PENGALAMAN SELEKSI LO PKKMB TELKOM UNIVERSITY 2021

Sekitar pertengahan tahun lalu, Alhamdulillah saya dikasih kesempatan untuk jadi LO atau Liaison Officer di acara orientasi kampus, PKKMB Telkom University 2021. Perjalanan pengalaman jadi LO ini panjang banget, dari mulai proses seleksi di bulan April sampai akhir tahun 2021. Sampai hari ini pun belum ada sertifikat keikutsertaan jadi panitia, jadi belum bisa saya bilang tuntas 100% huhuhu.

Disclaimer: Cerita di post ini hanya fokus tentang proses seleksi LO PKKMB aja ya temen-temen, untuk pengalaman pas menjalankan tugasnya saya ceritain di post selanjutnya ya..😁

Kenapa Pengen jadi LO PKKMB?

Sebenarnya.., udah dari semenjak awal ospek pas maba dulu saya pengen banget jadi bagian dari kepanitiaan ospek. Dulu sih mencita-citakan jadi bagian dari divisi komdis atau bisa dibilang yang bagian marah-marahnya deh hahaha. Alhamdulillah di tahun kemarin akhirnya terlaksana juga jadi panitia ospek walau bukan di divisi komdis, tapi keterima di divisi LO. Sebenarnya di tahun 2020 udah pengen banget daftar panitia ospek, tapi ternyata ospeknya online jadi gak begitu tertarik, karena takut vibesnya kurang (ykwim hehe). Eh, di tahun 2021 kemarin juga ternyata online lagi. Akhirnya memutuskan untuk ikutan aja deh daripada gak pernah ngerasain sama sekali. 

Sebelum lanjut cerita mengenai proses seleksinya, bagi temen-temen yang belum paham tentang apa saja divisi yang ada di PKKMB Tel-U bisa cek post instagramnya yang ini ya..

Daftar divisi PKKMB 2021
Bisa diakses di Instagram Ditmawa yaa..

Proses Seleksi LO PKKMB Telkom University 2021

Di tahun lalu, pendaftaran kepanitiaan PKKMB ini dibuka dari tanggal 12-30 April 2021. Pada saat kita daftar, ada beberapa persyaratan yang harus saya penuhi dan harus mengisi pakta integritas, berikut ini saya lampirkan pamflet open recruitmentnya di bawah yaa. Seleksinya tuh terdiri dari 3 tahap, tahap pertama itu pendaftaran, tahap kedua tes kelayakan dan angket interpersonal, dan tahap ketiga diskusi/simulasi.

Setelah saya dinyatakan lolos di tahap pertama, di tahap 2 kita dikasih soal-soal interpersonal dan soal kelayakan panitia. Soal interpersonal itu semacam kuesioner psikologi gitu, sedangkan tes kelayakan itu kita ditanyain hal-hal umum tentang kampus, misalnya nama gedung, jajaran petinggi telyu, nama layanan di kampus, dan sebagainya. 

Di tahap ketiga, semua calon panitia yang lulus seleksi tahap 2 dikumpulin di satu zoom terus dikasih briefing untuk diskusi kelompok atau kita bisa bilang fgd (focus group discussion). Nah setelah di briefing, kita masuk ke breakout room dan bahas suatu topik yang berkaitan dengan PKKMB. Saran saya, di tahap 3 ini, teman-teman harus berani aktif dan memberikan pendapat karena semua keaktifan kalian akan jadi nilai plus agar bisa lulus seleksi. Tapi.. jangan agresif juga ya, kasih kesempatan buat orang lain untuk berpendapat juga. Nah, setelah melakukan 2 tes tadi, nantinya akan diumumin siapa yang fix jadi panitia PKKMB di tahun tersebut.

Spoiler Dikit🤫

Bagi temen-temen yang mau ikutan tahun ini (2022), aku saranin belajar tes kelayakan ini dari buku saku mahasiswa dan website resmi Telyu. Saya sedikit spoiler ya, selain 3 hal yang sudah saya mention di atas, teman-teman juga harus tahu tentang fakultas di Telyu (jumlah dan macam prodinya), sejarah Telyu, dan hal-hal umum tentang telyu deh pokoknya.

Nah, Itu tadi baru proses seleksinya ya gais hehehe. Gimana? gampang kan seleksinya? Sebenernya gak susah-susah banget kok temen-temen, yang penting komitmen pas menjalani prosesnya aja yang nomer satu. Cerita tentang pengalaman jadi LO nya saya lanjut di post selanjutnya, staytune! InsyaAllah akan saya post secepatnya (kemungkinan minggu depan), biar gak ketinggalan jangan lupa subsribe biar bisa dapet notifikasi email kalau saya post lagi ya, hehehe🤭

See you on the next post, Bubye!

Share your love

One comment

  1. I forget what I was searching for but I stumbled upon your site and loved it! Something about the content and layout that I felt compelled to give you some positive feedback. Anyway keep up the great work and have a pleasant day. 03sM5j_u33UT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *