Edutrip: Liburan Singkat ala Anak Kelas Internasional Telkom University

Penasaran gimana rasanya mengikuti program edutrip untuk kelas internasional di Telkom University? Simak pengalaman edutrip-nya disini yuk!
Share this post!

Penasaran dengan program edutrip yang difasilitasi kampus untuk kelas internasional Telkom University? Simak pengalamannya disini yuk!

Educative Trip (Edutrip)

Program Educative Trip (Edutrip) merupakan salah satu program outbound mobility yang ditawarkan Telkom University kepada mahasiswa kelas internasional untuk mengunjungi beberapa universitas mitra, industri, dan cagar budaya negara tujuan dengan durasi 3-5 hari. Program ini juga merupakan salah satu program international exposure yang difasilitasi oleh International Office Telkom University.

Melalui program ini, mahasiswa kelas internasional akan mendapatkan pengalaman dan ilmu yang baru mengenai budaya, nilai, ataupun kultur di negara tujuan. Selain itu, mahasiswa juga akan diperkenalkan dengan wisata budaya ketika mereka memiliki kesempatan untuk mencicipi makanan tradisional, berbelanja produk khas, dan mencari tau lebih dalam warisan budaya lokal.

Destinasi yang saya kunjungi yaitu Malaysia dan Singapura. Mau tau apa saja destinasi yang kami kunjungi dan gimana keseruan programnya? simak artikel ini sampai akhir, yuk!🤭

Rangkaian Kegiatan (Day 1)

Terminal 3 Soekarno Hatta – Kuala Lumpur International Airport

Terminal 3 soekarno hatta adalah terminal yang melayani penerbangan domestik maupun internasional. Di tempat ini, semua peserta edutrip berkumpul untuk melakukan checkin bagasi, check imigrasi, dan pada akhirnya melakukan penerbangan ke Kuala Lumpur, Malaysia. Dengan menggunakan pesawat air asia airlines, semua peserta edutrip menempuh waktu selama kurang lebih 2 jam untuk sampai di Kuala Lumpur International Airport.

Selama di penerbangan, peserta edutrip disediakan sarapan berupa Nasi Lemak. Sejujurnya, di momen itulah saya baru pertama kalinya mencicipi nasi lemak.

Rasanya gurih, rendangnya juga enak, topping dan pelengkap lainnya juga oke kok. Awalnya lidah emang cukup kaget untuk nerima rasanya, tapi lama kelamaan eh kok enak juga. Apa karena laper ya🤣

Sesampainya di Malaysia, para peserta dijemput menggunakan bis dan van. Kami juga diperkenalkan dengan Makcik Nur sebagai tour guide edutrip selama di Malaysia. Lalu, perjalanan dilanjutkan dengan menyantap makan siang di Dapur Gorjes yaitu restoran lokal terdekat dari bandara.

Baca Juga  Kuliah Online Katanya

Alhamdulillah, makanan yang dihidangkan bersifat parasmanan. Jadi, para peserta bisa sesuka hati memilih menu apa yang mereka suka dan bisa refill jika memang porsinya kurang hihi🙈

Chocolate Factory

Destinasi pertama yang dikunjungi setelah makan siang adalah Beryl’s Chocolate Kingdom, yaitu salah satu pabrik coklat yang populer di Malaysia. Tempat ini menjual coklat dengan berbagai rasa yang unik, beberapa varian favoritnya yaitu rasa Tiramisu, Almond, Durian, dan Cabai.

Mereka juga menyediakan tester dari setiap coklat yang mereka jual sehingga para pengunjung dapat mencicipi rasa dari coklatnya sebelum mereka membeli. Selain itu, mereka juga menawarkan promo bundle, seperti beli 5 gratis 1 coklat dan promo-promo menarik lainnya.

Saat itu, saya membeli varian coklat mereka rasa Almond. Enaaakk bangeett. Coklatnya pekat dan isian almondnya juga besar. Gak terlalu kemanisan, pokoknya kalau temen-temen kesini juga harus beli yaaa😖

Batu Caves

Setelah puas berbelanja coklat, peserta edutrip melanjutkan perjalanan ke Batu Caves. Dilansir dari Kumparan.com, Batu Caves adalah suatu bukit kapur yang mempunyai serangkaian gua dan kuil gua dan dijadikan sebagai tempat ibadah bagi umat agama Hindu. Gua alam ini berada di bukit yang berada 120 meter di atas permukaan laut dan terletak di distrik Gombak, Kuala Lumpur.

Di tempat ini terdapat sebuah patung besar yaitu patung Dewa Murugan. Tinggi patungnya mencapat 42,7 meter dan untuk mencapai ke kuil, pengunjung harus menaiki 272 anak tangga. Pemandangan bukit kapur yang indah dan banyaknya burung merpati di area ini juga bikin destinasi ini jadi cantik banget lhoo 🤩

Di tempat ini, para peserta diberikan waktu untuk melakukan foto bersama dan foto pribadi lalu selanjutnya melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya.

Genting Highland

Setelah melakukan perjalanan selama kurang lebih 1 jam dari Batu Caves, peserta edutrip sampai pada destinasi berikutnya yaitu Genting Highland. Yaitu area wisata yang terdiri dari hotel, kasino, dan themepark yang terletak di puncak dengan ketinggian sekitar 1.800-2.000 meter di atas permukaan laut. Untuk sampai ke puncaknya, peserta edutrip berkumpul terlebih dahulu di Genting lower station untuk menaiki cable car.

Baca Juga  Ini Alasan Kenapa Jurusan Manajemen Overrated

Pengalaman naik cable car ini adalah pengalaman yang gak akan pernah saya lupain🙈. Karena kita bisa menikmati pemandangan gunung yang indah dan udara yang sejuk. Sebenernya, rasanya mirip-mirip naik gondola di ancol (ehh) tapi bedanya lebih menantang karena perjalanan nya nanjak dan curam banget, dan dilengkapi view yang gokil abiiss!! 😍

Perjalanan di cable car kurang lebih memakan sekitar 15-20 menit untuk sampai di Genting Sky Avenue. Di tempat ini, peserta edutrip diberikan free time selama 1 jam yang dapat dinikmati untuk berfoto ataupun berbelanja.

Setelah melakukan foto bersama di depan Skytropolis (Indoor theme park), kemudian para peserta menaiki cable car untuk kembali ke lower station. Perjalanan pulang di cable car ternyata lebih menegangkan karena hari sudah mulai malam dan pemandangan sudah ditutupi dengan kabut yang super tebal 🤧.

Sesampainya di Genting lower station, peserta edutrip langsung kembali ke bis untuk selanjutnya menyantap makan malam di restoran lokal.

Pada saat makan malam, kita sudah disuguhkan dengan berbagai menu yang ditaruh di atas meja dengan kapasitas kursi 4 orang. Jadi, tinggal nyantap aja deh. Makanannya juga enak-enak dan cocok banget di lidah kita, ditambah karena udah laper banget seharian jalan ya kan..🤭

Setelah makan kita langsung menuju ke hotel untuk istirahat. Sebelum masuk kamar, peserta akan diinfokan mengenai pembagian kamar dan penyerahan kunci kamarnya. Setelah itu? tiduurrr! karna cape banget udah seharian jalan hahaha..😴

Nah, itu dia recap perjalanan hari pertama di malaysia. Gimana? seru kaan!! Tenang, masih banyak kok keseruan lainnya yang gak kalah seru di hari kedua dan berikutnya. Untuk tau kelanjutnya, staytune di website ini yaa! Insyaa Allah akan saya post di next postnya.

Terima kasih sudah baca sampai akhir. Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai kelas internasional atau ajakan kerjasama boleh banget DM IG @adelahasna yaa.

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *