Rengganis Suspension Bridge, Tempat Healing Viral Baru di Ciwidey

Halo!

Bosen kalau ke ciwidey ke tempat itu-itu aja? lagi-lagi ke situ patenggang, lagi lagi ke kawah putih hahaha. Udah tau belum kalau di ciwidey ada tempat healing baru yang lagi viral akhir-akhir ini? namanya Rengganis Suspension Bridge, simak perjalanan aku kesana yuk!

Rengganis Suspension Bridge

Sumber: Google Maps

Rengganis Suspension Bridge ini merupakan jembatan yang berada di atas kawah rengganis yang panjangnya 370 meter di atas ketinggian 1.700Mdpl. Jembatan ini disebut-sebut sebagai jempatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara dan baru buka bulan Mei kemaren, lho.

Tempatnya gak jauh kok dari situ patenggang, agak ke atas dikit terus nyampe deh. Kurang lebih 3 jam kalau naik mobil dari bandung kota, via tol soroja. Akses masuk kendaraan nya gampang dan parkirannya juga luas. Untuk harga tiket masuknya ada 3 jenis, ada paket VIP, paket reguler, dan akses kawah aja.

Harga Tiket Masuk

Sumber: Instagram @rengganissuspensionbridge

Lalu apasih bedanya paket reguler dan vip? bedanya hanya di akses jembatan gantung dan akses wahananya. Kalau paket reguler, temen-temen harus jalan turun dulu (trekking sedikit) ke kawah rengganis dan pulangnya lewat jembatan (akses jembatan hanya untuk pulang saja). Akses wahana di situ patenggangnya hanya terbatas di hutan pinus dan pinisi Glamping.

Sedangkan, kalau paket VIP, temen-temen bisa pergi dan pulang ke dan dari kawah lewat jembatan. Untuk paket VIP, bisa akses ke semua wahana di situ patenggangnya (detailnya bisa temen-temen baca keterangan wahana di paling bawah poster).

Notes: Kalau temen-temen mau ke dua tempat wisata sekaligus (jembatan dan situ patenggang), aku saranin beli tiket terusan yang dari jembatan rengganis aja, jadi pas ke situ patenggang atau pinisi tinggal bayar parkir kendaraan aja deh.

Tempat wisata ini cocok banget buat temen-temen yang mau healing hehehe. Weekdays kan udah mumet sama kerjaan atau tugas-tugas tuh, nah cocoknya nyegerin otak dan cuci mata disini pas weekend. Udara dingin ciwidey ditambah kabut-kabut tipis pas nyebrang jembatan bikin suasana makin syahdu xixi.

Pengalaman ke Rengganis Suspension Bridge

Kemarin aku beli tiket paket reguler dan harus jalan ke kawah dulu. Perjalanan dari kawah sampai ke jembatan kurang lebih 40 menit (ini termasuk foto-foto agak lama di kawah ya hehe). Perjalanan selama menuju kawah itu turunan yang sedikit licin dan cukup terjal. Jadi kalau temen-temen mau beli paket reguler jangan lupa nyesuain sepatu yang dipake biar gak membahayakan pas jalan menuju kawahnya ya.

gambar kawah dan rengganis suspension bridge
Sumber: Dokumen Pribadi

Setibanya di jembatan, mata ini langsung terpukau liat pemandangan di kanan kiri nya. Asli deh, cuuaaantik buaangeeettt. Kalau kesini, wajib pake banget bawa gear fotografi terbaik kalian ya (mau itu kamera, drone, atau hp juga boleh), nyesel banget kalau gak foto-foto disini. Udaranya juga seger dan kerasa bersih banget, pokoknya healing poooll!!

Oia, bagi temen-temen luar bandung yang mau kesini jangan lupa sesuaiin outfit nya ya, jangan yg tipis karena dingin bangeettt hehe.

Sumber: Dokumen Pribadi

Sebenernya serem gak sih naik jembatannya? jawabannya tergantung, kalau temen-temen takut ketinggian mungkin bisa diakalin untuk jangan sering-sering liat ke bawah dan nikmatin pemandangan di kanan kiri nya aja. Oia, pas mau nyebrang ke jembatan, temen-temen nanti akan dikasih safety harness yang bisa ngaitin badan temen-temen ke tali di pinggir jembatan. Jadi, kalau kondisi jembatan udah goyang banget karena banyak orang, temen-temen tetap aman.

Aku pribadi sejujurnya gak ngaitin safety harness nya ke tali di pinggir karna dari awal sampai akhir kerjaannya foto-foto terus hahaha.

Menutup Perjalanan di Kinara Resto

Sumber: Dokumen Pribadi

Di akhir perjalanan, kita sampai di kinara resto, temen-temen bisa dapet teh manis panas gratis dan free refill dengan nunjukin tiket ke mas/mba nya disana. Teh manisnya nyeduh sendiri ya, dan ada beberapa pilihan tehnya juga. Teh nya mendidih banget, jadi ngebul (re: ber-asap) banget di udara dingin ciwidey. Pokoknya udara sejuk ciwidey ditambah teh manis panas udah kombinasi paling jos deh wkwkwkwk.

Di Kinara resto ini juga ada prasmanan menu sunda, mie kocok, dan makanan-makanan lainnya yang cocok kamu santap setelah cape jalan dan puas foto-foto di jembatan hihi.

Nah, itu dia kurang lebih sedikit cerita dan review aku di perjalanan ke rengganis suspension brigde kemarin. Gimana? temen-temen tertarik untuk berkunjung kesini juga? Yuk, tunggu apalagi? HAHAHAHA.

Kalau temen-temen mau tanya-tanya lebih jauh tentang rengganis yang belum aku ceritain disini, feel free to drop your question di bawah yaa. InsyaAllah nanti bakal dijawab.

Oke deh, segitu dulu cerita hari ini, see you on my next post, Bubye!

Share your love

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *