Pemula dalam Berhijrah? Ini 3 Kajian Ustadz yang Cocok Untukmu

Ada niat berhijrah atau berubah menjadi lebih baik? Simak artikel ini untuk tahu 4 kajian ustadz yang cocok untuk kamu tonton secara rutin, yuk!
Share this post!

Apakah temen-temen ngerasa “kayanya udah waktunya aku hijrah deh”? atau udah ada niat untuk “berubah” ke arah yang lebih baik? Simak artikel ini untuk tahu 3 kajian ustadz yang cocok untuk kamu tonton secara rutin, yuk!

Assalamu’alaikum, temen-temen! 👋🏻

Hijrah? Mulai sekarang yuk!

Hijrah menurut bahasa memiliki dua arti, pertama secara zhahiriy, yaitu perpindahan dari suatu tempat menuju ke tempat yang lebih baik. Dan kedua secara ma’nawiy, yaitu perubahan dari satu kondisi kepada kondisi yang lebih baik. Hijrah yang berakar kata hajara juga memiliki arti meninggalkan/menjauhkan diri (bekasikab.go.id)

Hijrah memang gak se-mudah seperti membalikkan telapak tangan kita. Ada banyak step by step atau ikhtiar yang perlu kita lakukan untuk benar-benar bisa istiqomah dalam berhijrah. Salah satu ikhtiarnya adalah menuntut atau mencari lebih banyak ilmu agama. Tidak hanya dari majelis ilmu (kajian), tetapi ilmu agama juga bisa kita dapatkan dari perkuliahan, komunitas, dan lain-lain.

Di artikel ini, saya akan membahas mengenai 3 ustadz yang cocok untuk kamu yang akan memulai perjalanan hijrahnya. Disclaimer dulu, referensi ini didapat berdasarkan berbagai penilaian pribadi dari cara penyampaian dan materi yang dibawakan oleh beliau-beliau ini. Selamat menyimak!🤩

Tiga Rekomenadi Ustadz untuk Hijrah Pemula

Ustadz Hanan Attaki (حَفِظَهُ الله تعالى)

Siapa yang tidak kenal Ustadz Hanan Attaki? Beliau ini dikenal merupakan “spesialis” da’i para kaula muda Indonesia, lho. Materi yang beliau bawakan biasanya menyinggung kehidupan para remaja saat ini. Penyampaiannya yang lembut dan diselingi dengan bercandaan (yang sesuai konteks) membuat Ustad Hanan Attaki selalu ditunggu-tunggu untuk mengisi kajian di berbagai kota.

Baca Juga  Anak Kos Wajib Tau, 3 Resep Masakan Ala Restoran di Kosan pakai Royco Saus Tiram

Dakwah yang beliau lakukan biasanya disesuaikan dengan penyampaian yang akan diterima para remaja, dimulai dari diksi (pemilihan kata), tutur kata, dan tidak “men-judge” para pendengarnya secara berlebihan. Dengan begitu, kita sebagai pendengar akan merasa relate dengan apa yang beliau sampaikan dan berpotensi dakwahnya lebih diterima di benak kita.

Temen-temen bisa mulai ikut menonton rekaman kajiannya di youtube atau mengikuti kajian rutinnya dari @ayah_amanah yang diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia. Cobain sekali aja deh, nanti bakal ketagihan untuk terus ikut kajian beliau🤭

Ustadz Adi Hidayat (حَفِظَهُ الله تعالى)

Temen-temen ngerasa nggak kalau kelembutan dan bicara dengan nada yang rendah membuat ustadz Adi Hidayat menjadi pendakwah yang bisa diterima oleh semua kalangan, lho. Baik yang baru akan memulai hijrah sampai dengan mereka yang memang sudah istiqomah di jalan Allah ﷻ.

Potongan-potongan kajian beliau yang tersebar di berbagai media sosial membuat kita akan merasa relate dengan apa yang beliau sampaikan. Namun, ada baiknya jika teman-teman tetap mendengar kajiannya secara utuh dari awal sampai selesai agar tidak terjadi kesalahpahaman yaa..😉

Teman-teman bisa menonton rekaman kajian dari official youtube beliau atau juga bisa mendatangi jadwal kajian beliau secara offline. Qadarullah, saat ini beliau lebih sering mengisi kajian di sekitar Jakarta. Meskipun tidak se-sering di Jakarta, tapi di beberapa kesempatan, beliau juga mengisi kajian di berbagai kota, kok. Seperti misalnya di Bandung, beliau rutin mengisi kajian yang diselenggarakan di Masjid Trans Studio Mall Bandung, dan kota-kota lainnya.

Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri (حَفِظَهُ الله تعالى)

Tema materi yang disampaikan oleh Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri pada setiap kajiannya bersifat sederhana tapi mendalam. Banyak materi yang kita perlukan untuk kehidupan sehari-hari dan dikupas secara mendalam oleh beliau. Tutur katanya yang lembut dan nada bicara yang tidak terburu-buru juga menjadikan para pendengarnya merasa tenang ketika mendengar dakwah dari beliau.

Baca Juga  Jenis Bahan Bakar yang Digunakan Kendaraan Bermotor

Temen-temen bisa mendengar kajian ustadz Muhammad Nuzul Dzikri melalui kanal youtube resminya. Kalau lagi mau dengar tema tertentu, temen-temen bisa lihat-lihat playlist yang sudah dibuat oleh pihak manajemennya. Selain di youtube, temen-temen juga bisa follow instagramnya @muhammadnuzuldzikri dan akan menemukan potongan-potongan kajian dengan animasi yang ciamik!

Oia, kalau mau datang kajian beliau secara offline, temen-temen juga bisa datang ke kajian rutin beliau di Masjid Nurul Iman, Blok M Square Jakarta yang biasa diadakan pada Sabtu sore jam 17.00 sampai Isya (waktu adzan area Jakarta dan sekitarnya).

Nah, itu dia tiga rekomendasi ustadz yang cocok untuk kamu yang baru memulai perjalanan hijrah. Jika teman-teman punya rekomandasi ustadz lainnya yang menemani langkah hijrahmu, bisa tulis di kolom komentar yaa..🤭

Semangat hijrahnya temen-temen! Bismillah, semoga Allah permudah dan menguatkan kita untuk bisa terus istiqomah di jalan-Nya, Aamiin..😍

Terima kasih sudah baca sampai akhir dan semoga artikel ini bermanfaat!

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *