5 Manfaat Hidup Tanpa TikTok: Happy Tanpa Scroll!

Pernah nggak temen-temen kepikiran untuk berhentic scroll Tiktok? kira-kira apa manfaat hidup tanpa tiktok? simak pengalaman saya disini yuk!
Share this post!

Pernah nggak sih temen-temen kepikiran untuk berhenti menonton Tiktok? kira-kira apa manfaat hidup tanpa tiktok? simak pengalaman saya disini yuk!

Siapa di antara temen-temen yang sudah akrab dengan TikTok? Aplikasi yang satu ini memang lagi naik daun banget dan bahkan hampir semua orang punya aplikasinya di smartphone mereka. Tapi, pernah nggak terpikirkan oleh temen-temen apa yang bisa kamu dapatkan dengan hidup tanpa TikTok?

Yuk, kita bahas lima manfaat yang bisa kamu nikmati kalau kamu memilih untuk menghindari serbuan swipe dan scrolling TikTok. Siap? Ayo mulai!

Manfaat Hidup Tanpa Tiktok

Anyway, kelima manfaat ini adalah manfaat-manfaat yang saya rasakan selama hampir satu bulan lebih memutuskan untuk menghapus aplikasi TikTok di smartphone.

Sebelum akhirnya hapus TikTok, saya adalah orang yang bisa dibilang kecanduan TikTok bangeet. Dalam sehari, (yang paling parah) saya bisa buka TikTok total 5 jam sehari. Kacau banget gak tuh?🤧

Setelah akhirnya menyadari banyak banget waktu yang terbuang, saya pun akhirnya nyaman hidup tanpa aplikasi tersebut. Sekarang udah sekitar satu bulan lebih tanpa TikTok dan ternyata masih bisa happy-happy aja kok Alhamdulillah..

Hehehe, itu tadi sedikit sharing pengalaman aja siapa tau temen-temen juga bisa merasakan manfaat yang saya rasakan dari hidup tanpa tiktok, yuk cekidot!

5 Manfaat Hidup Tanpa TikTok: Happy Tanpa Scroll! - Ahasna

Lebih Fokus dan Produktif

Dalam era digital yang serba cepat ini, TikTok bisa menjadi pencuri waktu yang berbahaya. Bayangkan kalau waktu yang biasa temen-temen habiskan di TikTok dialihkan untuk melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat, seperti mengejar hobi baru, belajar hal baru, atau bahkan menyelesaikan tugas-tugas yang tertunda.

Baca Juga  Mencoba Gor Bikasoga, Gimana Lapangannya?

Memang sih ada banyak konten di TikTok yang membahas mengenai berbagai tips produktivitas yang bisa kamu coba. Tapi kalau hanya ditonton tanpa dieksekusi bukannya sama aja ya? 🙈

Konten-konten itu bisa banget kok jadi motivasi kamu untuk lebih produktif, tapi sebisa mungkin untuk coba kamu langsung eksekusi yaa!

Banyak kok hal yang bisa kamu coba, misalnya cobain lebih sering berolahraga, cobain lari marathon, memulai menulis blog, dan masih banyak lagii. Dengan hidup tanpa TikTok, kamu bisa mendapatkan fokus yang lebih baik dan meraih tingkat produktivitas yang lebih tinggi, percaya deh..

Lebih Banyak Waktu untuk Interaksi Sosial Nyata

TikTok mungkin menghubungkan kamu dengan berbagai konten seru, tapi jujur aja, interaksi sosial di dunia nyata tetap lebih berharga. Dengan menghindari TikTok, kamu bisa punya lebih banyak waktu untuk mengobrol, bertemu teman-teman, atau menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

Memang gak bisa disalahkan sepenuhnya sii, ada juga kok konten tiktok yang bikin keluarganya makin akrab lagi, lebih sosweet sama pasangannya, dan dampak baik lainnya ke suatu hubungan. Tapi, kehadiran kamu di dunia nyata untuk orang-orang yang kamu sayangi akan lebih berharga dibanding sebatas untuk konten aja, lhoo. Yuk, ajak mereka quality time! ☕️

Merawat Kesehatan Mental

Jujur aja, scroll FYP TikTok yang gak ada habisnya bisa banget untuk bikin kita kecanduan dan berdampak negatif pada kesehatan mental. Hidup tanpa TikTok memberikanmu kesempatan untuk menjauh dari eksposur berlebihan terhadap konten yang mungkin mengganggu suasana hati dan merusak citra dirimu.

Banyak dari temen-temen yang secara tidak langsung akan membandingkan diri sendiri dengan kehidupan para tiktokters yang serba perfect itu. Dan lama-kelamaan bisa bikin kamu kurang bersyukur, insecure, bahkan overthinking berlebihan, lhoo..

Baca Juga  3 Cara Mencatat Menggunakan IPad Versiku

Yuk, fokus aja sama dirimu sendiri sambil mengembangkan berbagai potensi yang ada di diri kamuu!😉

Meningkatkan Kreativitas

Dengan hidup tanpa TikTok, kamu bisa memiliki lebih banyak waktu dan ruang untuk mengembangkan kreativitasmu sendiri. Daripada menghabiskan waktu menyaksikan beragam tren dan tantangan di TikTok, coba alihkan perhatianmu untuk mengeksplorasi dunia kreatifmu. Mulai menulis, menggambar, atau bahkan memasak resep-resep baru yang menarik!

Atau.. kamu juga bisa mulai menonton atau dengerin podcast-podcast yang berbobot dari tokoh, ustadz, atau orang yang bikin kamu terinspirasi sebagai pengganti TikTok🤭

Menghemat Data dan Waktu

Memang enggak bisa dipungkiri, kalau TikTok bisa menjadi penguras data dan waktu yang signifikan. Hidup tanpa TikTok bisa membantu kamu menghemat kuota data dan memanfaatkan waktu dengan lebih bijak. Kamu bisa lebih leluasa browsing, streaming, atau melakukan aktivitas online lainnya tanpa khawatir kuota cepat habis.

Dengan konten FYP yang gak ada habisnya, bisa bikin kita scroll TikTok hingga berjam-jam lho. Dan itu juga yang saya rasakan selama buka TikTok. Tau-tau udah 2-3 jam aja scrollnya. Akhirnya banyak waktu yang kebuang deh..🥲


Jadi, teman-teman, hidup tanpa TikTok bukan berarti kamu ketinggalan dunia, kok! Malah sebaliknya, kamu bisa menikmati manfaat-manfaat luar biasa ini kan?

Jadi, apa kamu udah siap mencoba hidup tanpa TikTok dan meraih semua manfaat positifnya? Selamat Mencoba!🤩

Anyway, terima kasih temen-temen sudah baca artikel ini sampai akhir. Kalau temen-temen mau bertanya atau diskusi mengenai berbagai hal, boleh banget diskusi di kolom komentar yaa. Atau ketuk saya di DM IG @adelahasna yaa hehehe..

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *