Mau pindah ke macbook? Ini dia 6 tips bagi kamu pengguna windows yang mau pindah ke macbook!

Kalau punya laptop baru yang sesama windows mungkin temen-temen gak akan asing sama cara kerjanya, tapi gimana kalau ternyata kamu punya rezeki lebih untuk akhirnya memutuskan beli dan pindah ke macbook

Dari cara kerja, shortcut, fitur, aplikasi, dan hal lainnya pasti banyak banget yang berubah dan harus temen-temen pelajari. Disini saya mau ngasih beberapa tips yang bisa temen-temen pelajari untuk akhirnya bisa atau setidaknya menguasai laptop barumu itu🤭. Perlu kamu tahu kalau tips yang nantinya saya kasih ini sesuai pengalaman pribadi dan temen-temen juga harus bisa eksplor sendiri di luar dari tips yang saya kasih yaa😁. Berikut ini 6 tips pengguna windows yang mau pindah ke macbook:

Pelajari Shortcut Keyboard 

foto orang sedang menggunakan macbook
Photo by Štefan Štefančík on Unsplash

Seperti yang kita tahu, macbook didesain agar kamu bisa kerja atau nugas kapanpun dan dimanapun (mobilitas yang tinggi). Untuk itu, penting banget bagi kamu untuk belajar dan inget mengenai shortcut di macbook. Shortcut ini gak begitu jauh berbeda sama shortcut windows, biasanya bedanya cuman “ctrl” yang diganti sama “command”. Tapi ada beberapa shortcut yang juga hanya ada di macbook kok, jadi pelajari semua yaa😏. Ada banyak banget shortcut yang bisa kamu pelajari, dari mulai cara screenshot, spotlight, dan lain-lainnya. Temen-temen bisa pelajari di website resmi apple (https://support.apple.com/id-id/HT201236) atau juga di blog-blog lain yang mudah dipahami oleh temen-temen ya!.

Pelajari Trackpad Gesture

Ini poin yang penting banget!. Jujur, sebelum saya punya macbook, saya jarang banget pakai trackpad di laptop windows. Alias selalu pakai mouse dan gak bisa lepas dari mouse. Setelah punya macbook, harus mau gak mau belajar trackpad dan akhirnya Alhamdulillah sekarang udah bisa lepas dari mouse dan ngegunaian trackpad sepenuhnya.

Oia, balik lagi ke topik, teman-teman bisa pelajari trackpad gesture di settingan macbooknya, atau bisa juga belajar disini yaa. Awal-awal pasti bakal susah banget buat ingetnya, tapi gak apa-apa nanti juga bakal inget kalau terus diulang-diulang di kerjaan sehari-hari. Oia, kalau teman-teman beli macbook yang ada touchbarnya jangan lupa dipelajari juga ya fungsi-fungsinya.

Cari aksesoris seperlunya aja dan pilih yang terbaik

Saya tahu memang banyak banget racun aksesoris untuk macbook, dari case, anti gores, dongle, dan aksesoris lucu lainnya 😭. Sebenernya gak ada salahnya temen-temen beli aksesoris yang lucu-lucu itu. Tapi, saya saranin untuk beli aksesoris yang memang teman-teman butuh aja, misalnya dongle. Ada banyak pilihan dongle di luar sana dari yang agak mahal sampai mahal banget (gak ada yang murah ya bestie😌). Nah, saya nyaranin banget untuk pilih dongle yang sekalian bagus (sekaligus mahal juga hehe) dan punya review bagus di e-commercenya. InsyaAllah kalau teman-teman orangnya apik, bakalan lama kok kepakenya.

Pergunakan dock seefektif mungkin

Hayo, bagi yang belum tau, dock itu adalah deretan logo aplikasi yang posisi nya ada di bagian bawah layar kamu

Photo by Jonathan Kemper on Unsplash

Nah, teman-teman bisa custom dengan menambahkan aplikasi-aplikasi yang sekiranya selalu dibutuhkan cepat ketika membuka laptop dan menyingkirkan aplikasi-aplikasi yang gak terpakai dari dock. Dock ini berfungsi banget lho biar temen-temen gak perlu nyari satu-satu aplikasi yang bakal di buka dari launchpad.

Pelajari Finder

Finder ini semacam file explorernya di macbook. Pas pertama kali buka pasti kamu ngerasa aneh sama finder ini (saya pun juga begini). Sebenernya pada dasarnya fungsi dan cara kerjanya sama aja kayak file explorer, cuman agak lebih kompleks dan gak familiar bagi pengguna windows. Gimana cara belajarnya kak? bisa mulai dari kamu explore sendiri apa yang ada di finder. Kalau kebingungan bisa cari tahu apa fungsi dari masing-masing icon yang ada di kanan atas finder.

Pelajari Cara Merawat Macbook

Bukannya “men-spesialkan” macbook, tapi memang macbook ini agak “manja” dan butuh perawatan dari penggunanya. Memang sih laptop windows juga perlu dirawat, tapi ada beberapa poin seperti baterai yang perlu dirawat dengan baik di Macbook. Kan sayang juga kalau laptop yang udah mahal-mahal dibeli eh gak kerawat dan malah jadi gampang rusak. Saran saya coba pelajari tentang macbook di youtube, ada banyak banget yang sudah bahas gimana cara perawatannya, penggunaannya, dan tips lainnya. Saya pribadi mengunggulkan 2 kanal youtube, yaitu Brian Solid dan Wahyu Chihayanto. Mungkin temen-temen juga bisa search dan tonton video-videonya yaa

Nah itu dia 6 tips dari saya sebagai pengguna windows yang juga “murtad” ke macbook. Tips-tips ini masih terbilang terlalu sedikit untuk bisa mengenal ekosistem apple lebih jauh, jadi temen-temen masih harus eksplor sendiri yaa hihihi. Anyway terima kasih sudah mampir di blog ini, semoga blog ini bermanfaat, see you on the next post! 

Bubye!

Share your love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *