Jelajahi 5 Peluang Karir International ICT Business di Industri Digital

Udah tau belum kalau peluang karir di prodi International ICT Business itu banyak banget? yuk simak artikelnya untuk tau apa aja peluang karirnya!
Share this post!

Udah tau belum kalau peluang karir prodi International ICT Business di Telkom University itu banyak banget? yuk, simak artikelnya untuk tau apa aja sih peluang karir di prodi ini, terutama di industri yang serba digital seperti sekarang ini. 🤭

Bisnis yang serba digital dan teknologi yang terus menerus berkembang menciptakan peluang karir di industri digital semakin luas lagi. Kita semua pasti tahu bahwa dunia udah nggak bisa lepas dari yang namanya teknologi, terutama di era digital seperti sekarang ini.

Lalu, apa sih yang dibutuhkan oleh mahasiswa untuk bisa punya peluang karir di industri digital ini? 🤔

Mungkin banyak dari temen-temen yang masih ada di bangku SMA, yang masih bingung sebenarnya program studi seperti apa sih yang bisa memperbesar peluang kita untuk berkarir di industri digital.

Kalau kamu termasuk diantaranya, baca artikel ini sampai habis ya karena ada kabar gembira untukmu. Saya mau kasih tau beberapa peluang karir di industri digital yang bisa kamu dapatkan jika belajar di program studi International ICT Business Telkom University Bandung. Yuk!🤭

Kok Harus Industri Digital?

Temen-temen tau nggak sih, bahwa industri digital tuh udah ngerubah segalanya di kehidupan kita?

Secara gak sadar, hampir semua yang kita lakuin sudah melibatkan teknologi, lho. Mulai dari belanja, pesen makanan, nonton film, bahkan konsultasi kesehatan pun semuanya bisa temen-temen lakuin hanya dengan menggunakan smartphone.

Di sinilah peran industri digital masuk. Bisnis dari berbagai sektor semakin butuh teknologi untuk berinovasi, mempermudah proses, dan meraih pelanggan. Dengan begitu, semakin banyak perusahaan dan bisnis yang akan bergantung pada teknologi untuk mengatur segala aktivitas mereka.

Jadi, bayangin aja deh, kalau kamu bisa jadi pionir atau yang ahli di bidang ini, masa depan karirmu bakal cerah banget! 🚀

Kenalan dengan Prodi International ICT Business di Telkom University

Temen-temen udah pada tau belum, bahwa Telkom University punya program studi bernama International ICT Business?

Baca Juga  3 Cara Mencatat Menggunakan IPad Versiku

Yup, program studi ini bisa jadi tiketmu untuk masuk ke industri digital yang serba canggih, lho. Kenapa sih harus prodi ini? Karena mereka nggak hanya fokus pada teknis aja, tapi juga ngajarin kamu tentang bisnis di balik teknologi.

Secara singkat, International ICT Business merupakan prodi yang mempelajari manajemen dan bisnis yang berbasis digital. Untuk tahu info lebih lanjut mengenai program studi ini, temen-temen bisa membuka artikel yang berjudul Kenal Lebih Dekat dengan Prodi ICT Business atau langsung mengunjungi website resmi Telkom University yaa!

Di artikel ini, kita akan fokus untuk membahas peluang karir yang bisa temen-temen dapatkan jika belajar di prodi International ICT Business yaa, cekidot!😎

Peluang Karir International ICT Business di Industri Digital

Jelajahi 5 Peluang Karir International ICT Business di Industri Digital

Ranah Utama Manajemen

Sebagai bentuk kelas internasional dari prodi MBTI (Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika), sudah bisa dipastikan temen-temen yang belajar di prodi ICT Business punya peluang karir di ranah utama manajemen.

Yaitu, marketing (pemasaran), finance (keuangan), operation (operasional), dan Human Resource (SDM). Keempat bidang itu sudah pasti temen-temen akan pelajari di mata kuliah yang akan diambil selama kuliah. Jadi, semua ilmu nya bisa temen-temen pakai sebagai bekal untuk melamar kerja di ranah manajemen. 🧳

Keempat ranah ini juga sudah bisa dipastikan ada di semua sektor perusahaan, lho. Mau temen-temen ngelamar kerja di Start Up, BUMN, atau bahkan UMKM sekalipun pasti membutuhkan 4 ranah manajemen ini yang peluangnya gak akan ada habisnya..

Pakar Analisis Data dan AI

Data udah jadi harta karun di dunia digital. Kamu bisa jadi analis data (data analyst) dan pengembangan kecerdasan buatan (AI) yang bisa bikin banyak hal jadi lebih cerdas dan efisien. Di prodi ini, kamu akan belajar untuk menggali potensi dari Big Data dan merancang solusi cerdas menggunakan AI, lho. 👩🏻‍💻

Beberapa mata kuliah yang akan temen-temen pelajari yang berhubungan dengan peluang karir ini, antara lain: Big Data and Data Analytics (4 SKS); System and Analysis Design (3 SKS); Digital Economy (3 SKS); AI for Business (4 SKS), dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Edutrip: Liburan Singkat ala Anak Kelas Internasional Telkom University

Manajemen Proyek Teknologi

Kuliah di prodi ini bisa banget jadi orang yang mengendalikan jalannya proyek teknologi dari awal sampe akhir, lho. Kalo kamu suka jadi orang yang punya peran penting dalam tiap langkah, peluang karir ini akan cocok untukmu.

Meskipun ranah karir ini merupakan peluang karir bagi mahasiswa program teknik industri, namun tidak menutup kemungkinan kalau mahasiswa prodi International ICT Business juga bisa melamar di pekerjaan sejenis ini, lho. 🤭

Terdapat beberapa mata kuliah, seperti Operation Management (4 SKS), Supply Chain Management (3 SKS), dan Projet Management (3 SKS) yang akan temen-temen pelajari di prodi ICT Business untuk bisa melamar di posisi ini.

Selain itu, temen-temen juga akan mendapatkan sertifikasi Internasional, yaitu Lean Six Sigma (dengan tingkatan Green Belt) yang bisa menjadi nilai tambah (value lebih) saat kamu melamar di posisi karir ini.

Pengembang Aplikasi dan Software

Dalam ranah ini memang temen-temen tidak diajar untuk menjadi developernya, tapi temen-temen juga bisa ikut andil dalam ranah ini di posisi UI/UX designer atau pada business developmentnya. 📊

Ada beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari untuk memperdalam ranah karir ini, yaitu Design Thinking (4 SKS) dan Creative Thinking in Business (3 SKS).

Pada mata kuliah tersebut temen-temen akan mendapatkan tugas untuk membuat produk digital dan biasanya banyak dari mahasiswa yang akan memilih untuk membuat desain aplikasi. Secara gak langsung dan mau tidak mau, kita akan mempelajari bagaimana desain suatu aplikasi dan apa saja fitur yang bisa memberikan solusi atau manfaat untuk para user (pengguna) suatu aplikasi.

Pada mata kuliah ini, saya punya pengalaman untuk mengulik lebih dalam mengenai UI/UX design di software Figma untuk tugas tersebut.

Entrepreneur

Mau punya bisnis sendiri juga bisa banget lho! Baik itu di ranah industri digital maupun konvensional, temen-temen pastinya akan mendapatkan banyak mata kuliah yang bisa mendukung jiwa entrepreneur-mu.

Ada cukup banyak alumni prodi International ICT Business yang punya bisnis sendiri bahkan punya startup nya sendiri, lho.


Nah, itu dia beberapa peluang karir yang bisa kamu dapatkan melalui prodi International ICT Business di Telkom University. Gimana? menggiurkan banget kan peluangnya? udah tertarik untuk belajar di prodi ini? Tunggu apalagi?! 🤩

Terima kasih sudah baca sampai akhir, see you on my next post! Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *