4 Tahun Nulis Blog, Akhirnya Pecah Telor sebagai Blogger!

Empat tahun nulis blog, akhirnya pecah telor sebagai blogger. Simak cerita perjalananku untuk akhirnya bisa menghasilkan uang dari blog, yuk!
Share this post!

Bertahun-tahun nulis blog, akhirnya pecah telor sebagai blogger. Simak cerita perjalananku untuk akhirnya bisa menghasilkan uang dari blog ini, yuk!

Kalau temen-temen mencari tentang profesi blogger di google, pasti akan familiar dengan keyword “Apakah blogger menghasilkan uang?” atau “Bagaimana cara menghasilkan uang dari menulis blog” dan sejenisnya. 

Gak bisa dipungkiri kalau sebenarnya orang-orang yang mau mulai menulis blog atau menjadi blogger, pasti ada aja pemikiran ke arah sana.

Ada aja sih sebenarnya orang yang memang menjadikan blog sebagai hobinya untuk ditekuni lebih dari belasan tahun. Gokil sih itu. Anyway, mari kita mulai ceritanya..😆

Cerita singkat Awal Mula Nulis Blog Ini

Aku mulai menulis di blog ini, dengan domain adelahasna.com sejak tahun 2020. Dan Alhamdulillah pecah telor pas awal tahun 2024 ini.

Sebelum menulis disini, ada beberapa blog gratisan yang pernah aku tulis, yaitu adelahasna.wordpress.com dan pernah juga nulis di “Blogger” tapi domainnya udah ilang deh kayaknya🤣

Perjalanan yang puanjaanng banget untuk akhirnya bisa menghasilkan uang dari blog ini. Nominalnya mungkin belum ada apa-apanya dibandingkan blogger besar lainnya. Tapi, Alhamdulillah yang tetep bikin seneng adalah akhirnya “kerja keras” 4 tahun itu udah mulai terbayarkan.

Cerita singkat Awal Mula Nulis Blog Ini - 4 Tahun Nulis Blog, Akhirnya Pecah Telor sebagai Blogger!

Kalau ditanya se-kerja keras apa, aku juga masih banyak kurangnya. Masih belum konsisten ngepost, masih suka nunda nulis draft, ngebiarin blog berbulan-bulan tanpa upload artikel baru, bikin artikel yang asal jadi, dan drama-drama lainnya. 

Fluktuasi Naik-turun mood nulis pun udah gak kehitung lagi saking seringnya. Dan mungkin temen-temen blogger lainnya juga sering mengalami hal-hal semacam ini kan wkwkwkw 😬

Kamu juga blogger dan ngerasain hal-hal di atas? Tenang gais, insyaAllah akan tiba waktunya effort yang selama ini dikeluarkan akan terbayarkan kok🤭

Pecah Telor sebagai Blogger

Perjalanan seorang blogger untuk akhirnya bisa menghasilkan uang sebenarnya ada banyak cara, ada yang mulai dari adsense, freelance nulis artikel, content placement, sponsored post, lomba blog, nulis artikel backlink, dan lain-lain.

Baca Juga  3 Cara Mencatat Menggunakan IPad Versiku

Dari pengalamanku ini, Alhamdulillah aku sempat dua kali menang juara blog di tahun 2021. Tapi, aku belum ngerasa momen itu termasuk pecah telor karena lingkup lomba-nya masih terhitung kecil, yaitu hanya sebatas lingkup mahasiswa.

Artinya, di momen itu, aku merasa belum sepenuhnya berkompetisi dengan blogger-blogger umum lainnya.

Singkat cerita, di tahun 2023 lalu, aku menemukan salah satu platfom backlink yang besar di Indonesia. Aku menemukannya dari salah satu artikel blogger favoritku. Karena penasaran, akupun mencoba untuk mendaftarkan blog ini di platform sana.

Disclaimer: artikel ini tidak disponsori pihak manapun, murni cerita pengalamanku aja 😝

Setelah mendaftar, aku pun mulai mempelajari bagaimana platform ini bekerja tanpa berekspektasi besar kalau suatu saat nanti aku akan menghasilkan uang dari sana.

Banyak yang aku coba ulik di platform itu, dan pada akhirnya memutuskan untuk fokus naikin performa blog ini. Harapannya bisa berdampak baik untuk meningkatkan peluang dapet orderan.

Di tahun 2023, Alhamdulillah saat itu aku punya banyak waktu kosong karena kuliahku sudah ditahap akhir dan hanya tinggal finalisasi skripsi. Waktu kosong itu yang pada akhirnya aku isi untuk rutin bikin artikel di blog ini.

Nah, dari momen rutin nulis itu, akhirnya Alhamdulillah traffic blog ini mulai ada kenaikan. Memang gak seberapa sih, tapi udah lumayan banget dibandingkan dari kondisi saat jarang nulis waktu itu. 

Penghasilan Pertama dari Blog

Long story short, tanggal 8 Januari 2024, aku mendapat order backlink pertamaku. Harga yang kupasang di platform itu adalah Rp50.000. Setelah dipotong admin, hanya tinggal sisa Rp37.500. Nah, itulah penghasilan pertama-ku dari blog ini 🙈

Rasanya campur aduk banget. Seneng gak karuan karena akhirnya dapet orderan pertama, bingung orderannya harus diapain, dan sedih karena potongan adminnya kerasa banget😭

Baca Juga  5 Cara Meningkatkan Gaya Menulis (Blogger Wajib Tau)

Tapi di balik itu semua, aku bersyukur banget momen itu terjadi. Dan Alhamdulillah sampai saat ini masih ada order-order selanjutnya. Yang semoga akan terus ada dan makin banyak lagi, Aamiin!

Sejauh ini penghasilan yang aku dapatkan dari blog ini bisa dibilang sangat cukup untuk mendukung keberlanjutan blog ini. Perlu di garisbawahi, masih “keberlanjutan blog”, bukan “keberlanjutan hidup” lho ya gais😂.

Yang artinya, uang yang didapat udah cukup banget untuk perpanjang domain dan hosting, nongki bareng temen-temen (untuk nyari ide blog), perpanjang langganan Canva (untuk desain thumbnail) dan keperluan blog lainnya.

Harapannya, semoga blog ini memang bisa untuk menunjang “keberlanjutan hidup” penulis yang masih harus banyak belajar ini, Aamiin paling serius.

Penghasilan Pertama dari Blog - 4 Tahun Nulis Blog, Akhirnya Pecah Telor sebagai Blogger!

Anyway, patokan pecah telor ini bukan patokan yang berlaku untuk semua blogger. Mungkin ada yang nulis bentar eh udah dapet penghasilan, atau nulis cukup lama dan langsung dapet penghasilan yang besar. Intinya rezeki orang beda-beda ya gais, tapi apapun yang didapat harus selalu disyukuri xixixi

Blog ini memang belum dapat akses Adsense, tapi i’m working for it. Doain ya temen-temen, semoga blog ini bisa di acc request google Adsensenya suatu saat nanti, Aamiin🥹

Banyak banget harapan yang masih aku pribadi taruh di blog ini, dan aku yakin itu yang semua blogger lakukan dengan blog-blognya. Pengen ini, pengen itu. Yakin deh,  pelan-pelan pasti bisa. Kunci utamanya (yang paling penting buangeett) itu konsisten. Dan mencari ke-konsisten-an itu yang sungguh challenging..🙈


Nah, itu dia sedikit ceritaku tentang penghasilan pertamaku atau bisa dibilang pecah telor sebagai blogger setelah bertahun-tahun nulis blog. Kalau temen-temen punya cerita tentang pecah telor blog-nya, boleh banget sharing di kolom komentar di bawah yaa😉

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai. Oia, ada berbagai cerita pengalaman dan tips blogging lainnya yang bisa kamu baca di blog ini, lho.

See you on my next post, Bubye!

Share this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *