13 Tips Mengunjungi Wisata Danau Toba

Kamu lagi berencana untuk mengunjungi wisata Danau Toba di Sumatera Utara? Ini 10 tipsnya supaya liburanmu makin seru dan menyenangkan!
Share this post!

Kamu lagi berencana untuk mengunjungi wisata Danau Toba? Danau vulkanik terbesar di dunia yang terletak di Sumatera Utara ini memang punya keindahan alam yang cuaaantiiikk banget dan punya budaya Batak yang unik. Letaknya yang berada di tengah pulau Sumatra bagian utara dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter ini memang bikin para pecinta alam tertarik untuk mengunjunginya.

Sebagai orang yang cukup lama tinggal di Medan, Alhamdulillah aku udah sempat beberapa kali mengunjungi Danau Toba ini. Meskipun jaraknya cukup jauh dan harus menempuh kurang lebih 4 jam dari kota Medan, tapi indahnya pemandangan disini bikin trip-nya jadi terbayarkan banget. Pokoknya bagi teman-teman traveller dan pecinta alam, wajib banget untuk mengunjungi tempat ini.

Nah, supaya liburanmu makin seru dan menyenangkan, aku punya beberapa tips yang bisa temen-temen pakai saat mau berlibur ke Danau Toba, disimak yuk!😝

Berbagai Tips Mengunjungi Wisata Danau Toba

Rencanakan Perjalananmu

Pertama-tama, penting banget buat merencanakan perjalanan teman-teman dengan baik. Waktu terbaik untuk mengunjungi Danau Toba adalah antara bulan April hingga September. Karena pada periode ini, cuaca cenderung lebih kering dan cocok buat berbagai aktivitas outdoor. 

Tambahan Tips dari aku: kalau bisa, kamu perlu menghindari musim liburan sekolah dan libur nasional biar suasana disana nggak terlalu ramai dan menghindari macet berjam-jam. 🙈

Pilih Paket Wisata Danau Toba yang Pas

Biar perjalananmu lebih mudah, coba deh pakai layanan Paket Wisata Medan. Dengan paket wisata, kamu nggak perlu repot mikirin transportasi, akomodasi, dan itinerary, karena semuanya sudah diurus. Jadi, kalian bisa fokus menikmati liburan tanpa ribet. Tips ini juga akan berguna banget jika kamu adalah turis dari luar kota ataupun luar pulau, jadi sesampainya di Medan udah tinggal healing deh!🤭 

Baca Juga  6 Tips Trekking untuk Pemula, Berani Coba?

Harus Tau Berbagai Cara Menuju Danau Toba

Dari Medan, Ibu kota Sumatera Utara, kamu bisa ke Danau Toba dengan berbagai cara. Kalau pakai mobil atau bus, perjalanan ke Parapat (gerbang utama ke Danau Toba) biasanya memakan waktu sekitar 4-6 jam. 

Alternatif lainnya adalah teman-teman bisa melakukan penerbangan ke Bandara Silangit yang lebih dekat dengan Danau Toba. Dari sana, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan mobil atau bus hingga sampai di TKP

Pilih Akomodasi yang Nyaman

Di sekitar Danau Toba, terutama di Parapat dan Pulau Samosir, ada banyak pilihan akomodasi. Mulai dari hotel berbintang hingga penginapan yang lebih hemat. Kalau teman-teman mau merasakan pengalaman yang lebih lokal, coba deh menginap di homestay yang dikelola penduduk setempat. Dijamin, kamu bakal merasakan keramahan dan budaya Batak lebih dekat.

Eksplorasi Pulau Samosir

Pulau Samosir yang ada di tengah Danau Toba adalah destinasi yang wajib juga kamu kunjungi. Kamu bisa naik ferry dari Parapat untuk sampai ke sana. Di Pulau Samosir, ada desa-desa tradisional seperti Tomok dan Ambarita yang menawarkan pemandangan rumah adat Batak dan situs sejarah. Selain itu, teman-teman juga bisa bersepeda atau jalan kaki keliling pulau sambil menikmati pemandangan indah.

Cicipi Kuliner Khas Batak

Jalan-jalan nggak lengkap tanpa mencicipi makanan lokal, kan? 

Nah.. Di Danau Toba, ada banyak kuliner khas Batak yang bisa kamu coba. Beberapa di antaranya adalah arsik (ikan mas bumbu kuning), naniura (ikan mentah berbumbu asam), dan saksang (daging dimasak dengan darah dan bumbu khas Batak). 

Bagi teman-teman yang muslim, kamu bisa memilih pilihan makanan halal mereka seperti mie gomak dan lapet. Pastikan untuk sering bertanya tentang ke-halal-an makanannya ya gais!😉

Berbelanja Oleh-Oleh Khas

Jangan lupa beli oleh-oleh khas Batak untuk dibawa pulang. Ulos, kain tenun tradisional Batak, adalah salah satu yang paling terkenal disana. Selain itu, ada juga patung kayu, ukiran batu, dan kerajinan tangan lainnya yang bisa teman-teman temukan di pasar-pasar lokal seperti di Tomok dan Parapat.

Aktivitas Seru di Sekitar Wisata Danau Toba

Selain menikmati pemandangan dan budaya, ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sekitar Danau Toba. Mulai dari olahraga air seperti berenang, kayak, atau bahkan menyelam. Buat yang suka petualangan, mendaki Gunung Pusuk Buhit juga bisa jadi pengalaman yang menantang dengan pemandangan menakjubkan dari puncaknya.

Baca Juga  Tips Finansial Bagi Pasangan Muda yang Baru Menikah

Tips Fotografi di Danau Toba

Danau Toba punya banyak spot foto keren yang sayang banget untuk dilewatkan. Beberapa tempat terbaik untuk berfoto adalah Bukit Holbung, Huta Ginjang, dan Menara Pandang Tele. Jangan lupa bawa kamera dengan lensa wide-angle dan tripod untuk hasil foto maksimal, terutama saat sunset atau malam hari.

Hormati Budaya Lokal

Selama di Danau Toba, penting banget untuk menghormati budaya dan adat istiadat setempat. Orang Batak dikenal ramah, tapi kamu perlu tetap menjaga tata krama selama disana ya. Misalnya, saat mengunjungi rumah adat atau tempat-tempat sakral, berpakaianlah dengan sopan dan ikuti petunjuk dari penduduk lokal.

Sempatkan Diri Menyaksikan Pertunjukan Budaya

Selain menikmati keindahan alam dan kuliner, menyaksikan pertunjukan budaya Batak adalah salah satu cara terbaik untuk lebih mengenal budaya setempat. Tari-tarian tradisional dan musik gondang khas Batak sering ditampilkan di acara-acara khusus atau di beberapa tempat wisata seperti Tomok. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk melihat dan bahkan ikut serta dalam keceriaan budaya Batak.

Perlu kamu ketahui bahwa pertunjukkan budaya ini tidak rutin diadakan setiap hari, hanya pada momen-momen tertentu saja. Jadi, kalau ternyata pada saat kamu berkunjung bertepatan pada momen khusus tersebut, jangan dilewatkan kesempatan berharganya ya!😆

Jangan Lupa Membawa Perlengkapan yang Tepat

Terakhir, pastikan kalian membawa perlengkapan perjalanan yang tepat. Cuaca di sekitar Danau Toba bisa berubah-ubah, kadang panas dan kadang dingin banget, jadi kamu perlu membawa pakaian yang sesuai untuk cuaca panas ataupun dingin. Jangan lupa membawa perlengkapan medis dasar, kamera, dan tentu saja, semangat petualangan ya gais!🤭

Manfaatkan Paket Tour Medan

Ini tips tambahan dariku, biar perjalanan temen-temen lebih nyaman dan terorganisir, nggak ada salahnya menggunakan jasa Paket Tour Medan, lho. Dengan paket tour, kamu bisa mendapatkan pengalaman wisata yang lebih terencana, mulai dari transportasi, akomodasi, hingga itinerary yang menarik. Liburan jadi lebih seru dan bebas stres!

Nah, itulah beberapa tips mengunjungi tempat wisata Danau Toba. Dengan perencanaan yang baik, kamu bisa menikmati keindahan alam, kekayaan budaya, dan berbagai aktivitas menarik di Danau Toba dengan maksimal. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo rencanakan perjalananmu sekarang juga dan nikmati pesona Danau Toba yang luar biasa!🤩

Terima kasih sudah baca sampai akhir ya! Bagi teman-teman yang mau tau tips travelling dan review tempat-tempat menarik lainnya, boleh banget mampir ke Categories Travelling & Foodies ya!✨

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *