Rutin Latihan Muaythai dan Tips latihan!

Hai, Halo semua!

Seperti yang udah saya janjikan di post sebelumnya, pembahasan latihan muaythai akan ada part 2 nya. So, here it is…

Eitss! sebelum itu, bagi kalian yang belum baca part 1 nya, baca dulu yaa..

Nih, tinggal di klik di sebelah yaa Pengalaman Pertama Kali MuayThai

Walaupun hari pertama muaythai bikin saya sakit-sakit badan sampai seminggu, hal itu tidak membuat saya kapok latihan muaythai. Tentu, malah bikin saya semakin rajin latihan.

Kenapa nggak kapok? karena efek saat DOMS nya udah sembuh adalah badan jadi lebih segar dan ringan. Bukan perasaan ringan aja, tapi beneran langsung nurunin berat badan sekilo, Hahaha!. Percaya nggak? Bahkan awalnya saya nggak percaya bisa secepat itu nurunin berat badannya.

woman-wants-to-lose-weight-vector-18534047
Sumber: Google

Setelah sekitar 1 bulan rutin latihan (seminggu dua kali), berat badan saya perlahan turun 4 kg. Sebuah pencapaian yang sungguh luar biasa sebagai seorang perempuan hahaha. Tapi 4 kg itu tidak didapat secara instan, tentunya selain rajin latihan muaythai, saya juga mengurangi asupan gorengan (terutama gehu dan bala-bala yang enak kalau dimakan sore-sore apalagi pas masih panas-panasnya). Oke lanjut.

strong-man-silhouette-vector-17659070
Sumber: Google

Selain menurunkan berat badan, latihan muaythai yang rutin membuat badan kita lebih kuat dan lebih kebal terhadap penyakit. Ya intinya imun tubuh kalian insyaAllah akan semakin kuat. Otot-otot juga perlahan akan membentuk, walau perubahannya tidak se-signifikan kalau kalian olahraga angkat beban. Untuk yang perempuan, mungkin akan lebih lambat pembentukan ototnya. Tapi, kalau untuk laki-laki kemungkinan latihan muaythai akan cukup ngebentuk otot-otot tubuh kalian. Otot yang akan paling kebentuk tentunya otot tangan dan kaki.

Latihan rutin muaythai juga meningkatkan kemampuan fleksibilitas kalian. Awal-awal latihan muaythai, saya bahkan nggak bisa nyentuh jari kaki dengan keadaan kaki lurus. Kurang lebih gambarnya kayak gini:

677407915
Sumber: Google

Nah, saya awalnya nggak bisa ngelakuin hal itu karena emang udah jarang olahraga semenjak SMA. Setelah rutin latihan, sekarang saya bisa ngelakuin hal tersebut dan bahkan bisa nyium lutut dengan posisi kaki lurus. Kalian ada yang bisa juga, nggak? Hahaha. For your information, latihan fleksibilitas itu penting, guys. Beberapa manfaatnya adalah bisa mengurangi resiko cedera selama kegiatan olahraga dan sehari-hari, bisa mengurangi stres pada otot, dan membuat otot dan sendi menjadi lebih sehat. 

Tapi menurut saya, semua manfaat diatas tidak begitu efektif kalau kalian melakukan latihannya secara terpaksa. Jadi, sebisa mungkin kalian harus enjoy dengan rutinitas latihan nya. Kalau kalian kurang nyaman di tempat latihan A, coba cari referensi tempat latihan lain supaya kalian bisa menikmati latihan sepenuhnya. Kalau kalian latihannya bukan karena kepaksa, latihan ini bisa mengurangi stress dan bikin mood kalian bagus. Percaya deh! XD. Apalagi kalau latihannya ditemenin doi, HEHE.

cartoon-character-cute-muay-thai-boxer_49924-4
Sumber: Google

Nah itu dia beberapa manfaat dari banyak manfaat latihan rutin muaythai. Sebelum post ini selesai, saya mau kasih tips nih untuk yang mau rutin latihan Muaythai.

Tips yang mau rutin latihan Muaythai

  1. Cari tempat latihan yang membuat kalian nyaman dan ketagihan latihan.
  2. Set target utama kalian “agar badan lebih sehat dan kuat dari sebelumnya”. Target nurunin berat badan nya coba dikesampingkan dulu, karena insyaAllah seiring berjalannya waktu akan turun juga kok berat badannya. Jadi kalian nggak pusing mikirin kenapa berat badan nggak turun-turun.
  3. Harus tau batas kemampuan tubuh kalian. Kalau badan masih capek, jangan dipaksain buat latihan karena nantinya malah memperburuk kondisi fisik kalian.
  4. Jangan begadang di malam sebelum latihan karena kalian akan kekurangan energi dan malah bikin kalian kecapean yang berlebihan sewaktu latihan.
  5. Kalau mau makan sebelum latihan, maksimal 2 jam sebelum latihan. Karena makanan yang kalian konsumsi itu butuh proses untuk dijadikan energi yang bisa kalian pakai sewaktu latihan.

Mungkin segitu dulu cerita di post ini. Oia, maaf kalau tulisan kali ini terbilang sedikit, guys. Tapi insyaAllah udah tersampaikan semua kok cerita nya. Terima Kasih udah baca sampai akhir.

Yang mau ngobrol, silahkan follow instagram saya dan DM apapun yang kalian mau obrolin, nih linknya:

https://www.instagram.com/adelahasna/

Sampai jumpa dipost selanjutnya!

Bubye!

Share your love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *