Ikut Bandung Run 2019

Hai Semua!

Saya lagi bingung, nih. Iya bingung mau nulis apa di blog ini. Sebenernya banyak sih yang mau saya tulisin di sini, tapi bingung mau mulai dari mana. Jadi mungkin cerita ini bakal random bgt untuk dibaca, tapi ya semoga bagi kalian yang penasaran gimana rasanya ikut lari marathon, gak jadi mati penasaran ya! hehe

Langsung aja ngomongin Bandung Run ya, soalnya event-event lari pada umumnya tuh mirip-mirip sistem nya.

Sumber: Facebook Bandung Run

Bandung Run ini adalah acara lomba lari yg diadakan dalam memperingati hari jadi Kota Bandung yang bertepatan pada tanggal 25 September. Kalau tanggal 25 nya bukan hari weekend kemungkinan acaranya bakal digeser ke hari sabtu atau minggu biar pada bisa ikut. Acara Bandung Run sendiri pertama kali diadakan pada tahun 2018 which is ini tahun kedua mereka adain lomba lari ini.

Sejujurnya awalnya sy gak pernah kepikiran buat ikutan event lari semacam ini, tapi udah pernah tau kalau di “dunia” ini ada event kayak gitu. Beberapa teman yang saya kenal memang ada yang udah sampai ikut komunitas lari dan ikut berbagai lomba.

Jadi gini, pada suatu hari…

saya diajakin dan “diracunin” oleh beberapa instruktur gym buat ikutan event ini.

“Ayo lah Del, kapan lagi ikut ginian”

“Buat pengalaman aja, mumpung medalinya A nih”

Anyway, medali yang mereka kasih di tiap event itu sesuai dengan kata B-A-N-D-U-N-G. Jadi, karena ini event yang diadakan di tahun kedua mereka otomatis medalinya dikasih huruf A (huruf kedua dari kata Bandung).

Tanpa pikir panjang karena udah terlanjur keracunan, akhirnya sy memilih untuk ikutan HEHE. Event Bandung Run 2019 ini menawarkan dua kategori lomba yaitu 5K (5km) dan 10K (10km). Tentu saja saya pilih yang 5K karena masih pemula banget (re: cupu). Harga untuk kategori 5K itu Rp253.000 (dapet kaos, string bag dan waist bag)

Ini semua yang didapet dari harga segitu

IMG_20190928_205541.jpg

H-2 lomba saya disuruh sama instruktur gym untuk jalan cepat sejauh 5 km biar nanti pas lomba kakinya gak kaget banget dan menghindari overtraining. Waktu itu saya coba jalan cepat di saparua dan Alhamdulillah kesampaian 5 km dengan waktu yang gak melebihi cut off time (1,5 jam). Btw, cut off time itu batas akhir waktu si pelari biar dapet medali. Jadi, kalau lebih dari 1,5 jam ya pelari nya gak bakal dapet apa-apa dari lomba lari ini yang ada capek doang wkwkwk.

H-1 lomba saya disuruh istirahat total katanya biar energi untuk lomba nya kekumpul.

Pas lomba….

Saya ikutan lomba lari ini bareng sama instruktur dan temen-temen gym jadi gak sendirian bgt pas lari. Gak kebayang sih kalau sendiri mungkin kalau pingsan gak ada yang gotong kali yak wkwkwk. Alhamdulillah aman sejahtera sih pas lomba berlangsung. Saya berhasil menyelesaikan 5 km dalam waktu 48 menit waktu itu. Sebenernya gak jelek-jelek amat sih kalau untuk pemula hehe (tetep sombong). Di sepanjang lomba saya lebih banyak jalan cepat nya dibanding lari hehe, kalau lari terus gak kuat boz :(.

Event lari ini jadi pengalaman yang baru bgt bagi saya karena seru banget!! kalian harus coba!. Cape tuh gak kerasa klo lagi lari bareng-bareng gitu. Banyak juga kok yang bawa anak kecil, jadi bisa seru-seruan juga disini. Kalau mau fokus ke juara podium sih beda cerita lagi ya hehe. Capek tuh kadang tiba-tiba ilang kalau kalian tiba-tiba kesusul sama banyak orang, ketutup gengsi terus jadi semangat lagi deh hahaha. Mungkin bagi kalian yang mau ikutan event lari semacam ini bisa coba di 5K dulu, lalu kalau udah biasa pindah haluan ke 10K. Bagi orang yang gak terbiasa lari atau jalan cepet mungkin bakal ngerasa pegel-pegel dan cape sehari setelah lomba. Tapi itu wajar kok karena otot kalian mulai ngebentuk dan adaptasi. istilah untuk hal ini adalah DOMS atau Delayed Onset Muscle Soreness. Mungkin bisa dicari sendiri ya biar bisa meminimalisir rasa sakitnya. Jadi, jangan takut buat nyoba-nyoba event lari kaya gini ya! emang seseru itu!!!!

Anyway, ini foto medalinya

LRM_EXPORT_122902097569156_20190929_092517462.jpeg

Mungkin segitu dulu cerita hari ini. Random bgt ya? hehehe. Kita lanjut lagi nanti ya..

Terima kasih sudah membaca sampai akhir, boleh dong sharing juga pengalaman event lari pertama kalian di kolom komen hehe. See you on the next post, bubye!

 

Share your love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *