Review 4 Bulan Pemakaian Macbook, Worth it atau Enggak?

Sebagai mantan pengguna windows, aku mau cerita beberapa hal (suka dan duka) tentang bagaimana rasanya setelah 4 bulan memakai macbook. Aku akan bagi post ini dengan 3 hal yang aku suka dan 3 hal yang aku nggak suka (duka-nya) dari pemakaian macbook selama 4 bulan ini yaa. Yuk, disimak!

Pemakaian Macbook? Bisa Sat set sat set gan!

Macbook ini ringan dan gampang banget untuk dibawa kemana-mana. Badannya yg ramping ini bikin aku bisa kuliah dan ngedit desain di berbagai macam tempat. Kemaren pun dibawa mudik hehehe. Selain karena mobilitasnya, kecanggihan macbook yang nggak perlu di shutdown ini yang bikin aku bisa langsung ngerjain kerjaan tanpa nunggu loading screen yang lama. Suka banget pokoknya! Kalau di windows, kan kita akan lebih sering shutdown dibandingkan sleep-in laptonya kan? jadi gak bisa sat set sat set dehh huhuhu 🙁

Keyboard dan touchpad nya oke banget!

mengetik dengan macbook
Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Ini murni opiniku ya gais hihi. Keyboard nya macbook teh enak banget, enteng gitu mencetnya, no effort deh kalau bahasa jaman sekarang. Selain itu, touchpad nya juga oke bangeet! Ukurannya lebih lebar dari laptop pada umumnya, dan permukaannya mulus dan licin banget. Jadi enak juga di jari pas kita slide-slide touchpadnya.

Syncronize banget!

Sepertinya keunggulan ini memang apple yang punya ya. Alhamdulillah pemakaian macbok yang terhubung dengan ipadku memang membantu hampir 70% perkuliahan sehari-hari ku. Catatan-catatan kuliah yang aku tulis di ipad dengan sangat mudah tersinkron di macbook. Jadi gak perlu export-export dulu dan kirim via email. Tinggal buka aplikasi yang sama, dan boom! bisa dibuka dan dibaca lewat macbook deh. Alhamdulillah..

Gak bisa record suara internal

sebagai mahasiswa, aku dulu sering rekam penjelasan dosen sewaktu di kelas pakai software OBS. Softwarenya gratis dan pemakaiannya di windows juga gampang banget. Tapi semenjak pindah ke macbook, aku udah gak bisa rekam suara internal zoom atau suara apapun yang ada di dalam macbooknya. Bisa sih, tapi suaranya harus dikeluarin dari speaker macbooknya. Kalau di windows, kita tetep bisa rekam suara internal meskipun suaranya didenger lewat headset atau earphone kita. Denger-denger dari beberapa tutorial di youtube sih pihak apple memang tidak mengizinkan rekam suara internal karena alasan privasi dan keamanan, dan kalaupun tetep mau rekam suara internal, ya… harus bayar lagi huhuhu..

Beberapa software yang masih tidak kompatibel

Kendala ini sebenernya ada yang masih bisa ketolong dan ada yang enggak (artinya masih harus nunggu updatean software terbaru). Saking cepatnya perkembangan mac os, kadang beberapa software susah banget buat ngejar updatean mereka. Misalnya, di beberapa bulan pertama pemakaian, aku masih kesulitan untuk dapetin driver printer ku. Padahal secara logika, updatean mac os monterey ini udah terbilang gak terlalu baru lagi. Selain itu, ada juga beberapa software pendukung kuliah yang sering error pada saat pemakaiannya. 

Connect ke monitor? panas bund

pemakaian macbook dengan extended monitor
Photo by Jannis Brandt on Unsplash

Penggunaan monitor tambahan ini biasanya aku pakai kalau lagi presentasi kuliah ataupun doublemeet. Nah, kalau macbook sudah terhubung dengan monitor dalam waktu yang cukup lama, bagian atas macbook (di atasnya touchbar) udah mulai kerasa panas dan mulai bikin khawatir gitu deh hahaha. Alhasil akhirnya aku beli kipas portable yang selalu nyala kalau memang harus connect-in monitor dan macbook seharian. Aku kurang tau kondisi ini wajar apa enggak, tapi mungkin berpengaruh juga dari dongle usb c yang kalian pake. 

Nah itu dia 6 suka duka yang aku rasakan dari pemakaian macbook selama 4 bulan ini. Semoga post ini bisa membuka wawasan untuk jadi pertimbangan temen-temen windows yang akan beli macbook ya! Oia, selain itu aku juga udah pernah bahas beberapa tips bagi pengguna windows yang berencana buat beli macbook lho, jangan lupa dibaca disini ya!

Terima kasih banyak sudah mampir, see you on the next post! Bubye..

Share your love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *