Sekilas tentang Kelas Internasional di Telkom University

Hai, Halo lagi! kali ini saya mau bahas tentang kelas internasional di Telkom University nih. Kenapa bahas ini? Karena menurut saya hal ini harus diketahui oleh semua siswa yang ingin mendaftarkan dirinya ke Telkom University. Udah ah, kebanyakan basa basi nya nih hahaha. Cus! Mari kita mulai!

Apa sih kelas internasional itu?

Pada dasarnya kelas internasional adalah kelas yang semua serba-serbinya akan berhubungan dengan hal “internasional”. Entah itu bahasanya, mata kuliahnya, dosennya, programnya, bahkan teman sekelasnya. Semua serba-serbi ini akan saya jelaskan lebih detail beberapa paragraf setelah ini ya.

Sumber: http://talkaxel.blogspot.com/2018/11/telkom-university.html

Sebelum itu, saya mau kasih tahu apa aja sih jurusan di Telkom University yang ada program kelas internasionalnya. Nih.. (sumber: https://smb.telkomuniversity.ac.id/kelas-internasional/)

  1. Fakultas Teknik Elektro (FTE)
    • S1 Teknik Telekomunikasi
    • S1 Teknik Eleketro
  2. Fakultas Informatika (FIF)
    • S1 Informatika
  3. Fakultas Rekayasa Industri (FRI)
    • S1 Teknik Industri
    • S1 Sistem Informasi
  4. Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB)
    • S1 International ICT Business
  5. Fakultas Komunikasi & Bisnis (FKB)
    • S1 Ilmu Komunikasi
    • S1 Administrasi Bisnis
  6. Fakultas Industri Kreatif (FIK)
    • S1 Desain Komunikasi Visual

Oke, setelah tau apa saja jurusan yang ada program kelas internasional nya, sekarang waktu yang tepat nih untuk ngejelasin apa yang membedakan kelas internasional dengan kelas reguler.

Bahasa

Bahasa perkuliahan di kelas internasional tentu menggunakan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Di kelas, mau tidak mau harus menggunakan bahasa Inggris. Berdasarkan pengalaman saya, pada awal masuk perkuliahan memang cukup asing dan terbilang sulit untuk membiasakan berbahasa Inggris. Tetapi, karena dosen juga mengajarkan dengan bahasa Inggris, lama-kelamaan kita akan terbiasa dengan kebiasaan berbahasa Inggris di kelas.

Mata Kuliah

Mata kuliahnya pun diajarkan dengan Bahasa Inggris. Jadi, buku sumber yang digunakan pun biasanya akan direkomendasikan untuk mencari buku berbahasa Inggris (berstandar internasional). Karena mata kuliah nya diajarkan dengan bahasa Inggris, tentunya saat kalian UTS dan UAS soal nya jawabannya juga harus pakai bahasa Inggris, hehehe.

Sumber: https://bba.telkomuniversity.ac.id/id/kuliah-umum-oleh-prof-veland-ramadhani-internalization-entrepreneurship/img_20161028_085211-2/

Teman dan Dosen

Kalau kalian masuk kelas internasional, ada kemungkinan kalian bisa sekelas dengan WNA loh hahaha. Walaupun persentase kemungkinannya kecil ya guys. Nah, kalau soal dosen pastinya kalian akan dipertemukan dengan dosen-dosen terbaik dari yang terbaik. Karena dosen untuk kelas internasional pastinya punya kemampuan berbahasa inggris yang muantap pol.

Program dan Fasilitas

Ini dia beberapa keunggulan program dan fasilitas yang akan kamu dapat jika masuk kelas internasional,

  • Tersedianya student lounge
  • Edu Trip
  • Student Exchange
  • Joint/Double Degree Program
  • Free English Course
  • Kelas Berkarpet (Bentuk letter U dan bentuk kelas seperti biasa)
  • Smart TV dan AC tiap kelas

Bagi kalian yang mau tau penjelasan program-progamnya boleh nih kepoin di link ini

https://smb.telkomuniversity.ac.id/kelas-internasional/

Biaya Perkuliahan

Untuk soal biaya, dengan berbagai program dan fasilitas yang telah disediakan, tentunya akan membuat biaya kuliah per semester nya akan lebih mahal daripada kelas reguler. Walau mahal, tapi sepadan kok dengan situasi kelas, dosen, dan berbagai program dan fasilitas lainnya. Atau istilah lainnya worth it, kok.

Nah, itu dia sekilas tentang beberapa hal yang membedakan kelas internasional dan kelas reguler. So? Masih ragu mau pilih kelas internasional di Telkom University? Hehehe. Yuk, sini Yuk!.

Woke! Mungkin cukup sekian post kali ini. Terima kasih yang sudah baca sampai akhir. Yang mau ngobrol, silahkan follow instagram saya dan DM apapun yang kalian mau obrolin, nih linknya:

https://www.instagram.com/adelahasna/

Sampai jumpa di post selanjutnya!

Bubye!

Share your love

9 Comments

  1. Mantap mbak jurusannya.
    Ada yg ingin saya tanyakan ttg jurusan ini.
    Satu angkatan/satu kelas mbak Ahasna ada berapa orang? Dan jalur pendaftarannya bagainana ?

    • Halo mas, maaf baru kebaca komentarnya, untuk prodi ICT Business yang angkatan saya (2019) ada sekitar 72 orang seangakatannya mas. Kalau jalur pendaftaran lewat jalur manapun bisa kok, tapi ada juga jalur khusus kelas internasional mas

  2. Halo kak, saya ingin bertanya beberapa hal, kakak kelas internasionalnya jurusan apa dan mau tau apa banyak yang minat sama kelas internasional teknik elektro pas kakak kuliah ?, dan apakah b inggris mediocre bisa survive di kelas internasional atau harus b inggris yang advance ? Terima kasih

    • Halo Dane, saya ada di prodi International ICT Business. Sejauh ini, untuk kelas internasional kalau tidak salah peminat paling banyaknya di prodi bisnis ini. Saya kurang tahu kalau peminat kelas inter yang tek. elektro, tapi kalau angkatan 2019 peminatnya tidak terlalu banyak (yang saya tahu). Untuk skill bahasa inggris yang mediocre bisa survive kok, saya juga gak jago2 banget bahasa inggrisnya hehe

    • Halo Tia, maaf baru kebaca ya komentarnya :(.Kalau untuk beasiswa aku kurang tahu pasti ada atau enggaknya, tapi kamu bisa coba cari tahu di website smb telkom university, atau coba hubungi bagian administrasi yaa, semoga membantu 😉

  3. Wah saya barusan dari artikel masuk kelas international harus jago bahasa inggris, langsung penasaran gimana suasananya eh mampir kesini hha.

    Wah dilihat-lihat keren banget ya Kak kelas international ini, jadi bisa ketemu orang yang berasal dari berbagai daerah atau wilayah baik di Indonesia ataupun luar negeri. Wah kalau saya masuk disitu dan kelasnya wajib bahasa inggris, auto melongo saya hha.

  4. whoah this blog is wonderful i really like reading your articles. Keep up the great paintings! You realize, a lot of people are hunting round for this info, you could help them greatly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *