5 Tips Kuliah Online untuk Maba – #MabaHarusTau

Hai semua, selamat datang di post pertama dari series blog #MabaHarusTau. Bagi yang belum tau tentang series blog #MabaHarusTau itu apa, bisa klik disini ya biar tau sekilas tentang series blog yang lagi aku bikin akhir2 inii..

Di post ini aku ada sedikit tips yang mungkin bisa membantu kalian ketika di awal kuliah online nanti. Oia, perlu diinget ini tips-tips yang berhasil untuk aku pribadi dan aku berharap semoga berhasil juga untuk kamu yang baca ini. Dibaca sampai akhir ya.. InsyaAllah bermanfaat kok 😉

Markimul… (Mari kita mulaii wkwkwk)

1. Catat seperlunya

Setiap kamu kuliah, kamu harus siapin pulpen dan kertas atau media tulis apapun untuk nulis hal-hal yang menurut kamu penting. Jangan tulis semua omongan dosen, karena nantinya kamu malah lebih sibuk nulis dibandingkan dengan mahamin materi nya. Aku pribadi dulu selalu nyiapin notebook dan pulpen setiap kuliah online, sekarang sih Alhamdulillah udah ada Ipad dan apple pencil yang selalu nemenin hehe. Selepas dari media apapun yang kamu pake, sebenernya pakai aja yang menurut kamu enak. Tapi aku saranin jangan di kertas hvs ya, karena takutnya bakal kececer dan gampang ilang2an. Kalaupun mau kertas, tulisnya di kertas binder aja, jadi bakal lebih rapih.

Eh iya lupa ngingetin, catetannya gak perlu rapi2 dulu kok, yang penting kamu paham apa yang kamu tulis. Kalau mau dirapiin lagi boleh, tapi jangan pas kelas ya. Kamu bisa rapiin lagi pas malemnya sekalian review ulang materi hehehe.

Oia, kalau kamu udah punya semua file presentasi dosen, dibuka aja file nya sambil kelas. Jadi, kamu nulis-nulisnya bisa langsung di file presentasinya. Bisa kamu highlight, atau catat poin atau kata kunci penting di ppt nya..

Nah, ini ada foto salah satu catatan aku selama kuliah online. Versi manual dan versi digital nih wkwkwk

Sumber: File pribadi

2. Kumpulin semua bahan belajar

Kumpulin disini artinya kamu harus punya semua jenis materi yang dosen kamu kasih. Ntah itu power point, e-book, atau soal-soal latihan. Kalau kamu tau dosen kamu gak akan ngasih ppt nya, coba kamu foto atau record layar device kamu pas beliau lagi nerangin. Gimana cara record layarnya, kak? aku pribadi pake OBS di laptop, gratis dan gampang juga pakenya. Keuntungan dari rekaman ini tuh kamu jadi bisa puter ulang penjelasan beliau kalau lagi bingung ngerjain tugas atau kalau mau review ulang materinya.

Oia, kalau di ppt dosen nya ditulis referensi buku yang beliau pake, coba kamu cari bukunya di internet dan download e-booknya. Kenapa harus didownload kak? karena kemungkinan buku ini akan dipake banget sma dosen kamu untuk jelasin materi selanjutnya atau untuk nyari contoh-contoh soal dan cara ngerjainnya.

3. Rapihin semua dalam satu folder

Sumber: File Pribadi

Apa aja sih yang harus kamu masukin di folder kuliah? Nah, coba kamu bikin folder untuk masing-masing mata kuliah dulu. Setelah itu, di masing-masing folder kuliah, coba buat 3 folder lagi untuk tugas, ppt, dan buku referensi nya (kalau ada). Kalau semua udah dimasukin rapi, nanti akan mempermudah kamu kalau lagi buru-buru nyari file tugas atau file kuliah. Bayangin aja kalau file kamu berantakan dan kamu lupa rename file tugasnya. Yang ada bete sendiri nyari gak nemu-nemu wkwkwk..

Atau…. kamu juga bisa bikin foldernya di google drive biar gak ilang-ilangan di laptop. Kelebihan pake google drive tuh kamu bisa akses file kamu di device manapun. Misal, laptop kamu lagi error, kamu bisa buka google drive nya langsung di HP. Tapi ya… harus usaha dikit sih, karena harus rajin2 upload ke google drive kalau ada file baru wkwkw..

4. Kerjain tugas kelompok secara online

Microsoft Office file editing is coming soon to “Google Docs, Sheets and Slides applications”
Sumber: ustimesnow.com

Secara online maksudnya gimana sih kak? iya, kamu kerjainnya bareng-bareng real time gitu..

Jadi, kamu bisa kerjain tugas kelompok pakai google doc, google spreadsheet, atau google slide. Keuntungannya pakai 3 fitur tadi tuh kamu bisa kerjain bareng-bareng secara langsung. Misal, temen kamu nulis soal nomer 1, kamu bisa sambil kerjain nomor 2 nya atau bantuin dia ngetik juga. Fitur-fitur yang aku sebutin tadi akan bermanfaat banget buat kamu biar kamu gak perlu kerjain sendiri-sendiri tugasnya terus baru digabungin, kerja dua kali cuyy wkwkwk..

Eits, tapi pastiin dulu semua anggota kelompok udah dibagi tugas atau bagiannya masing-masing ya, biar nanti gak saling nunggu pas ngerjain tugasnya. Kalau udah kayak gitu, InsyaAllah kerja kelompok kamu bakal efektif 😉

5. Be Active!

Sumber: istockphoto.com

Tips yang terakhir ini juga penting banget! Gak hanya berlaku untuk maba, tapi mahasiswa tingkat berapapun wkwkw..

Kuliah online ini minim banget interaksi dosen dan mahasiswanya, jadi.. biar kamu keliatan beda dari mahasiswa lain cobain deh aktif di kelas. Aktif disini bisa diartikan banyak hal, kamu bisa ngasih pertanyaan atau nanyain bagian materi yang belum paham, kasih masukan ke dosen, jawabin pertanyaan dosen, atau sekedar nanggepin dosen. Nanggepin disini maksudnya kalau dosen kamu nanya “ini suara saya terdengar nggak, ya?”, “presentasi saya apa sudah terlihat?” nah pertanyaan2 simpel kayagitu coba kamu jawab ya.. InsyaAllah di-notice kok sama dosennya.

Apapun jenis keaktifan mahasiswa tuh dosen suka, aku jamin. Beliau pasti bakal ngerasa dihargain dan didengerin. So,, mulai aktif yuk di kelas 🙂

Hehehehe, mungkin segitu dulu post hari ini..

Semoga post ini bermanfaat dan bisa diterapin di kehidupan perkuliahan kamu nanti ya :). Oia, kalau ada pertanyaan soal perkuliahan atau kelas internasional, boleh DM aku di instagram @adelahasna ya, InsyaAllah aku jawab2in satu-satu. Makasih udah baca sampai akhir ya, see you on the next post 😉

Bubye!

Share your love

5 Comments

  1. Waah, tipsnya sangat keren, Kak Adel. Selain maba atau mahasiswa baru tips ini ampuh untuk Mala atau mahasiswa lama. Terus menulis. Jangan kasih kendor. Sukses buat kak Adel..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *