

KK Financial Accounting Studies (FAS);

yaitu kelompok keahlian yang akan mempelajari mengenai keuangan dan akuntansi

Strategy, Human, Entrepreneurship, Economics (SHEE);

yaitu kelompok keahlian yang akan mempelajari mengenai economic and policy studies; human capital and talent development; strategic management and decision making; dan start up and small business development

ICT Based Management (IBM).

yaitu kelompok keahlian yang akan mempelajari mengenai pemasaran, perilaku konsumen, manajemen operasi, manajemen kualitas, manajemen rantai pasok, data analytics, sistem informasi, dan security. 

Tenang saja, teman-teman tidak perlu khawatir dan bingung harus memilih mata kuliah mana yang akan diambil, namun nantinya pihak prodi akan mem-paketkan mata kuliah di setiap semesternya untuk kita enroll. 

Ruangan Kelas

Kelas internasional punya ruangan kelas yang berlokasi di Gedung Kuliah Umum (GKU) – Gd. Tokong Nanas. Semua kelas internasional dari berbagai fakultas biasa ditempatkan disana dan terbatas pada lantai 8 dan 9 saja. Kami punya dua jenis kelas, yaitu kelas dengan tata letak classroom pada umumnya (di lantai 8), dan kelas dengan tata letak letter U (di lantai 9). Fasilitas yang didapatkan di dalam kelas yaitu AC, Smart TV, infocus dan layarnya, serta papan tulis kaca. Ruangannya nyaman, luas, dan adem pokoknya hehehe. Tapi ya.. kalau lift nya ngantri banget, teman-teman harus siap-siap untuk kuat naik tangga sampai lantai 8 ataupun 9 wkwkwk.

kelas prodi ICT Business Telkom University
Ini ruangan kelas Letter U (Lantai 9)
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Oia, di lantai 9 juga ada Student Lounge (SL) yang bisa temen-temen pake untuk belajar atau ngerjain tugas, lho. Tempatnya nyaman, ber-AC, banyak kursi, dan juga banyak colokan untuk nge-cas. Pokoknya kalau nugas udah paling cocok kesini sih hahaha.

International Exposure dan Fasilitas Akademik

Gak hanya untuk ICT Business sih, tapi semua kelas internasional punya beberapa fasilitas terkait international exposure yang diberikan oleh kampus. Beberapa diantaranya, yaitu Edu Trip, Student Exchange, Joint/Double Degree Program, Summer/Winter School, dan masih banyak lagi. Telkom University juga sudah bekerjasama dengan berbagai university partner di banyak negara untuk international exposure ini, lho. 

Salah satu program Student Exchange (Sumber: Website ICAO)

Info lebih lanjut mengenai internasional exposure bisa teman-teman akses di website ICAO Telkom University ataupun di website International Office Telkom University yaa

Sertifikasi Nasional dan Internasional

Di program studi ICT Business, semua mahasiswanya diharuskan untuk mengikuti sertifikasi internasional maupun nasional. Sertifikasi ini penting lho, terutama untuk kepentingan melamar pekerjaan setelah lulus hihi. Terkait sertifikasi internasional, mahasiswa ICT Business perlu mengikuti Sertifikasi Lean Six Sigma (LSS) – Green Belt. Pelaksanaan sertifikasi ini nantinya akan dibagi menjadi 2 semester, yang masing-masing semester nya akan berlangsung selama 1-2 Minggu. 

Tingkatan Sertifikasi Lean Six Sigma
(Sumber: Six Sigma Global Institute)

Sedangkan sertifikasi nasional yang diikuti tersedia dari beberapa skema, yaitu accounting, IT Business Analyst, IT Project Management, Financial Risk Management, Business Requirement Analysis (BRA), Human Resource Management, Marketing, dan Qualified Risk Management. 

Anyway, untuk teman-teman yang sedang atau akan menjalani sertifikasi, semangat yaaa, semoga kompeten dan lulus!

Kesempatan untuk ketemu teman dan dosen dari luar negeri

Kelas internasional di Telkom University gak hanya terbatas untuk WNI lho, namun teman-teman mahasiswa dari luar negeri juga boleh banget kuliah disini. Nah, dengan adanya teman-teman dari luar negeri ini jadi ada kesempatan emas bagi kita-kita untuk bisa berkoneksi dengan mereka. Gak hanya dengan mahasiswanya, tapi di beberapa program kuliah-nya ada juga yang menghadirkan dosen dari luar negeri, salah satu programnya yaitu GLOW (Global Learning Week).

Setelah denger beberapa keunggulan dari prodi ICT business di atas gimana tanggapan kamu? berminat untuk ikut gabung? yuk! hehehe. Masih banyak kok keunggulan dan fasilitas lain yang belum disebutkan disini. Kalau kamu mau tanya-tanya lebih lanjut tentang prodi ini boleh banget tulisan komentar di bawah ya

Terima kasih sudah baca sampai akhir, see you on my next post! Bubye!

Share your love

12 Comments

  1. Hi, There’s no doubt that your website might be having web browser compatibility
    problems. When I look at your web site in Safari, it looks fine however, if opening in I.E., it has some overlapping issues.
    I merely wanted to give you a quick heads up! Besides that, excellent blog!

  2. Have you ever thought about writing an ebook or guest authoring on other
    blogs? I have a blog based upon on the same ideas
    you discuss and would love to have you share some stories/information. I
    know my audience would value your work. If you are even remotely interested, feel free to send me an e mail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *