Persiapan Sidang Skripsi: Apa saja yang perlu disiapkan?

Pernah merasa deg-degan dan overthinking ketika menyambut sidang skripsi? jangan khawatir, simak 5 hal yang kamu perlu siapkan di artikel ini yuk!
Share this post!

Pernah merasa deg-degan, overthinking, dan perasaan campur aduk ketika menyambut hari sidang skripsi? Jangan khawatir, simak 5 hal ini yang akan membantu dirimu dalam mempersiapkan sidang skripsi. Artikel ini juga berdasarkan pengalaman saya juga lho, hehehe. 🤫

Sidang Skripsi

Sidang skripsi merupakan momen di mana mahasiswa yang telah menyelesaikan penulisan skripsi akan mempresentasikan hasil penelitian dan temuannya kepada dosen pembimbing dan dosen penguji (biasanya terdiri dari beberapa dosen lain).

sidang skripsi - Persiapan Sidang Skripsi: Apa saja yang perlu disiapkan?

Tujuan dari sidang skripsi ini adalah untuk menguji sejauh mana pemahaman temen-temen terhadap materi skripsi, metode penelitian yang digunakan, dan kemampuan dalam menyampaikan informasi secara jelas dan sistematis.

Selama sidang skripsi, mahasiswa biasanya akan diminta untuk mempresentasikan skripsinya dalam bentuk slide presentasi, dan kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan dari dosen penguji terkait penelitiannya. Pada akhir sidang, penguji akan memberikan penilaian apakah skripsi dan presentasi tersebut telah mencapai standar dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan gelar sarjana.

Berdasarkan pengalaman saya pada sidang skripsi di bulan Juli lalu, ada beberapa hal yang perlu temen-temen persiapkan, diantaranya:

Persiapkan Slide Presentasi untuk sidang

Dalam hal ini, temen-temen perlu mempersiapkan slide presentasi dengan jumlah slide yang tidak terlalu banyak. Umumnya, durasi presentasi sidang skripsi hanya berkisar 10-15 menit tergantung kampusnya.

Di prodi saya (International ICT Business, Telkom University), presentasi sidang berkisar kurang lebih 10 menit. Kalau dilihat dari durasi presentasi ini rasanya akan terlalu singkat jika dibandingkan dengan tebal halaman skripsi yang sudah kita buat. Maka dari itu, penting bagi temen-temen untuk memilah mana saja bagian yang perlu dimasukkan dalam slide presentasi.

Untuk isi dari slide presentasi, saya pribadi mengacu pada template presentasi yang diberikan Bu Ira pada konten Youtubenya, temen-temen bisa akses di link ini ya:

Setelah mendownload template-nya, temen-temen bisa langsung sesuaikan dengan isi skripsimu yaa. Yang di-copas “isi” nya aja ya, kalau untuk desain template nya kamu bisa cari yang lebih menarik lagi di Canva ataupun SlidesGo 😉

Perlu diingat, isi materi pada slide tidak boleh terlalu banyak kalimatnya, sebaiknya poin-poin pentingnya saja, okaay!😉 Pastikan slide presentasimu ringkas, jelas, dan informatif. Gunakan gambar atau grafik jika diperlukan untuk memperjelas ide-ide penting di skripsi-mu yaa.

Baca Juga  Jelajahi 5 Peluang Karir International ICT Business di Industri Digital

Sebagai referensi, ini adalah presentasi sidang yang saya buat kemarin. Bisa temen-temen perhatikan bahwa setiap slide yang saya buat tidak terlalu penuh dengan teks 😁.

Contoh PPT Sidang Skripsi

Siapkan Jawaban dari Setiap Kemungkinan Pertanyaan Penguji

Lagi-lagi, kamu bisa mencari pertanyaan-pertanyaan yang muncul di sidang skripsi dari kontennya Bu Ira di Youtube ataupun mencari di Tiktok.

Kamu tidak perlu khawatir, karena sudah banyak kreator yang membuat konten mengenai hal ini, lho. Bahkan tidak hanya memberikan list pertanyaan, tetapi mereka juga menyediakan jawaban dari setiap pertanyaannya.

Disclaimer: Dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, temen-temen harus menyesuaikan jawaban dengan isi skripsimu yaa, jangan asal jiplak jawaban dari konten-konten Youtube ataupun tiktok yang sudah kamu tonton 😉.

Setelah kamu menemukan berbagai pertanyaan, coba masukkan pertanyaan di word ataupun google doc. Lalu, coba kamu jawab disana. Setelah menjawab semua list pertanyaan, baca berulang kali sembari memastikan kesesuaian jawaban dengan isi skripsimu yaa.

Jika dibaca berulang, insyaAllah perlahan kamu akan paham dan mulai bisa mengelaborasi jawaban-jawaban dari kemungkinan pertanyaan sidang 🤩.

Pasti banyak dari temen-temen yang overthinking mengenai pertayaan-pertanyaan apa yang akan dikeluarkan penguji pada saat sidang. Tenang, semua orang (dan saya pun juga) punya ketakutan yang sama sepertimu kok. Takut gak bisa jawab, takut gak ngerti pertanyaannya, dan lainnya adalah hal yang umum. Tapi, selagi temen-temen sudah mempersiapkan semuanya dengan baik, InsyaAllah bisa kok!

Latihan Presentasi dan Simulasi Sidang

Ini langkah yang menurut saya penting banget dan gak boleh dilewatin sama temen-temen. Apalagi kalau presentasi sidang-mu menggunakan bahasa inggris (mahasiswa kelas internasional can relate wkwkwk 🤣).

Meskipun presentasi-mu saat sidang nanti gak akan diperhatiin 100% oleh dosen penguji, tetep penting bagi kita untuk bisa presentasi dengan lancar dan punya manajemen waktu yang baik. Karena hal ini juga akan menjadi first impression yang dilihat para penguji, sejauh mana persiapan dan pemahaman skripsi kita.

Lalu, cara simulasinya gimana?

Coba pasang timer dengan durasi 10 menit, lalu presentasi seakan-akan kamu sedang berada di depan dosen penguji. Setelah latihan berulang dan track record kamu udah gak lebih dari 10 menit, sekarang coba temen-temen tanya ke diri sendiri dan coba jawab (pertanyaan penguji) yang udah disiapkan di langkah kedua tadi.

Baca Juga  Gimana Caranya Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Untukmu?

Atau kamu juga bisa minta tolong temen kamu untuk berperan sebagai penguji. Jadi tugas dia adalah nontonin presentasi-mu dan memberikan pertanyaan (dari list yang sudah disiapkan) setelah presentasimu selesai.

Saya pribadi menggunakan metode ini, yaitu dengan menggunakan Google Meet ataupun presentasi secara tatap muka di depan teman saya. Kami berdua juga saling presentasi, jadi selalu bergantian untuk berperan sebagai penguji hehehe 😆.

Di sela-sela jeda latihan, kamu bisa evaluasi dari presentasi-mu sebelumnya. Kira-kira apa yang masih kurang pas dan apa yang harus diperbaiki.

Bagi temen-temen yang presentasinya dalam bahasa inggris, kamu bisa banget untuk bikin script presentasinya terlebih dahulu ya. Di awal-awal latihan, coba baca script sembari menyesuaikan durasi presentasinya. Setelah itu, coba perlahan pahami poin-poin atau hafalin apa saja yang harus dijelaskan sampai kamu bisa presentasi dengan percaya diri tanpa script sama sekali.

Ayoo, semangatt pejuang sidang kelas internasional! 🥳

Istirahat yang cukup dan Jaga Kesehatan

Sekeras apapun kamu berlatih untuk sidang, penting bagi temen-temen untuk tetap punya waktu istirahat yang cukup dan badan yang sehat. Jangan terlalu memaksakan diri untuk terus berlatih ya, beri juga badan kamu istirahat yang cukup 💪🏻.

Jika badanmu kurang fit atau kurang istirahat pada hari H sidang, kamu bisa saja kekurangan fokus dan kurang bisa berfikir jernih, lhoo. Pikiran yang segar akan membantumu dalam melakukan presentasi dan menjawab pertanyaan sidang dengan baik.

Tawakal dan Berdoa

Selain latihan dan persiapan (ikhtiar), doa juga merupakan hal penting yang gak boleh temen-temen lewatkan. Coba deh minta orang tua untuk mendoakan kelancaran dan kemudahan untuk sidang skripsi-mu. Minta doa dari temen-temen terdekatmu, doi (kalau punya🤧), guru-guru, ataupun dosen pembimbingmu. Dan jangan lupa untuk doakan dirimu sendiri.

Bagi yang muslim, selagi temen-temen sudah ikhtiar dengan maksimal, sisanya kamu bisa serahkan sama Allah yaa. InsyaAllah akan Allah permudah dan lancarkan selama sidang. Semangaatt!!🥳


Nah itu dia, 5 hal yang harus kamu persiapkan sebelum sidang skripsi. Terima kasih sudah baca sampai akhir dan semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi temen-temen yang akan menghadapi sidang skripsi dalam waktu dekat. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, boleh banget komentar di artikel ini atau DM di instagram @adelahasna yaa.

Semangatt dan Good luck untuk kamu para pejuang sidang!!! 🤭

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *