Masuk kelas internasional harus jago inggris?

Banyak dari teman-teman yang pasti menanyakan hal yang serupa ketika mendengar “kelas internasional” atau bahkan ketika lagi mau mendaftar ke kelas tersebut. Lalu apa jawabannya? simak artikel berikut yuk!
Share this post!

Apakah daftar dan masuk sebagai mahasiswa kelas internasional harus jago inggris? Temukan jawabannya di artikel ini yuk!

Banyak dari teman-teman yang pasti menanyakan hal yang serupa ketika mendengar “kelas internasional” atau bahkan ketika lagi mau mendaftar ke kelas tersebut. Lalu apa jawabannya? simak penjelasan di bawah ya 😊

Pertama, teman-teman perlu tahu bahwa kelas internasional di masing-masing universitas di Indonesia punya kebijakan yang berbeda-beda. Ada yang memang mensyaratkan toefl dengan score tertentu untuk dapat lolos di kelas tersebut, ada juga yang tidak. Oia, mungkin bagi teman-teman yang belum tahu gimana situasi kelas internasional, bisa baca dulu post Sekilas tentang Kelas Internasional di Telkom University yaa

Foto dua orang perempuan sedang mengobrol di kelas
Foto oleh Tirachard Kumtanom dari Pexels

Di Telkom University, ketika saya mendaftar kelas internasional di 2019, mereka tidak mencantumkan sama sekali syarat score toefl untuk masuk ke kelas tersebut. Bahkan score toefl yang saya input pun hanya dijadikan opsional ketika mengisi data pencapaian diri.

Intinya, ketika teman-teman punya score toefl atau tes sejenisnya akan menjadi nilai tambah untuk memperbesar kemungkinan lulus di kelas internasional ini.

Apa memang masuk kelas internasional harus jago inggris?🧐

orang bingung apakah memang masuk kelas internasional harus jago inggris?
Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels

Jawabannya gak perlu jago di awal. Di awal-awal perkuliahan (pas jadi maba), dosen juga akan memaklumi kok kalau kamu memang masih tahap adaptasi di kelas Internasional. Tapi bukan berarti kamu bisa nyantai dengan skill bahasa inggris yang sama dari maba sampai semester akhir. Skill bahasa inggris kamu harus bisa terus berkembang seiring berjalannya waktu karena kebutuhan akan bahasa makin akhir makin dibutuhkan.

Bukannya saya mau nakut-nakutin, tapi jujur saya pun dulu gak jago bahasa inggris pas masuk kelas. Sekarang? ya.. lumayan ningkat deh wkwkw😅

Skill bahasa inggris saya pas maba masih lebih banyak bengongnya dibanding temen-temen lainnya. Emang sih bikin insecure banget, tapi Alhamdulillah insecure ini jadi bahan pelajaran bagi saya buat bisa ningkatin skill bahasa lagi. Dulu pernah gak pede banget dan grogi waktu disuruh presentasi karena takut ngeblank dan lupa kalimat inggrisnya, tapi bersyukurnya temen-temen ada yang bantuin dan dosennya pun kadang bantuin juga. 

Baca Juga  Kenal Lebih Dekat dengan Prodi ICT Business
Terus kalau aku gak jago gimana kak? 😔

Gak apa-apa, temen-temen harus terus belajar. Sumber belajarnya bisa dari banyak platform kok, misalnya baca e-book yang dikasih dosen, baca ppt dosen, nontonin video youtube luar negeri, nonton film, ngobrol bareng temen, dan lainnya. Pokoknya temen-temen harus terus belajar sampai di tahap dimana kamu gak perlu translate omongan dosen pakai google translate dan bisa presentasi atau jawab pertanyaan tanpa bikin kalimatnya di google translate dulu. Intinya bisa ngomong dan paham inggris di luar kepala deh.

Percaya nggak? saya juga dulu pesimis masuk kelas internasional ini. Sempet takut (sampai sekarang masih😭) kalau saya gak bisa ngejalaninnya dan takut gak bisa jawab pas ujian. Namun, ketakutan-ketakutan ini akhirnya saya ketawain setiap saya selesai UAS di satu semester. 

Kadang suka flashback, “Wah, ternyata bisa juga ya ujiannya, ternyata bisa ya ngejalanin satu semester ini” dan flashback-flashback lainnya. See? kalau saya bisa, teman-teman seharusnya lebih bisa🥺. Sekarang course atau kelas bahasa inggris juga udah banyak kok, mungkin teman-teman juga perlu coba untuk bisa menyesuaikan skill teman-teman di perkuliahan nanti.

Kenapa perlu ningkatin skill bahasa inggris?😏
mahasiswa lagi presentasi di depan teman-temannya
Photo by Jason Goodman on Unsplash

Kayak yang udah di mention di atas, kebutuhan bahasa inggris temen-temen akan semakin diuji di semester akhir. Misalnya, kalau di ICT Business, kamu akan ketemu 2 sertifikasi internasional yang bahasannya cukup berat, lebih banyak presentasi, dan masih banyak aktivitas lainnya yang mengharuskan kamu lebih banyak ngomong depan dosen. 

Percaya deh, selama kamu selalu ningkatin skill bahasa-mu, kamu gak akan rugi sama sekali. Mungkin temen-temen juga akan lebih percaya diri lagi, semakin dikenal dosen, dan bisa dapat nilai terbaik terus menerus. 

Baca Juga  Pengalaman Seleksi LO PKKMB Telkom University 2021

Mungkin itu dulu deh ya cerita hari ini, semoga teman-teman yang mau masuk kelas internasional bisa punya gambaran besarnya yaa. Kalau teman-teman mau cerita pengalamannya ataupun tanya-tanya, boleh di kolom komentar ya. InsyaAllah nanti akan saya sempatkan untuk jawab-jawabin pertanyaannya😉

Share this post!

2 Comments

  1. Wahh seru banget ya kak, yang penting tetap percaya diri bahwa kita bisa dan mampu untuk melewatinya. Nantinya juga dari yang gak tau apa-apa atau belum fasih berbahasanya, jadi bisa lebih lancar kalau mau terus belajar dan terus belajar hhe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: