Pengalaman Sidang Skripsi yang Menegangkan

Penasaran gimana rasanya menghadapi sidang skripsi? katanya menegangkan banget. Simak pengalaman saya saat sidang skripsi disini yuk!
Share this post!

Penasaran gimana sih rasanya menghadapi sidang skripsi? katanya sih deg-degan, takut, overthinking dan rasa-rasa lainnya. Emang iya ya? simak pengalaman saya saat sidang skripsi yuk! 🫣

Di awal bulan Juli 2023 ini, Alhamdulillah seorang Adela Hasna ini udah berhasil melewati ke-overthinking-an sidang skripsi, dan bisa dibilang, rasanya seperti naik roller coaster emosi.

Ada aja deh momen seru, momen deg-degan, hingga momen penuh senyum dan nangis yang membuat pengalaman sidang skripsi menjadi berkesan banget.

Perjuangan Mencari Judul Skripsi

Sebelum bercerita lebih lanjut tentang sidang, saya mau nyeritain sedikit tentang gimana saya milih judul skripsi yaa hehehe.

Ini adalah momen paling awal dan mungkin momen yang cukup bikin kepala pusing. Saya menghabiskan waktu berhari-hari mencari topik yang menarik dan relevan. Dari satu ide ke ide lain, kadang rasanya kayak gak ada ujungnya.

Pengen judul yang baru, tapi kok susah dapetin data nya. Pengen variabel nya banyak, tapi kok kayanya ribet. Pengen objek yang baru, tapi kepikiran gimana nanti nyebar kuesionernya. Dan pertimbangan-pertimbangan overthinking lainnya. 🥲

Tapi, Alhamdulillah setelah melalui pencarian yang panjang dan berdiskusi dengan dosen pembimbing, akhirnya saya menemukan judul skripsi yang pas dengan minat. Yaitu, “Pengaruh Faktor Demografi terhadap Literasi Keuangan (Studi pada Guru di Bandung Raya)”. Setelah menentukan judul, rasanya kayak mendapatkan pencerahan dalam hidup. Serius deh Hehe!

Persiapan Sidang Skripsi yang Menegangkan

Bersiap-siap untuk sidang, rasanya seperti berada di atas puncak gunung tertinggi. Kebayang nggak, rasanya kayak apa? Beneran deh, jantung berdebar kencang, tangan berkeringat, dan pikiran nggak karuan.

Beberapa hari sebelum sidang, saya makan tuh rasanya kayak formalitas doang biar gak pingsan, karena semua makanan yang masuk kerasanya hambar gitu.😌

Sama halnya sama kebanyakan mahasiswa, kita pasti mikirnya sidang adalah proses yang super duper menegangkan. Biasanya dimulai dari “katanya”.

Katanya bakal dicecar banyak pertanyaan susah oleh dosen penguji, katanya pertanyaan-nya akan susah, katanya presentasinya harus sempurna, katanya akan ditanya gimana cara ngolah data pakai software-nya, dan katanya-katanya lainnya. Relate kan?🤭

Baca Juga  Semester 5 di Kelas Internasional: Seru Banget Uy!

Gak ada yang salah kok dari semua katanya di atas, mungkin di beberapa situasi dan kondisi akan seperti itu. Tapi penting bagi kita untuk tidak terlalu overthinking dengan hal-hal yang belum kejadian.

Kalau dari saya pribadi, kunci biar “agak lebih tenang” saat sidang adalah mempersiapkan semuanya dengan baik sebelum sidang.

Untuk temen-temen yang masih bingung apa saja yang harus disiapkan untuk sidang skripsi, bisa baca artikel Persiapan Sidang Skripsi: Apa saja yang perlu disiapkan? yaa

Mulai dari mempersiapkan presentasi, sampai latihan menjawab soal-soal dari penguji. Temen-temen jangan cepet puas dengan latihan-latihan yang udah dilakukan. Gali terus skripsinya sampai ngerti di luar kepala. Setelah itu tinggal berserah diri sama yang di atas deh 😉

Sidang Skripsi: Momen Paling Menegangkan

Hari H sidang akhirnya tiba! Saya siap-siap berangkat dengan penuh semangat dan lumayan cemas. Alhamdulillah di hari itu saya mendapatkan jadwal sidang yang cukup pagi. Jadi gak terlalu overthinking sampai berlarut-larut seharian.

Pertama kali masuk ke ruang sidang, rasanya kayak masuk ke dunia lain (lebay tapi emang tangan dingin banget gak karuan). Momen itu, pokoknya nggak akan pernah terlupakan.

Sesaat memasuki ruangan, saya langsung mempersiapkan laptop dan menghubungkan laptop dengan projector untuk presentasi.

Saat presentasi, Alhamdulillah berjalan dengan lancar. Meskipun di beberapa momen rasanya lidah berbelit banget dan sempet beberapa kali ngeblank mau ngomong apa.

Tapi, Alhamdulillah dosen pembimbing memaklumi dan bilang “Tenang, tarik nafas dulu Del”. Simpel sih, tapi itu bikin saya tenang banget dan lancar sampai akhir presentasi. Sayang deh sama si ibu!😭.

Bisa diterapin juga nih di sidang skripsi temen-temen. Kalau lagi ngeblank dan ngomong berbelit-belit, take a deep breath dulu ya!

Setelah itu, sesi tanya jawab dimulai, dan pertanyaan demi pertanyaan mulai dilemparkan oleh dosen penguji. Gugup? Iya banget! Megang draft skripsi dan buka lembar demi lembar aja sampai gemeter 😭.

Alhamdulillah, semua pertanyaannya bisa dijawab dan dosen penguji juga memberikan masukan-masukan yang sangat berguna untuk skripsi saya.

Oia, saya mau sedikit menenangkan yaa. Kalau ada hasil yang kurang pas di skripsi-mu dan kamu udah lakuin yang terbaik, temen-temen gak perlu khawatir yaa. Karena pasti dosen penguji akan ngasih masukan dan berbagai ilmu baru tentang penelitian yang mungkin kamu belum tau.

Baca Juga  Masuk kelas internasional harus jago inggris?

Ada rasa lega banget ketika menjawab pertanyaan dengan sebaik mungkin, tapi kalau temen-temen memang keberatan untuk menjawab, gak apa-apa kok mengakui beberapa hal yang kalian belum sepenuhnya paham. Semangat yaa!🥳

Akhirnya, Dinyatakan Lulus!

Setelah sesi tanya jawab yang bikin deg-degan itu, saya harus menunggu sebentar di luar ruangan. Tidak terbayangkan bagaimana perasaan saat menunggu hasilnya. Asli deh rasanya mau nangis. Tapi, akhirnya pintu ruangan itu terbuka, dan dosen pembimbing keluar sambil tersenyum. “Selamat, kamu lulus” ucapnya.

Senang banget rasanya!😭 Rasanya seperti mendapatkan hadiah terindah setelah perjuangan panjang. Semua usaha, keringat, dan tangis selama menyelesaikan skripsi terbayar lunas saat itu juga. Bahkan, dosen penguji juga memberikan apresiasi atas penelitian yang udah saya lakuin.

Sesaat setelah dinyatakan lulus, air mata saya udah gak kebendung lagi. Terkesan lebay sih memang, tapi di pengalaman saya sendiri, sidang adalah momen pembuktian banget.

Momen bukti kalau saya bisa nyelesaiin semuanya meskipun ditinggal orang tersayang di beberapa minggu sebelum sidang🥲.

Berat banget sih, tapi Alhamdulillah bisa dilewatin juga huhuhu. Nah lho malah curhat🙈

Untuk Teman-Teman yang Akan Sidang

Bagi teman-teman yang akan segera menghadapi sidang skripsi, saya pengen bilang, jangan menyerah dan tetap berjuang yaa! Walaupun menantang, pengalaman sidang skripsi itu berharga banget. Ketika kamu melalui tahap ini, kamu akan merasa puas dengan apa yang kamu capai.

Ingat, kamu nggak sendirian kok. Mintalah dukungan dari teman-teman dan keluarga. Mereka akan menjadi sumber kekuatanmu ketika kamu merasa down. Semangat dan terus percaya sama diri kamu sendiri yaa!❤️

Penutup

Nah, itu dia pengalaman sidang skripsi yang pengen saya bagikan dengan temen-temen. Selain menjadi momen menegangkan, sidang skripsi juga membawa banyak pelajaran berharga, lhoo..

Bagi yang sedang menjalani proses ini, semoga cerita ini bisa menginspirasi dan memberikan semangat. Ingat, kamu pasti bisa melewatinya dengan baik!

Terima kasih banyak sudah baca sampai akhir ya, temen-temen boleh banget lho sharing gimana pengalamannya selama sidang skripsi di kolom komentar di bawah. Atau kalau ada yang mau tanya-tanya, kamu boleh sapa saya di DM IG @adelahasna 🤩

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *